Mohon tunggu...
Mutia Fanny
Mutia Fanny Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Wisata Indah Gunung Pancar

4 Maret 2019   13:09 Diperbarui: 4 Maret 2019   13:24 0 0 0 Mohon Tunggu...
Wisata Indah Gunung Pancar
Gunung Pancar, Bogor (24/02/2019)/dokpri

                                                                                                   

Gunung Pancar adalah gunung yang terletak di Kampung Ciburial RT 03/003, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor. Gunung Pancar merupakan salah satu kawasan observasi dan merupakan kawasan wisata di daerah Babakan Madang. 

"Gunung Pancar memiliki luas sekitar 447 Ha dan ditumbuhi oleh hutan pinus yang termasuk ke dalam hutan lindung. Gunung Pancar dibawah naungan Departemen Kehutanan dan dikelola oleh perusahaan swasta yaitu PT. Wanawisata Indah. Gunung pancar menjadi objek wisata sejak tahun 2014 dan mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal pada tahun 2010. Alasan tempat ini dijadikan objek wisata yaitu karena memiliki potensi yang cukup menarik untuk dikunjungi di bidang pariwisata dan mampu menjadi lapangan pekerjaan bagi warga sekitar daerah babakan madang," kata marketing objek wisata Gunung Pancar Epul saat diwawancarai. 

Terdapat berbagai macam objek wisata di Gunung Pancar seperti outbound, gathering, Prawedding, Wedding Party, downhill, supercamp, dan camping,tracking. Di Kawasan Gunung Pancar juga terdapat berbagai macam tempat seperti Bukit Batu Gede, Lembah Pakis dll. Di setiap area wisata terdapat berbagai fasilitas yang disediakan seperti pendopo, toilet, parking area, security selama 24 jam, dan listrik untuk penerangan diarea hutan. Objek wisata Gunung Pancar menawarkan berbagai macam harga paket wisata seperti Pancar Camp, Pancar Fun Outbound Camp, Pancar One Day Outbound, dan Pancar One Day Package.  Masing-masing paket menawarkan harga mulai dari Rp.150.000 sampai Rp.350.000/pax dengan durasi waktu berbeda-beda tergantung dengan paket yang dipilih oleh wisatawan. Selain menawarkan objek wisata, di Gunung Pancar juga menawarkan jasa berupa fotografi yang tempatnya telah ditentukan. Jasa fotografi ini ditawarkan dengan harga Rp.10.000/org untuk satu spot foto dan untuk paket yang terdiri dari 7 spot itu dihargai dengan Rp.25.000/org.

 Tiket masuk Gunung Pancar dapat dibeli di pintu gerbang ketika memasuki area tempat wisata. Daftar harga tiket masuk yaitu untuk wisatawan domestik Rp.7.500/org, wisatawan asing Rp.150.000/org, kendaraan roda 2 Rp.7500/unit, kendaraan roda 4 Rp15.000/unit, bus atau truk Rp.75.000/unit dan untuk sepeda Rp.3000/unit. Lalu jam operasional dari tempat wisata Gunung Pancar mulai dari pukul 13.00-17.00 WIB. Namun bagi wisatawan yang ingin camping dapat memasuk wilayah area wisata selama 24jam.

 

Pengunjung Objek wisata Gunung Pancar, Bogor (24/02/2019)/dokpri
Pengunjung Objek wisata Gunung Pancar, Bogor (24/02/2019)/dokpri
                                                                                                   

"Gunung Pancar memiliki tempat yang bagus dan sejuk untuk berlibur, apa lagi untuk merefreshkan pikiran jika sedang penat. Namun sangat di sayangkan untuk fasilitas umum seperti toilet dan musolah yang berbau tidak enak dan kotor karena kurangnya perawatan. Maka sangat diharapkan fasilitas untuk Gunung Pancar ini lebih terawat lagi," kata Oki sebagai pengunjung objek wisata Gunung Pancar yang berasal dari daerah Ibu Kota.  (Fanny) 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x