Mohon tunggu...
Nadhifa Salsabila Kurnia
Nadhifa Salsabila Kurnia Mohon Tunggu... Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Sarjana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, pencinta literasi, penyuka fiksi, menulis dimana saja dan kapa saja

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Cara Cek Gempa BMKG dan Hal yang Perlu Dilakukan Saat Gempa Terjadi

28 Mei 2021   08:34 Diperbarui: 28 Mei 2021   15:36 69 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Cek Gempa BMKG dan Hal yang Perlu Dilakukan Saat Gempa Terjadi
Ilustrasi Gempa Bumi | Pexels/Alari Tammsalu

Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang terjadi masih belum bisa diprediksi kapan, dimana, hingga berapa besar kekuatan gempanya sebelum bencan itu terjadi. 

Maka dari itu, cara antisipasi bencana alam yang terjadi karena pergseran lempeng tektonik maupun akibat dari aktivitas vulkanik dilakukan dengan mempelajari persiapan apabila gempa itu terjadi.

Di Indonesia, kita mengenal Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG. Kita bisa melihat iklim dan cuaca hingga perkiraan akan terjadinya gempa ataupun aktivitas gunung merapi dan lainnya melalui lembaga ini. Dahulu, saat teknologi ponsel belum secanggih masa sekarang, biasanya peringatan BMKG atas gempa yang sedang mengguncang suatu wilayah tertentu biasanya diumumkan di televisi.

Saat ini karena sudah ada ponsel pintar hingga aktifnya pengguna media sosial, cara cek gempa BMKG bisa dilakukan dengan melihat pesan SMS yang dikirimkan lembaga tersebut, melalui situs resmi, hingga mengecek langsung ke media sosial seperti Instagram dan Twitter resmi BMKG.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Kita Pelajari dari Jepang dalam Menghadapi Bencana Gempa

Cara cek gempa BMKG, kunjungi media sosial resminya:

Twitter: @infoBMKG

Facebook: www.bmkg.go.id

Instagram: @infobmkg

YouTube: infoBMKG

Agar lebih pasti, pastikan cara cek gempa BMKG ini kamu cek di seluruh media sosialnya jika ingin lebih yakin dengan informasi gempa atau potensi tsunami yang terjadi. Karena mesin dan teknologi juga bisa saja salah atau bahkan ada human error. Jangan panik dahulu, pastikan informasi seputar gempa BMKG yang diterima sudah terkonfirmasi.

Lalu, bagaimana jika gempa terjadi dan hal apa saja yang harus dilakukan?

Antisipasi gempa ketika terjadi bisa dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN