Mohon tunggu...
Muhammad Yusuf N R P W
Muhammad Yusuf N R P W Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Manajemen Pemasaran Pariwisata (MPP), Fakultas FPIPS, Universitas Pendidikan Indonesia. Mata Kuliah : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Dosen Pengampu : Rijal Khaerani, S.Si.,M.Stat.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosial Media Menjadi Sarana Promosi Sektor Pariwisata Khususnya di Industri Makanan dan Minuman

24 Agustus 2023   05:41 Diperbarui: 24 Agustus 2023   05:45 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Karya Penulis

Teknologi dari masa ke masa kian terus memiliki perkembangan yang tiada hentinya. Teknologi bahkan sekarang benar-benar menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dari mulai bangun tidur hingga tidur Kembali, kita sebagai manusia selalu berada dan menggunakannya sebagai kebutuhan pokok. Dengan perkembangan teknologi yang terus menerus manusia sekarang memiliki sarana atau media untuk mempermudah interaksi dan berbagi berbagai kegiatannya dalam berupa foto atau video kepada sesama yaitu sosial media. 

Sosial media menjadi perkembangan teknologi dalam hal digitalisasi yang paling melekat ke kehidupan sehari-sehari. Pengguna sosial media memiliki tujuan yang beragam dalam penggunaannya, seperti bersenang-senang, mencari informasi dan bahkan berbisnis. Sosial media menjadi sorotan bagi pelaku dalam sektor pariwisata dan salah satunya adalah industri makanan dan minuman.

Industri makanan dan minuman atau lebih dikenal dengan food & beverage merupakan industri yang tiada hentinya berinovasi dengan apa yang mereka miliki. Kreatifitas dalam industri ini tidak terbatas dikarenakan setiap orang dapat berinovasi dan mencoba banyak resep yang dia buat sendiri untuk menciptakan makanan atau minuman yang diinginkan. 

Dengan banyaknya produk yang diciptakan oleh setiap orangnya maka persaingan dalam industri ini juga tinggi. Mereka yang terjun kedalam industri ini harus memikirkan bagaimana produk yang mereka miliki agar bisa terus menjadi pilihan banyak orang. Salah satu cara agar produk mereka dapat dikenal dan juga mempertahankan identitas yang mereka miliki adalah dengan cara melakukan promosi. Dengan adanya sosial media, para pelaku usaha di industri food & beverage ini memiliki peluang yang besar untuk melakukan promosi dengan jumlah audience yang sangat luas. 

Banyak pelaku usaha dalam industri ini membuat konten berupa foto atau video kreatif untuk mengundang perhatian banyak pengguna sosial media. Sekarang banyak sekali usaha di industri ini sukses mengundang banyak perhatian pengguna sosial media untuk membeli dan dating langsung ke tempat mereka menjual produk yang ditawarkan. Coffe shop menjadi salah satu usaha di industri ini yang sedang naik daun dikarenakan mendapatkan banyak perhatian oleh pengguna sosial media yang mayoritas penggunanya adalah anak muda. 

Coffe shop sekarang bahkan menjadi gaya hidup bagi sebagian anak muda dan juga para pekerja kantoran, dengan kualitas konten yang tinggi dan memiliki ide ide menarik menjadikan banyak coffe shop dikunjungi oleh khalayak umum itu juga menjadi bukti nyata hebatnya promosi di sosial media. Masih banyak lagi pelaku usaha di industri food & beverage yang memanfaatkan sosial media sebagai sarana promosi mereka dengan harapan usaha atau bisnis mereka memiliki banyak peminat.

Namun kembali lagi ke poin dimana semua hal memiliki dampak negatif dan juga positif, termasuk sosial media. Sisi lain dari positifnya, sosial media memiliki dampak yang cukup buruk seperti bebasnya pengguna sosial media untuk menggunakan sosial media ini kearah yang negatif dengan menyebarkan isu palsu atau hoax dan juga menebar kebencian. Maka dari itu kita sebagai pengguna sosial media harus bijak dalam penggunaannya. Jadi gunakanlah sosial media sebaik mungkin karena dapat memberikan banyak manfaat untuk diri kita sendiri maupun orang lain!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun