Mohon tunggu...
Mukhlis Wibowo
Mukhlis Wibowo Mohon Tunggu... Freelancer - Nama saya Mukhlis Wibowo, biasa dipanggil Muklis. Sehari-hari saya bekerja di Maospati kota Magetan. Blog ini berisikan berbagai kisah keseharian dan pengalaman yang berkesan dalam hidup saya. Sesekali saya juga membuat review tentang tempat-tempat yang pernah saya kunjungi. Selain itu, saya juga mempublikasikan beberapa foto di blog ini. Saya bisa dihubungi di masklis@ymail.com

Hanya sedikit orang yang diperkenankan mengetahui isi hatiku yang terdalam. Aku termasuk tipe orang yang tegas dan pendiam. Aku terlihat sangat tenang dan terkendali, bahkan saat aku terbakar amarah, senyuman misterius itu tidak akan pernah lepas dari bibirku. Aku berwatak cerdik, bahkan terkadang licik, dan pandai dalam mengorek rahasia. Aku mudah tertarik pada hal yang aneh, mistis, atau misterius.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Siapa yang Punya Waktu untuk Mengadakan Rencana?

22 Oktober 2019   01:47 Diperbarui: 22 Oktober 2019   02:17 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Tak peduli bagaimana sibuknya, sebaiknya an da harus selalu mengambil waktu untuk mengada kan rencana. Makin sedikit waktu luang yang anda punyai, makin penting pula untuk merencanakan penggunaan waktu secarateliti.Lewatkan saja antara 10 menit pada awal atau akhir setiap harinya de ngan mengadakan rencana dan hal ini pasti akan membayar kembali segala jerih payah anda dengan keuntungan yang berlipat ganda.

Ada kalanya anda begitu sibuk,sehingga meta sa sama sekali tidak punya waktu untuk mengada kan rencana. O.K, barangkali anda memang tidak punya waktu untuk membuat rencana dan mutlak melakukan segala sesuatu yang ingin anda selesai kan.

Tapicobalah berpikir mengenai hal ini. Dengan kegagalan untuk membuat rencana, anda akan sedikit sekali merasa bebas pada waktu kapan pun dan dengan kegagalan membuat rencana, anda hampir pasti akan gagal untuk membedakan mana yang ter golong A, B dan C.

Bahkan kalau anda membatasi diri untuk melakukan hal-hal yang tergolong dalam kelompok A saja, mungkin anda masih belum dapat melakukan pokok-pokok A yang terbaik. Karena itu walaupun anda berpikir tidak pernah punya waktu kalau anda sedang sibuk, sebenarnya anda bisa men dahului waktu dengan mengadakan rencana. Ini benar-benar yang saya inginkan. Justru karena anda tidak punya waktu untuk membuat rencana, maka anda harus mengambil waktu untuk membuat rencana

Waktu yang terbaik untuk membuat rencana ialah pada pagi hari atau pada akhir setiap hari. Terdapat banyak faktor-faktor kelebihan pada pem buatan rencana yang dilakukan pagi hari kalau anda masih segar.

Anda akan memenangkan momentum sementara anda berjalan terus. Baru saja anda berpikir mengenai apa yang harus anda lakukan,dengan mudah sekali anda akan berge rak melakukannya. Dengan skala prioritas untuk ha ri itu yang tersusun tapi, anda mengurangi kemung kinan untuk menyimpang, sementara anda berjalan terus pada hari itu. ' 

Arti Kata Rahayu Dan Persamaannya Dengan Assalamualaikum (kliswi.blogspot.com) 

Pokok kegiatan pembuatan rencana di malam hari ialah karena anda sudah tahu sampai di mana anda hari itu dan perspektip ini akan menolong an da untuk memilih kegiatan pada esok harinya. Juga, kalau anda sudah dapat merencanakan dengan baik pada saat anda tiba di tempat kerja keesokan ha rinya, maka anda tidak perlu berdalih lagi mengenai apa yang harus dilakukan dan apa akibat pemboros an waktu. Satu kelebihan lain, ialah bahwa batin bawah sadar anda dapat bekerja selama anda tidur dan mengembangkan ide-ide sehingga anda dapat tiba di tempat pekerjaan dan siap untuk bertindak.

Kelebihan-kelebihan yang berbeda pada peng adaan rencana di pagi hari dan malam hari,kedua nya layak dimanfaatkan. Maka saya menyarankan agar anda membuat rencana di pagi hari atau di malam hari.

Apakah waktu untuk ,pengadaan waktu dapat dipertanggungjawabkan? Saya pernah punya bebera pa orang klien yang saya ikuti dengan teliti menge nai berbagai kegiatan mereka dan berapa banyak waktu yang digunakan untuk itu selama seminggu. Mereka adalah orang-orang yang cukup teliti, tahu akan berharganya waktu dan perencanaan lebih dari pada ratarata orang. Mereka juga yakin mengenai pentingnya arti perencanaan dan mengikat janji pa da diri mereka sendiri untuk menggunakan waktu seperlunya bagi pembuatan rencana itu. Mereka me nemukan bukti bahwa seluruh waktu yang dilewat kan untuk membuat rencana ternyata kurang dari empat jam setiap minggunya. Mereka mengambil ke simpulan bahwa sesungguhnya tidak membuang ba nyak waktu untuk membuat rencana, kurang dari sejam sehari, tapi hasil-hasilnya cukup berarti, yakni lebih banyak hal yang berada pada kelompok ska la A-l berhasil diselesaikan dan juga lebih sedikit gangguan-gangguan yang tidak penting mengacau. Melalui perencanaan, mereka dapat tetap mencurah kan fokus pada hal-hal yang penting.

Sejumlah petugas eksekutip yang saya tahu, te lah membuat satu tata. tertib untuk tidak mening galkan kantor sampai mereka selesai merencanakan kegiatan untuk esok harinya. Satu tambahan perluas an bisa dilakukan dengan datang lebih pagi 15 me nit pada keesokan harinya dan mempertajam renca na itu. Tentunya karena gangguan dan krisis biasa nya tiba selama mereka kerja, maka penyesuaianpenyesuaian lebih lanjut perlu dibuat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun