Mohon tunggu...
Nadya Fitri Nur Lestari
Nadya Fitri Nur Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Ekonomi Pembangunan

Universitas Airlangga PDB A21

Selanjutnya

Tutup

Artificial intelligence

"Menjelajahi Potensi dan Tantangan Teknologi Kecerdasan Buatan (AI)"

2 Juni 2023   19:27 Diperbarui: 2 Juni 2023   19:54 367
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://diskominfo.kuburayakab.go.id/read/114/kenali-artificial-intelligence-atau-kecerdasan-buatan-yuk

Apa sih AI (Artificial Intelligence) itu?

AI atau Artificial Intelligence adalah bidang dalam ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan sistem komputer yang dapat meniru atau meniru kecerdasan manusia. AI berusaha untuk menciptakan komputer yang dapat belajar, merencanakan, beradaptasi, dan mengambil keputusan seperti manusia. Konsep dasar di balik AI adalah memberikan kemampuan pada mesin untuk memproses informasi, mengenali pola, belajar dari pengalaman, dan membuat keputusan yang cerdas.

Lalu bagaimana pandangan tentang peran dan dampak terhadap perkembangan AI?

Sebagai mahasiswa, saya telah memiliki pengalaman pribadi yang emosional dan reflektif dalam menjelajahi potensi dan tantangan teknologi kecerdasan buatan (AI) di masa kini. AI telah menjadi fenomena yang semakin dominan dalam kehidupan sehari-hari, dan melalui pengalaman saya, saya ingin membagikan pandangan tentang peran dan dampaknya, serta menjembatani pemahaman antara masa kini dengan perkembangan masa depan.

Pertama-tama, saya tidak bisa tidak mengagumi kemajuan teknologi AI. Dalam kehidupan kita saat ini, AI telah menghadirkan banyak kemudahan dan keuntungan yang signifikan. Saya mengingat pengalaman pertama kali menggunakan asisten virtual, yang membantu saya mengatur jadwal, mencari informasi, dan bahkan memberikan rekomendasi berdasarkan preferensi saya. Kemampuan AI untuk belajar dan beradaptasi dengan cepat benar-benar mengesankan, dan saya melihat potensi besar dalam penerapannya di berbagai bidang, seperti kesehatan, transportasi, dan keuangan.

https://pin.it/1CXya83   Akankah kehadiran AI menggantikan manusia?
https://pin.it/1CXya83   Akankah kehadiran AI menggantikan manusia?

Namun, di balik kemajuan yang mengesankan, ada tantangan dan pertanyaan etis yang perlu kita perhatikan. Salah satunya adalah kekhawatiran tentang penggantian manusia oleh mesin. Saya merasakan kegelisahan ini ketika saya melihat bagaimana AI dapat mengambil alih pekerjaan manusia yang sebelumnya dilakukan secara manual. Meskipun ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, dampaknya pada lapangan pekerjaan manusia masih perlu dievaluasi dengan hati-hati.

Selain itu, ada juga kekhawatiran tentang privasi dan keamanan data. AI mengumpulkan dan menganalisis sejumlah besar data pribadi kita untuk memberikan solusi yang lebih baik.  Namun, pertanyaannya adalah sejauh mana privasi kita dikorbankan dalam proses ini? Sebagai pengguna teknologi AI, saya sering merasa waspada tentang bagaimana data pribadi saya digunakan dan dilindungi oleh algoritma AI. Dalam melihat fenomena AI masa kini, penting bagi kita untuk mengambil sikap yang bijaksana. Kita perlu memahami potensi dan batasan teknologi ini, serta memastikan bahwa pengembangannya dilakukan dengan pertimbangan etis.

Sebagai mahasiswa, saya melihat pentingnya pendidikan yang mempersiapkan kita untuk memahami, mengembangkan, dan mengelola teknologi AI dengan bertanggung jawab. Pemahaman dan kesadaran tentang AI juga harus diperluas ke masyarakat umum. Dalam artikel ini, saya berharap dapat menjembatani pemahaman antara masa kini dengan perkembangan masa depan dalam hal teknologi AI. Saya mendorong para pembaca untuk terus belajar dan terlibat dalam diskusi tentang AI, serta untuk mempertimbangkan dampaknya dalam kehidupan pribadi dan profesional kita.

Sebagai mahasiswa Universitas Airlangga, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkontribusi dalam pengembangan teknologi AI yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat. Dalam melangkah ke masa depan, kita perlu menjaga keseimbangan antara inovasi teknologi dan nilai-nilai kemanusiaan, sehingga AI dapat menjadi alat yang kuat untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Artificial intelligence Selengkapnya
Lihat Artificial intelligence Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun