Mengenali masalah belajar siswa di sekolah
Fenomena kesulitan belajar siswa biasanya diwujudkan dalam prestasi akademik atau penurunan prestasi akademik. Namun, kesulitan belajar juga dapat ditunjukkan dengan adanya gangguan perilaku siswa (perilaku tidak wajar), seperti berteriak di kelas, berkelahi, sering bolos sekolah, dan membolos. Secara garis besar, ada dua faktor penyebab terjadinya masalah belajar, yaitu:
1. Faktor internal siswa, yaitu hal-hal atau situasi yang ditimbulkan dalam diri siswa itu sendiri.
2. Faktor eksternal siswa, yaitu dari hal-hal atau situasi di luar diri siswa itu sendiri.
Kedua faktor ini mencakup situasi berikut:
1) Faktor internal siswa
Faktor internal siswa meliputi cacat fisik dan mental atau kecacatan siswa, yaitu:
* Kognitif (dalam bidang kreativitas), seperti rendahnya kecerdasan siswa;
* * Emosi (alam indrawi), seperti ketidakstabilan emosi dan sikap;
* Psikomotor (bidang niat), seperti gangguan sensorik visual dan pendengaran (mata dan telinga).
2) Faktor eksternal siswa
Faktor eksternal siswa meliputi semua kondisi lingkungan yang tidak mendukung aktivitas belajar siswa. Faktor lingkungan tersebut antara lain:
* Lingkungan keluarga, misalnya hubungan orang tua tidak harmonis, dan kehidupan ekonomi keluarga rendah.
* Lingkungan/masyarakat sekitar, seperti permukiman kumuh, kelompok pir nakal.
* Lingkungan sekolah, seperti kondisi dan letak bangunan sekolah yang buruk, seperti kedekatan dengan pasar, kondisi guru yang buruk, dan kualitas fasilitas belajar yang buruk.
* Masalah-masalah yang muncul dalam proses belajar dan pembelajaran banyak kendala yang disebabkan oleh pemahaman siswa dan guru terhadap masalah pembelajaran itu sendiri, yaitu: Masalah belajar adalah situasi tertentu yang dialami siswa yang menghambat kelancaran kemajuan individu. Dapatkan perubahan perilaku yang sama sekali baru. "Masalah belajar adalah masalah belajar. Suatu keadaan yang dialami siswa yang menghambat kelancaran proses bagi individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku baru secara keseluruhan.