Mohon tunggu...
Nabilatul Rosida
Nabilatul Rosida Mohon Tunggu... Lainnya - student

Hello

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Penataan Lingkungan Sumantoro di Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang

22 Juli 2022   16:40 Diperbarui: 22 Juli 2022   16:41 128 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pembenahan pagar yang rusak

Lingkungan Sumantoro merupakan salah satu kawasan permukiman di Dusun Sekar, Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Lingkungan ini terletak di jalur alternatif dari Kabupaten Malang menuju kabupaten Blitar daerah Wlingi yang berada di Kawasan Hutan Sumantoro dibawah kepemilikan Perhutani. Lingkungan ini memiliki beberapa potensi besar yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata jika dapat dikelola dengan baik dan juga tersedianya jalur yang nyaman untuk dilalui. Beberapa potensi yang dapat dikembangkan yaitu sebagai spot foto pre-wedding, camping ground, outbond, motor trail, dan off road. Tersedianya potensi tersebut didukung dengan pemandangan yang tersedia yaitu berupa pohon-pohon berdiameter besar serta pemandangan Gunung Kawi dan pegunungan Kelud di spot tertentu.Terlepas dari kawasan hutan yang dapat dijadikan potensi sebagai tempat wisata, kondisi lingkungan dari Lingkungan Sumantoro masih memerlukan perhatian khusus dari segi penataan lingkungan.

Sebagai salah satu awalan untuk menata lingkungan di Sumantoro, kegiatan yang dapat dilakukan yaitu dengan meneruskan program kerja yang pernah dilaksanakan di dusun tersebut berupa pembuatan pagar yang dapat dijadikan pembatas antara kandang dengan jalur kampung. Pagar yang sudah dibuat kemudian dilakukan pengecatan untuk menambah nilai estetika sekaligus dalam rangka menyambut perayaan kemerdekaan 17 Agustus mendatang. Selain itu pembasmian gulma dilakukan untuk ditindaklanjuti sebagai awalan pembuatan sanitasi yang lebih baik di program kerja KKN mendatang. Tindakan-tindakan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait penataan lingkungan untuk mendukung tersedianya sanitasi dengan tepat, terutama untuk pembuangan kotoran sapi, sehingga limbah yang dibuang dapat dikelola dengan maksimal dan menjadikan potensi sumber daya yang lain.

Program kerja penataan lingkungan dan perbaikan lampu panel surya di Sumantoro dilaksanakan pada hari Rabu, 6 Juli 2022 sampai hari Sabtu, 9 Juli 2022. Tujuan dari diadakannya program kerja ini yaitu meneruskan program kerja KKN sebelumnya, memperbaiki permasalahan pada lampu panel surya, sekaligus menjadi titik awal bagi masyarakat akan kesadaran terhadap kondisi lingkungannya. 

Foto bersama tim KKN Sidodadi UM 2022
Foto bersama tim KKN Sidodadi UM 2022

Tahapan dalam merancang program kerja KKN Universitas Negeri Malang Desa Sidodadi 2022 ini dimulai dengan tahap persiapan yaitu melakukan wawancara kepada Bapak RT sumantoro terkait kebutuhan penataan lingkungan yang dilanjutkan survei lokasi kegiatan yaitu mengecek kondisi pagar dan lampu panel surya. Serta melakukan perkenalan dan permohonan izin kepada warga Lingkungan Sumantoro dilanjutkan belanja alat dan bahan yang diperlukan seperti cat kuas dan lain sebagainya.

Pada tahap pelaksanaannya meliputi pengecatan pagar dari arah masuk Lingkungan Sumantoro secara keseluruhan, perbaikan dan pengecatan serta penyemprotan obat untuk membasmi gulma perbaikan dan pengecatan serta penyemprotan obat untuk pembasmian gulma. Perbaikan komponen lampu panel surya dan pemasangan kembali lampu panel surya.

Pengecatan pagar
Pengecatan pagar

Hasil dari kegiatan pengabdian penataan Lingkungan Sumantoro ini menciptakan lingkungan yang lebih rapi dan tertata, perbaikan lampu panel surya dapat bermanfaat sebagai penerangan jalan di Sumantoro yang selama ini minim penerangan. Kegiatan ini Dibantu oleh warga sekitar dusun sumantoro dengan memperbaiki beberapa pakar yang sudah menggunakan pemanfaatan bambu yang diperoleh hasil sumber daya alam yang ada di Dusun sumantoro.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan