Mohon tunggu...
Muna Laya
Muna Laya Mohon Tunggu... Raising our voices
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

“All you have to do is write one true sentence. Write the truest sentence that you know.”

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Jaga Biota Laut dengan Penangkaran Penyu di Berau

29 Maret 2020   16:28 Diperbarui: 29 Maret 2020   16:29 38 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jaga Biota Laut dengan Penangkaran Penyu di Berau
Penyu di Indonesia. Profauna.

Pemerintah Daerah Kabupaten Berau melakukan upaya untuk menjaga ekosistem yang ada dengan melakukan konservasi Penyu di Pulau Sangalaki. Pulau Sangalaki merupakan salah satu dari tujuh pulau yang terkenal di Berau, Kalimantan Timur yang memiliki penangkaran penyu.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kabupaten Berau membangun rumah bagi para relawan peduli penyu, salah satunya adalah Yayasan Penyu Berau. Tugas para relawan disana nantinya menjaga rumah penyu dari pasang laut serta memastikan telur penyu aman dari pencuri setempat yang ingin memperjualbelikan telur tersebut.

Anak-anak penyu tersebut nantinya akan dilepaskan ke laut lepas oleh para relawan dan wisatawan yang datang ke sana. Pelepasan penyu biasanya dilakukan sore hari. Selain menjaga ekosistem, upaya tersebut merupakan daya tarik wisata dikarenakan pengalaman melepas penyu ini dapat dilakukan juga oleh wisatawan yang berkunjung.

Bupati Kabupaten Berau, H. Muharram, beserta pemerintah daerah terus berupaya melestarikan lingkungan terutama biota laut yang ada di pesisir, namun hal ini tidak akan bisa tercapai jika masyarakat juga tidak ikut serta menjaga lingkungan yang nantinya akan menjadi manfaat bagi semua.

VIDEO PILIHAN