Mohon tunggu...
Mukhlis Syakir
Mukhlis Syakir Mohon Tunggu... Mahasiswa - Nyeruput dan Muntahin pikiran

Mahasiswa Pengangguran yang Gak Nganggur-nganggur amat

Selanjutnya

Tutup

Humor Pilihan

Guru: Lucu Aja Dulu, Paham mah Belakangan

21 Juli 2023   00:29 Diperbarui: 21 Juli 2023   00:34 210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gua sebagai seorang mahasiswa pendidikan rasanya udah pusing mikirin metode yang cocok untuk ngajar anak-anak. Istilahnya yang udah dibolak-balik lah, diinggrisin, diarabin (secara gua mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab). Dan keknya gak usah gua sebutin contoh namanya, karena gua sendiri juga gak begitu paham.

Jujur aja, gua sendiri bukan praktisi pendidikan yang berpengalaman. Cuman mahasiswa yang belum ketemu jodohnya aja selama empat tahun S1. Akhirnya terpaksa menyusahkan lagi orang tua dengan jatah S2-nya. Ofc, ya masih dibiyayai. Gak usah dah nyembunyiin dengan form zero to hero lagi. Jelas-jelas privilage. Ya, kalau mau akhi-akhi dikit atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa.

Karena Gua memang egonya pengen S2 Filsafat karena udah kepalang tersesat. Tapi diizinin sama orang tua harus linear. Yaudah lah, yang penting Gua ke Jogja terus nyari kelas-kelas Filsafat kaya Ngaji Filsafatnya Pak Fakhruddin Faiz.

Tapi akhir-akhir ini, Gua agak overthinking sendiri, "masa sih jurusan penididkan gak ngerti pendidikan. Ngeluarin gagasan apa kek gitu, biar gak sia-sia magister pendidikannya". Mau ngajar, gua masih mikir dua kali tentang kelakuan sama pikiran liar gua yang belum pantes untuk jadi seorang guru. Tapi juga untuk nyari cewek dengan titel mahasiswa S2 yang nganggur itu hina rasanya bagi Gua.

Akhirnya seperti biasa, wahyu turun di warung kopi. Seenggaknya bukan di wc tempat tinggalnya setan. Atau pas lagi solat yang harusnya khusyuk.

Pas banget nih lagi pulang ke kampung di Cipanas, Cianjur yang udah terkenal dengan nikah mut'ah dan Arab-arab puncaknya. Ngobrol dengan dua anak sekolahan yang main ML. Karena wajahnya putih-putih kayak orang Cina yang memang biasa ada di sekitaran Cipanas. Gua fikir mereka ini orang Kristen.

Tentu saja Gua harus mencari posisi enak dulu dong biar nyambung.

Tiba-tiba, salah seorang dari mereka nanya ke Gua, "Om, darimana om?". Dalem hati Gua udah gaenak nih. Rambut udah dipanjangin gini biar keliatan mahasiswanya malah dipanggil om.

Gua jawab, "dari GBO (kampung sebelah istana Cipanas). Kamu sendiri darimana?"

Dia jawab, "dari Sukasari deket Muhammadiyyah". Masih mengira mereka kalangan gereja, "emang sekolah dimana?". Dijawab, "itu di SMP Muhammadiyyah, kalau dia di SMA-nya". "Waduh sorry atuh itu mah sodara, kirain penduduk gereja. Abis modelannya kayak penduduk sebelah (padahal di belakang ada salibin yang lagi ngopi, hehehe)", kata Gua. Oke deh mereka masih ketawa, jokesnya masuk nih sama anak sekolahan. Cocok nih Gua jadi Guru yang asik sama muridnya.

Seketika Gua berfikir, lah iya juga yah. Yang penting mah jadi guru yang asik aja dulu. Gausah mikirin mau pake metode ceramah, diskusi, presentasi, bullshit dah semuanya. Kalau dasarnya si anak ngga suka ya ngga suka aja. Mau dikasih nasehat sebijak apapun kalau anak-anak gak seneng, Gurunya gak lucu. Yang ada mereka pusing, males, dan ingin segera ke kantin atau ke wc untuk ngerokok dong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humor Selengkapnya
Lihat Humor Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun