Mohon tunggu...
Muhammad Khamim
Muhammad Khamim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa FAI UNISSULA

kamu harus meyakinkan hatimu, Apapun yang telah ditetapkan Allah SWT adalah yang paling tepat dan paling bermanfaat untukmu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru dalam Menangani Masalah Waktu dalam Pembelajaran di Kelas

24 Mei 2023   09:35 Diperbarui: 24 Mei 2023   12:01 1306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembelajaran didalam kelas. Sumber: unm.ac.id

1. Kita tahu bahwa tantangan pendidikan agama islam sangal sulit, Materi PAI sangat banyak dan urgent karena berhubungan dengan urusan dunia dan akhirat, namun kita diberi waktu yang sedikit padahal materi yang disampaikan sangat banyak. maka bagaimana yang anda lakukan sebagai seorang guru untuk menangani persoalan tersebut untuk mensukseskan tujuan pembelajaran PAI?

A. Guru harus memiliki keterampilan dalam mengajar dan metode yang sesuai, dalam hal ini adalah bagaimana seorang guru harus menyampaikan seluruh materi tetapi waktu yang di dapatkan tidak cukup. Guru dapat menggunakan keterampilan mengajar seperti membuka dan menutup pelajaran dilakukan oleh seorang guru agar peserta didik bisa berantusias sebelum proses KBM dimulai dan berkesan setelah KBM usai. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran adalah keterampilan dasar yang dimana harus dilatih dan dikuasai oleh seorang pengajar yang memiliki tujuan untuk mencapai suatu pembelajaran yang efektif dan menarik.

-Keterampilan membuka pelajaran. Salah satu keterampilan dalam pembelajaran yang dimana, Usaha ini dimaksudkan supaya peserta didik atau siswa-siswi terfokus pada pembelajaran yang akan dipelajari. Pada intinya usaha keterampilan membuka pelajaran ini adalah bagaimana usaha pendidik didalam kelas untuk menarik perhatian siswa dengan memotivasi dengan memberikan kompetensi tentang tujuan, pokok permasalahan yang akan dipelajari. 

Dan menghubungkan antara materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari atau dibahas Ada cara-cara yang bisa diupayakan seorang guru atau pendidik didalam keterampilan ini seperti: usaha untuk menarik perhatian dan memotivasi peserta didik, seorang guru atau pendidik bisa menggunakan sebuah alat penunjang pembelajaran seperti video pembelajaran yang kemudian di tayangan dilayar proyektor. Dan kemudian seorang guru dapat memberikan penjelasan melalui video tersebut atau memberikan sebuah tugas kepada peserta didik setelah penayangan video seperti membuat rangkuman dari video tersebut. 

Tapi juga harus diperhatikan semua cara-cara itu harus sesuai dengan bahan ajar yang akan dipelajari oleh peserta didik. Dan prinsip-prinsipnya dalam keterampilan dasar mengajar ini yaitu: a) menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa b) dalam setiap menjelaskan sebaiknya dengan menggunakan contoh atau ilustrasi yang sesuai dengan pembelajaran yang sedang dibahas e) siswa harus terfokus pada guru atau pendidik.

Komponen-komponen yang bisa membantu pendidik dalam keterampilan ini meliputi: 1) membangkitkan perhatian atau minat peserta didik yaitu bagaimana guru dalam pembelajaran harus menggunakan variasi dalam mengajar kemudian menggunakan alat bantu yang cocok dalam setiap memulai pembelajaran, dan menggunakan variasi dalam berinteraksi dengan peserta didik.

2) menimbulkan motivasi yaitu siswa akan lebih bersemangat dan berantusias dalam kegiatan pembelajaran, kemudian pada siswa menimbulkan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap pembelajaran yang sedang di pelajari.

3) guru memberikan acuan tentang pelajaran yang akan di pelajari seperti mengemukakan KD dalam KBM, guru juga memberikan petunjuk tentang apa saja yang akan dipelajari.

-B. Guru juga bisa menggunakan keterampilan menutup pelajaran, yaitu kegiatan dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh seorang guru yang berguna untuk mengakhiri KBM yang inti. Upaya pada dalam keterampilan ini dimaksudkan agar gambaran yang telah diberikan pendidik dipelajari oleh peserta didik peserta didik dan untuk mengetahui keberhasilan guru dalam kegiatan belajar mengajar(KBM).

Usaha pendidik atau guru dalam mengakhiri interaksi kepada peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun