Mohon tunggu...
Muhammad Hafizh Rifaldi
Muhammad Hafizh Rifaldi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Suka dengan berbau DIgital. Menghobikan: Nulis, Membaca Suatu Buku, Travelling.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Guru dalam Kreativitas Siswa

13 Januari 2024   15:50 Diperbarui: 13 Januari 2024   16:05 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Undang-Undang No. 29 tentang Sistem Persekolahan Umum tahun 2003, yang dikutip oleh Penulis Sartika M. Taher, seorang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, mengatakan bahwa pengajaran adalah pekerjaqan yang sadar dan teratur untuk membuat iklim belajar dan pengalaman yang berkembang sehingga siswa dapat secara efektif menumbuhkan kemampuan kekuatan dunia lain yang ketat, kebijaksanaan, untuk mencapai karakter, wawasan, etika terhormat dan kemampuan yang diperlukan untuk diri mereka sendiri, area lokal bangsa dan negara (Fadhilah 2012).

Inovasi adalah segala sesuatu yang penting untuk dimiliki seseorang. Argumen yang dibuat oleh pendidik adalah bahwa setiap orang memiliki potensi kreatif, dan bahwa pendidikan memiliki kewajiban untuk melindunginya. Sekolah memainkan peran penting dalam pergantian peristiwa dan dukungan dari orang-orang Imajinatif.

Pendidikan memiliki SDM yang kehadirannya tidak dapat diisolasi, terutama instruktur atau pendidik dan siswa. Pendidik yang dimaksud adalah guru sekolah atau lembaga pendidikan formal yang tugasnya tidak hanya untuk menunjukkan informasi lain, tapi juga "mengajar".

Contoh lain juga bisa kita lihat dari lingkungan universitas. Dalam hal ini dosen lah yang berperan sebagai pengaruh dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa. Dosen memiliki peran amat penting untuk keberlangsungan dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa, seperti dosen sebagai fasilitator pembelajaran, memiliki peran untuk merangsang, membimbing, dan memberikan dukungan yang mana itu sangat dibutuhkan mahasiswa untuk membantu meningkatkan kreativitas mereka. Dikutip dari jurnal pendidikan dan pengajaran, ditemukan bahwa mereka menggunakan berbagai strategi. salah satu strategi yang paling umum adalah dengan mendorong diskusi kritis dan pikiran yang mendalam dalam kelas (Hasniati 2023).

Dosen juga sering memberikan proyek-proyek kreatif yang memungkinkan mahasiswa mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam situasi nyata.

Di sisi lain, peningkatan kreativitas siswa dipengaruhi oleh elemen interior dan eksternal. Variabel interior adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa, misalnya bakat, minat, kapasitas, wawasan dan mentalitas. sedangkan variabel luar adalah faktor yang berasal dari luar siswa, ,misalkan iklim sekolah, dan iklim keluarga.

Menurut terminologi seorang guru ialah sesorang yang memiliki ide-ide yang perlu dilaksanakan untuk kepentingan siswa. Mereka juga perlu memiliki hubungan yang baik dengan siswa sehingga mereka dapat menjunjung tinggi, mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai yang berkaitan dengan agama, budaya dan sains. Seorang pendidikan adalah seorang yang memiliki kewajiban untuk mengajar atau mendidik secara ahli termasuk otoritas kebebasan dan disiplin. setiap kata atau perbuatan yang dilakukan oleh pendidik.

Menurut ungkapan, seorang guru ialah yang memiliki pemikiran yang harus diakui untuk melayani siswa, untuk membantu hubungan baik dengan siswa, sehingga mereka dapat mempertahankan, mengembangkan dan menerapkan kebutuhan dalam hal agama, budaya dan sains. seorang pendidik adalah yang memiliki kewajiban untuk mengajar atau mendidik secara ahli termasuk otoritas, kebebasan dan disiplin. setiap kata atau perbuatan yang dilakukan oleh guru akan digunakan sebagai model asli oelh siswa dan daerah sekitarnya. Seorang pendidik yang ahli memiliki kapasitas dan penguasaan yang luar biasa dalam bidang pengajaran, dengan tujuan agar ia dapat melakukan kewajiban dan kemampuannya sebagai instruktur secara maksimal. Seorang pendidik ahli adalah individu yang berpengetahuan luas dan benar-benar siap dan memiliki keterlibatan yang kaya dengan bidangnya.

Disekolah guru memiliki peran sebagai pemandu dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Tugas guru tidak hanya mengajar  tetapi juga mendidik murid-muridnya untuk menjadi manusia yang dewasa.

Instruktur sebagai pelaksana teknik pertunjukan pendidikan, pusat penelitian, studi lapangan dan sumber data tentang intelektual umum. Instruktur koordinator sebagai koordinator, untuk lebih spesifik sebagi ketua skolastik latihan, contoh jadwal dan lain-lain. Bagian yang berhubungan dengan latihan mendidik dan belajar, semua diatur sedemikian rupa, untuk mencapain kelangsungan hidup dan fokus dalam belajar.

Guru sebagai inspirasi mengambil bagian penting. untuk meningkatkan inspirasi siswa dan mendorong kegiatan belajar, guru harus memiliki pilihan untuk mendorong dan mendukung kemampuan siswa, menumbuhkan tindakan dan imajinasi, sehingga akan ada unsur-unsur dalam pengalaman mendidik dan diharapkan memiliki jiwa inisiatif untuk memiliki pilihan untuk mengarahkan dan mengoordinasikan kegiatan belajar anak-anak sesuai tujuan yang didambakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun