Mohon tunggu...
Muhammad Taufik
Muhammad Taufik Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa FISIP UHAMKA

Mahasiswa Fisip Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosok Laksana Maeda Perwira Jepang Membantu Kemerdekaan Bangsa Indonesia

5 Juli 2022   10:55 Diperbarui: 5 Juli 2022   11:00 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Laksamana tadeshi maeida adalah seorang perwira tinggi angkatan laut kekaisaran jepang. Yang membantu kemerdekaan bangsa Indonesia, bahkan dia sampai meminjamkan rumah nya untuk merumuskan Naskah Proklamasi.

Lalu apa yang membuat Laksamana Tadeshi Maeida ingin membantu kemerdekaan bangsa Indonesia?

Selalu menjadi pertanyaan - pertanyaan kenapa bisa sosok seorang perwira jepan ingin membantu kemerdekaan bangsa Indonesia. Ada beberapa faktor yang membuat perwira jepan ini ingin membantu kemerdekaan bangsa Indonesia.

  • "Memiliki hubungan akrab dengan tokoh -- tokoh penting di Indonesia seperti Moh Hatta, Ahmad Subardjo. Yang pada saat itu mereka di pertemukan saat dinas di Belanda pada tahun 1942"  Ujar Pak Ali Selaku Edukator Munasprok.
  • "Pernah mendapat perlakuan tidak adil di berbagai tempat bahkan di negaranya sendiri pun dia pernah mendapatkan hal yang tidak adil, yang membuat Laksamana Tadeshi Maeida merasa kecewa." Ujar Pak Ali Selaku Edukator Munasprok.
  • "Istri dari Laksamana Tadeshi Maeida juga merupakan keturunan dari tanah jawa yaitu di Surabaya dan dia juga pernah tinggal di Bojonegoro, jawa timur." Ujar Pak Ali Selaku Edukator Munasprok. jika kita melihat point ini Mungkin benar saja ada sosok Wanita yang Tangguh di balik pria yang sukses.

Faktor faktor itu lah yang membuat Laksamana Tadeshi Maeida ingin membantu kemerdekaan bangsa Indonesia.  

laksamana tadeshi maeida melihat bagitu keras perjuangan bangsa Indonesia yang ingin bangsa ini merdeka, sehingga banyak sekali korban yang meninggal demi kemerdekaan bangsa Indonesia. 

Pada saat itu juga laksamana tadeshi maeida berkontribusi untuk memerdekaan bangsa Indonesia seperti rumah nya di jadikan tempat untuk meruskan Naskah Proklamasi, bahkan dia juga meminta kepada pihak jepang untuk kemerdekaan Indonesia namun permintaan itu di tolak oleh pihak jepang.

Oleh karena itu kita sebagai penerus bangsa ini harus menjaga dan merawatnya karena banyak sekali pahlawan -- pahlawan yang gugur di medan perang demi mengusir para penjajah dan juga perjuangan untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. jangan sampai negara ini pecah belah hanya karena kepentingan nya sendiri. Walaupun Bung Karno pernah berkata "Perjuangan ku sangatlah mudah karena mengusir para penjajah tapi perjuangan mu sanggatlah berat melawan bangsanya sendiri"

Seharus nya kita melihat seperti  Laksamana Tadeshi Maeida seseorang yang buka dari kelahiran Indonesia tapi dia peduli terhadap bangsa Indonesia dan ingin membantu kemerdekaan bangsa. Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun