Mohon tunggu...
mustafa kamal
mustafa kamal Mohon Tunggu... Freelancer - saya adalah seorang mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Wajib Belajar 12 Tahun

29 November 2019   21:49 Diperbarui: 22 Juni 2021   13:56 6194 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengetahui Pentingnya Wajib Belajar 12 Tahun (unsplash/taylor-wilcox)

Wajib belajar menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) adalah program pendidikan minimal yang harus diikuti oleh warga negara Indonesia atas tanggung jawab pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Pendidikan merupakan hal paling penting dan investasi masa yang akan datang dalam suatu negara. Pendidikan merupakan upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan pembangunan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat untuk lebih baik.

Berdasarkan pengertian belajar di atas dapat disimpulkan bahwa belajar adalah proses atau usaha yang dilakukan setiap individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku tertentu baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan nilai yang positif sebagai pengalaman untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari.

Baca juga : Yuk, Belajar Menjalani Kehidupan Orang Dewasa dari Karakter Siswa Tiap Tingkatan di Sekolah!

Menurut Jalal dan Musthafa di dalam Education Reform in the Context of Regional Autonomy : The Case of Indonesia terdapat dua konsep beda dan saling berkaitan dalam desentralisasi pendidikan. Pertama, transfer otoritas kebijakan pendidikan dari pusat ke daerah.

Dalam konsep ini pemerintah harus mendelegasikan kebijakan-kebijakan pendidikan kepada pemerintah daerah beserta dana yang dibutuhkan untuk membiayai tanggung jawab yang dibebankan. 

Kedua, pergeseran berbagai keputusan pendidikan dari pemerintah ke masyarakat. Ide ini berasal karena masyarakat harus lebih tahu dan memutuskan sendiri program pendidikan yang dikehendaki karena mereka akan memanfaatkan pendidikan.

Baca juga : Metode Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Lingkungan sangat berpengaruh pada proses belajar sebagai kegiatan utama, bukan sebagai alternatif peran (tugas) guru dan pengajar profesional. Lingkungan sangat sensitif terhadap perbedaan individu dan kelompok pada latar belakang individu, pengatahuan individu, motivasi dan kemampuan indvidu masing-masing.

Oleh karena itu harus, lingkungan belajar harus mendukung berbagai perbedaan yang dimiliki individu atau kelompok baik latar belakang, pengatahuan, motivasi dan kemampuan masing-masing individu supaya dapat memberikan rasa aman dan kenyamanan dalam proses belajar dan dapat tercapainya tujuan belajar.

Dukungan pelaksanaan wajib belajar 12 tahun harus diiringi dengan meningkatkan kualitas manajemen pelaksana di tingkat sekolah dalam pemanfaatan dana dan sosialisasi terkait program dukungan pemerintahan ke masyarakat, misalnya informasi program mitra warga, serta peningkatan kualitas mutu pendidikannya, baik dari peserta didik maupun dari tenaga pendidik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan