Mohon tunggu...
Musfiq Fadhil
Musfiq Fadhil Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Abdul Hamma

Lulusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ucapan Selamat Ultah Itu (Tidak) Penting

26 Oktober 2020   21:18 Diperbarui: 26 Oktober 2020   21:21 662
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tangkap layar video dari Denang Nurdiansyah/youtube

Seberapa penting sebuah ucapan selamat ulang tahun bagi kamu?

Penting atau tidaknya sebuah ucapan selamat ulang tahun, tiap orang tentu memiliki tanggapan masing-masing.

Saya berasal dari keluarga yang tidak memiliki kebiasaan merayakan ulang tahun. 

Selain itu, dalam lingkungan masyarakat tempat saya dibesarkan juga tidak punya tradisi merayakan ulang tahun.

Jangankan merayakan dengan sekadar saling mengucapkan, kapan tanggal kelahiran saja tidak saling ingat, bahkan tidak tahu. 

Maka dari itu, dahulu saya menganggap bahwa ucapan ulang tahun pada hari lahir saya itu sesuatu yang tidak penting.

Perkara ada tidaknya yang mengucapkan selamat ultah, saya tak ambil pusing. Kalau ada yang ngucapin syukur, kalau tidak ada ya syukur-syukur saja.

Namun belakangan, saya baru menyadari ternyata oh ternyata sebuah ucapan selamat ultah itu sangat penting dan berarti bagi saya. 

Kesadaran itu baru muncul ketika saya menginjak usia dua puluhan. Di usia ini saya mengalami sebuah krisis jiwa dimana saya merasa diri saya adalah orang yang gagal, selalu kalah, tertekan, diremehkan dan dikucilkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun