Mohon tunggu...
Ibra Alfaroug
Ibra Alfaroug Mohon Tunggu... Petani - Dikenal Sebagai Negara Agraris, Namun Dunia Tani Kita Masih Saja Ironis

Buruh Tani (Buruh + Tani) di Tanah Milik Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Membangun Bisnis Tanpa Modal di Era Digital

5 Oktober 2021   23:36 Diperbarui: 6 Oktober 2021   02:04 307 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrated by: kompas.com

Bagi femula yang berkeinginan membuka usaha sendiri bisa dikatakan banyak pertimbangan yang mesti menjadi dasar keputusan untuk membuka usaha sendiri.

Masalah klasik yang seringkali dijadikan kendala utama untuk memutuskan atau memulai usaha baru ketika akan merintis dunia usaha yaitu prihal 'modal'. 

Rencana matang namun modal pada nihil acapkali membatalkan niat seseorang untuk merintis dan memulai dunia usaha yang telah diniatkan.

Disamping faktor ada lain yang mempengaruhi niat berwirausaha. Pengalaman dibidang usaha, sumber daya manusianya, serta aspek pemasaran seringkali menghantui membuat 'bimbang' untuk memulai usaha baru. 

Gambaran takut gagal, takut mengalami kerugian, plin plan dalam berspekulasi terlebih jauh. Alhasil semua yang direncanakan pada akhirnya 'gatot' gagal total, tidak pernah dieksekusi, urung ditindak.

Mengutip perkataan seorang dosen enterpreneur " semasa kuliah. Kita telah melewati tiga fase perkembangan dunia. Siapa yang mampu dalam artian menguasainya, maka saat itu dia menguasai dunia ini, yakni ekonomi dimasyarakat.

Pertama, zaman dimana manusia yang memiliki lahan pertanian/perkebunan dia bisa menguasai ekonomi. Dapat disimak munculnya istilah para tuan tanah (juragan tanah). Terbentuknya dua kelas dimasayarakat petani, kelas penggarap lahan dan sang pemilik lahan di masyarakat.

Kedua, era industri. Siapa yang menguasai industri maka dia dapat menguasai ekonomi serta pengaruh dimasayarakat. Hal ini menjadi titik sentral perekonomian di masyarakat. 

Kemajuan industri negara maju bukti nyata cikal bakal terbentuknya impreliasme dan kolonialisme negara maju, ekspansi ke negara berkembang untuk umenguasai daerah-daerah jajahan. Dengan mengeksplorasi sumber daya alamnya serta memasarkan produknya.

Ketiga,  era teknologi informasi dan komunikasi (digital). Siapa yang mampu memanfaatkan era ini dialah yang dapat menguasai dunia sekarang. Hal ini jelas terihat di era digitalisasi sekarang. 

Fenomena usaha berjejaring dengan menggunakan fitur/ aplikasi dalam memasarkan produk usaha langsung ke konsumen tanpa harus ribet dalam melakukan transaksi dan usaha mempromosikan produk ke konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan