Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru dan Melayani Konsultan Guru Online (WA 085881125448) Tanya Jawab Seputar Info Guru

Berbagi Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Jangan Hapus Ujian Sekolah, Pak Menteri

3 Desember 2019   15:34 Diperbarui: 3 Desember 2019   15:48 0 1 1 Mohon Tunggu...
Jangan Hapus Ujian Sekolah, Pak Menteri
Siswa Sekolah Dasar (dok pribadi)

Penting atau tidak ujian sekolah bagi siswa? Isu tentang dihapusnya ujian sekolah memang akan selalu muncul dengan berbagai alasan dan topik yang dibahas. Antara perlu dan tidaknya ujian sekolah, bermanfaat atau tidak untuk masa depan siswa nanti. 

Tentu kita sebagai guru akan dengan tegas menjawab sangat perlu ujian sekolah tetap ada untuk evaluasi siswa, melihat kemampuan siswa yang telah dicapainya. Bukan masalah nilai ujian sekolah seharusnya yang menjadi persoalan, akan tetapi masalah skill yang sudah diperoleh siswa saat belajar di lembaga pendidikan ini.

Masyarakat kita sudah terbiasa terpaku dengan nilai, jika nilainya tinggi pasti pintar anak ini. Padahal untuk menghadapi kehidupan kedepan bukan terpaku pada nilai, akan tetapi skill yang dimiliki anak untuk bisa bertahan hidup. Kembali pada ujian sekolah, saya berpendapat masih perlu dan jangan dihapus pak menteri, kalau boleh saya meminta. 

Ujian sekolah selain dari evaluasi merupakan tes mental anak dalam menghadapi kenyataan. Anak dilatih menerima kenyataan sesuai apa yang dia dapatkan. Tes mental ini juga sangat penting bagi anak untuk persiapam menghadapi kehidupan mereka yang akan datang. 

Bagaimana mereka yang tidak siap menghadapu ujian? Ini adalah tugas guru dan orang tua untuk meluruskan dan memberi pengertian bahwa dalam hidup pasti ada ujian. Ujian hidup lebih berat dari pada ujian sekolah, pada intinya ujian itu akan selalu ada dan anak dilatih menghadapi ujian.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x