Dosen Pengampu : Sri Dewi Wahyundari
Email : sridewi@unissula.ac.idÂ
Nama Penulis : Nadia Rahmawati
Tingkat konsumtif masyarakat Indonesia yang semakin tinggi membuat pasar perdagangan mengalami lonjakan jual-beli antar pedagang dan konsumen yang cukup signifikan, tidak terkecuali di bidang kosmetik. Tingginya minat daya beli masyarakat Indonesia di bidang kosmetik membuat bisnis di bidang ini menjadi bisnis yang cukup menjanjikan.
Tahun 2021 merupakan tahun yang sulit untuk tetap menjalankan bisnis agar terhindar dari kerugian. Pandemi yang tak kunjung berakhir membawa dampak atau pengaruh yang cukup kuat dalam minat beli masyarakat Indonesia.Â
Perekonomian negara yang masih belum stabil membuat banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih mencukupi kebutuhan primer mereka sebelum memanjakan diri dengan membeli kebutuhan sekunder. Imbasnya, pemilik usaha dagang harus memutar otak untuk berinovasi dan menerapkan pengendalian intern yang baik agar tetap terhindar dari kerugian.
Pengendalian Intern memiliki beberapa tujuan penting dalam menjalankan usaha dagang, yaitu:
1. Mengamankan aset
2. Andalan catatan akuntansi
3. Keefektifan dan keefisienan
4. Dipatuhinya aturan-aturan baik internal / eksternal