Mohon tunggu...
Muhammad Fayyadh Muyassar
Muhammad Fayyadh Muyassar Mohon Tunggu... Mahasiswa - English Literature Student

Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris UPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Upaya Meningkatkan Minat Membaca Anak dengan Mendekorasikan Ruang Literasi di TK Titian Harapan Kota Bandung

15 Agustus 2022   17:45 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:54 70 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Senin, (11/7/2022) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) secara resmi melepas mahasiswa nya untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat berbasis SDGs” yang berlangsung pada bulan Juli 2022 – Agustus 2022. Pada pelaksanaannya KKN UPI diikuti oleh 7.089 mahasiswa yang dikelompokkan ke dalam 241 kelompok dan ditempatkan berdasarkan alamat domisili masing-masing mahasiswanya.

Kelompok KKN UPI 68 tergabung dari berbagai daerah di Kecamatan Coblong Kota Bandung yang berada dibawah bimbingan Ibu Dra. Heni Rusnayati, M.Si, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kelompok KKN UPI 68 membagi anggota kelompoknya menjadi 6 kelompok kecil yang menyebar pada beberapa kelurahan di Kecamatan Coblong dengan sasaran yang berbeda-beda. 

Diantaranya adalah Kelurahan Cipaganti, Kelurahan Dago, dan Kelurahan Lebakgede dengan berbagai macam program kerja yang sesuai dengan subtema “Desa Peduli Pendidikan” yang telah ditentukan sebelumnya.

Sesuai dengan tema umum yang diambil, mahasiswa KKN UPI 68 kelompok kecil 4 memutuskan untuk melaksanakan program KKN di Kelurahan Lebakgede dengan sasaran kegiatan di sekolah TK/PAUD, tepatnya di TK Titian Harapan yang beralamat di Jl. Bagusrangin No.12/50, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Setelah melaksanakan pembelajaran daring selama 2 tahun, kondisi sarana dan prasarana di sekolah tersebut menjadi kurang terawat. Oleh sebab itu penulis merancang beberapa program yang akan membantu menyediakan sarana prasana yang layak dan membangun kembali semangat para siswa untuk menjalankan pembelajaran secara luring. Salah satu program yang sudah dijalankan oleh Penulis di TK Titian Harapan adalah mengkreasi ruang literasi

Ruang literasi merupakan gerakan yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa. Ruang literasi memungkinkan anak untuk mengakses banyak bahan bacaan dari berbagai genre melalui stand-stand buku yang tersedia di ruang literasi. Dengan begitu fasilitas media anak untuk membaca akan lebih banyak.

Hanya dari daya tarik visual, seorang anak dapat dengan mudah menangkap sesuatu. Maka dari itu, daya tarik visual dari sebuah ruangan sangatlah penting. Dengan dekorasi tertentu yang tepat, kita dapat mewujudkan:

1) Organized: Ruang yang teroganisir dapat membantu menanamkan keterampilan organisasi dalam diri anak yang merupakan kualitas yang sangat penting.

2) Power of colors: Warna memiliki dampak yang besar pada anak-anak. Warna juga dapat memberikan energi dan membantu meningkatkan pola pikir pada anak.

3) Aesthetic value: Jika seorang anak menyukai dekorasi ruangannya, mereka cenderung akan ingin menghabiskan lebih banyak waktu di ruangan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan