Mohon tunggu...
Muhammad fadil Atthariq
Muhammad fadil Atthariq Mohon Tunggu... Mahasiswa

Belajar untuk menambah wawasan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Memulai Bisnis di Instagram

4 Januari 2021   04:00 Diperbarui: 4 Januari 2021   04:14 93 0 0 Mohon Tunggu...

Instagram adalah salah satu media sosial yang dapat difungsikan sebagai tempat berbisnis online juga. Keberhasilan cara bisnis online instagram ini pun sudah banyak yang merasakannya. Tidak tanggung-tanggung ada beribu toko online yang memasarkan produknya bermodalkan akun instagram saja. Walau terkesan seperti bukan bisnis yang menjanjikan, faktanya bisnis online Instagram memiliki pasar yang luas dan menunjukkan keuntungan yang tidak sedikit. Ada sangat banyak masyarakat Indonesia yang mengakses intagram lebih dari 3 jam setiap harinya. Hal ini menunjukkan bagaimana efektifnya pemasaran bisnis online jika dilakukan di instagram.

Sesuai dengan namanya, bisnis online instagram berarti membawa bisnis yang kamu punya membuka seperti "toko" di akun instagram yang kamu miliki. Baik kamu sudah memiliki toko fisik ataupun belum sama sekali memiliki toko, kamu bisa membuka toko online di instagram ini. Kamu cukup mengunggah foto-foto produk bisnis kamu, pasarkan dengan aktif di akun instagram ini, dan tarik banyak pelanggan untuk membeli produk tersebut.

Tips untuk memulai usaha di instagram :

1. Buat 2 Akun Baru Instagram

Buatlah dua akun instagram baru untuk satu toko online anda di instagram. Dua akun instagram yang anda buat nantinya akan digunakan untuk khusus berjualan atau mempromosikan barang yang anda jual dan akun satu lagi akan digunakan untuk testimoni. Agar akun anda terlihat rapi dalam jangka waktu yang lama maka sebaiknya pisahkan antara promosi dengan testimoni.

2. Buat Nama Akun Yang Menarik Dan Mudah Di Ingat

Sebaiknya gunakan nama yang belum pernah dimiliki oleh siapapun sebelumnya untuk ciri khas akun yang akan anda gunakan untuk toko online anda di instagram. Gunakan nama yang masih berhubungan dengan barang yang akan anda jual. Misalnya jika anda ingin menjual pakaian di instagram maka gunakan nama yang sedikit berbau pakaian, contohnya : busana.store

3. Lengkapi Informasi Akun Toko Anda

Sunting profil akun toko online anda di instagram dengan menambahkan alamat, nomer yang selalu bisa untuk dihubungi dan detail-detail lainnya.

4. Upload Foto Barang Yang Ingin Anda Jual

Sebelum anda melakukan upload foto ke instagram sebaiknya anda pilih-pilih dahulu tentang foto yang ingin anda upload tersebut. Gunakan foto terbaik dari barang yang ingin anda jual. Silahkan edit agar tampilan lebih menarik namun jangan merubah foto dari barang yang anda jual, karena anda tetap harus jujur dalam berjualan. Alangkah baiknya jika anda mengupload real picture dan hanya mengedit bagian backgroundnya saja. Satu jenis produk idealnya cukup diwakili hanya dengan satu foto, kecuali kalau warnanya memang berbeda-beda. Dan jangan lupa untuk menuliskan detail atau keterangan yang jelas dari apa yang anda jual serta bagaimana cara untuk memesan barang yang ada dalam foto yang ingin anda upload.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN