Mohon tunggu...
Nadiyatun Naqi
Nadiyatun Naqi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Islam dan Ideologi Pancasila

25 September 2022   09:16 Diperbarui: 25 September 2022   09:24 74 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dari sila awal sampai kelima tidak luput dari ajaran- ajaran agama. Tidak yakin? Ayo kita bahas satu persatu penjelasannya.

1. Sila Awal: Ketuhanan yang Maha Esa Lewat ulasan lumayan panjang dalam merumuskan sila awal, kesimpulannya tercetuslah sila awal ialah Ketuhanan yang Maha Esa. 

Maksudnya tiap masyarakat negeri tidak hirau apapun agamanya, ia harus meyakini terdapatnya Tuhan yang menghasilkan semesta alam Konsep ini menampilkan kalau bawah kehidupan bernegara rakyat Indonesia merupakan ketuhanan. Di dalam Islam, konsep ini biasa diucap hablum min Allah yang ialah esensi dari tauhid berbentuk ikatan manusia dengan Allah Swt

2. Sila Kedua: Kemanusiaan Adil serta Beradab Dalam kehidupan berbangsa serta bernegara, sila kedua ini

ini merupakan membangun sumber energi manusianya. Dengan metode apa? Pasti saja dengan perilaku serta sikap yang baik terhadap sesama. Menghasilkan area sosial yang sanggup menghasilkan Hablum minannas.

3. Sila Ketiga: Persatuan Indonesia Kala telah terbangun area sosial yang baik, berikutnya menjalakan silaturahmi diantara manusia. Ukhuwah Islamiah yang wajib dilindungi semacam dalam pesan al- Hujurat 49.

4. Sila Keempat; Kerakyatan yang Dipandu Oleh Hikmad Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan serta Perwakilanpat rahmat."( Q. S. al- Hujurat[49]: 10).

5. Sila Kelima; Keadilan Untuk Segala Rakyat Indonesia Sila terakhir pula tidak kalah terkaitnya dengan nilai serta ajaran agama. Sehabis didasari dengan tauhid yang mengakar kokoh hingga terciptalah keadilan sejati.

Tujuan dari ditegekkan nilai agama muaranya merupakan keadilan untuk seluruh orang. Seperti itu uniknya Pancasila selaku bawah negeri Indonesia.

Agama serta Pancasila mempunyai kesamaan guna, ialah selaku nilai serta perlengkapan buat menggapai kesejahteraan lahir batin warga. Tidak kelewatan jika diibaratkan roda kanan serta kiri suatu kendaraan. Guna roda tersebut sama selaku penggerak tubuh kendaraan buat menempuh satu tujuan tertentu, tetapi kedudukannya yang berbeda. 

Agama berfungsi selaku perekat sosial serta pembina ruhani, sebaliknya Pancasila berfungsi selaku pedoman( pandangan hidup) bernegara. Agama merupakan rumah besar yang menyajikan tata kelola mental, spiritual serta segala sendi kehidupan manusia, sebaliknya Pancasila merupakan rumah besar macam agama anak bangsa, menyajikan tata kelola negeri biar terencana pada sasaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan