Mohon tunggu...
Nada Heppy
Nada Heppy Mohon Tunggu... Penulis - Meaningful Muslimah

Mencari kesederhanaan dalam hidup. Menulis sebagai sarana berbagi

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Zero Waste, 10 Benda yang Harus Kamu Punya Ketika Menjalani Hidup Minim Sampah

18 Juni 2021   12:49 Diperbarui: 18 Juni 2021   20:30 107 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Zero Waste, 10 Benda yang Harus Kamu Punya Ketika Menjalani Hidup Minim Sampah
Berbagai produk zero waste (Sumber: voicesofyouth.org)

Dewasa ini, bumi kita menjadi semakin sakit. Berbagai sampah semakin menggunung di TPA, menutupi lautan, dan mencemari lingkungan kita. Dengan bersih-bersih pun hanya akan mengindahkan tempat tersebut, namun sampah masih tetap ada dan akan terus bertambah.

Sebagai hasil dari berpikir manusia, maka muncul lah istilah zero waste dan gaya hidup zero waste ini, yang mana sebuah solusi untuk mencegah bertambahnya sampah yang dihasilkan.

Zero waste artinya nol sampah, adalah cara untuk meminimalisir dan mengelola sampah yang dihasilkan, baik dari diri sendiri maupun dari pabrik besar sekalipun. Istilah zero waste ini pertama kali muncul di California pada tahun 1970an, dimana praktik yang dilakukan adalah 5R, yaitu reduce, reuse, recycle, refuse, dan rot.

Dan di tulisan aku kali ini, aku akan menulis 10 benda yang perlu ada untuk kita miliki di rumah kita ketika sedang menjalani kehidupan minim sampah atau zero waste ini. Disini aku menuliskannya secara singkat dengan tujuan memudahkan kalian dalam mengenali benda tersebut. Langsung saja, ini dia 10 benda yang dapat kamu miliki untuk memulai hidup zero waste.

1. Tumbler

Barang yang satu ini wajib kita punya untuk dibawa kemana. Jadi ketika kita haus ketika berada di luar rumah, sudah tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli air minum dan membuang sampahnya. Cukup minum air yang kita bawa dari rumah.

2. Tempat makan

Mungkin kamu setidaknya memiliki satu tempat makan di rumah. Tentu, tempat makan ini sangat ramah lingkungan karena dapat dipakai berulang kali. Juga dapat digunakan untuk tempat makanan yang ingin kita beli agar kita tidak mendapatkan sampah bekas bungkus plastic makanan tersebut.

3. Stainless steel straw

Yang pecinta minuman, seharusnya punya barang yang satu ini. Untuk menghindari penggunaan sedotan sekali pakai yang berlebih, ganti dengan sedotan stainless yang dapat dipakai berulang kali. Selain ramah lingkungan, sedotan yang hanya kamu pakai secara pribadi menjadi lebih aman dan terhindar dari virus.

4. Menspad/menstrual cup

Adalah benda yang tak asing lagi bagi kaum wanita. Ya, selama haid, alih-alih menggunakan pembalut sekali pakai, menspad adalah benda ternyaman untuk digunakan karena lebih lembut dan tidak membuat kita iritasi. Ada juga menstrual cup yang dapat digunakan dalam selang waktu lebih dari 5 tahun dengan harga kisaran Rp 400.000, namun terkadang kita masih takut untuk menggunakan ini. Maka, tentu menspad adalah solusinya. Kita bisa membeli benda ini mulai dari harga Rp 15.000/pcs dan dapat digunakan selama lebih dari 2 tahun.

5. Reusable totebag

 Sama seperti tas totebag pada umumnya, namun yang satu ini lebih ringan, mudah dilipat dan nyaman dibawa kemana saja. Benda ini biasa digunakan ketika sedang berbelanja ke pasar maupun ke mall sebagai pengganti kresek sekali pakai yang sering diberikan oleh penjual. Biasanya benda ini dijual di bulkstore atau online shop.

6. Tas jaring

Benda yang satu ini sangatlah fungsional. Dapat digunakan atau diisi oleh berbagai benda mulai dari buah, sayuran, roti, dan benda-benda kita lainnya. Dan ukurannya pun juga bermacam-macam. Sama dengan reusable bag, tas jaring ini digunakan sebagai pengganti kresek sekali pakai. Maka, slogan kita ketika membeli adalah "tidak usah pakai plastik, kak".

7. Beeswax wrap

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN