Mohon tunggu...
Ahmad Dzikrullah
Ahmad Dzikrullah Mohon Tunggu... Freelancer - Blogger

Halo I'm Dzikrul! | 📸 Blogger at https://jejakpanorama.com/ | 🏠 Bali ~ Malang | ⛵ Travel | 🍰 Culinary | 🎧 Lifestyle | 📒 Education | 😁 Happy Person |

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bernostalgia dengan Aurora (Lagi)

16 Desember 2019   01:03 Diperbarui: 16 Desember 2019   01:46 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : www.unsplash.com

Sedikit bercerita ketika masa SMA dulu, jadi ketika saya menduduki kelas X atau kelas satu SMA. Saya berada di kelas X-2 atau termasuk salah satu kelas unggulan pada waktu itu. Kemudian pada masa SMA ini saya sangat menyukai dunia Astronomi dan Geografi pada umumnya. Hingga pada akhirnya saya pun pernah dipilih oleh sekolah untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten. Pada waktu itu saya mewakili sekolah menngikuti lomba Kebumian. 

Lomba kebumian merupakan salah satu pelajaran yang sulit bagi saya, karena pelajaran ini tidak ada dalam mata pelajaran di sekolah kami. Karena mata pelajaran ini lebih spesifik meneliti tentang batuan dan tekstur tanah. Yah, walaupun nggak menang tetapi setidaknya saya bisa mewakili sekolah dan menjadi sebuah pengalaman berharga bagi diri saya pribadi.

Minat saya pada dunia Geografi semakin pupus, karena pada kelas XI yaitu pada kelas peminatan ataupun penjurusan saya memilih jurusan keagamaan sebagai kelas lanjutan saya. Akhirnya pada titik ini saya pun harus memutuskan tali perjalinan  pelajaran geografi, walaupun saya masih suka liat-liat gambar-gambar aurora yang menjadi minat spesifik saya selanjutnya. Sampai saat ini saya masih menyukai dunia aurora hingga saya memasang gambar aurora dalam walpaper HP saya. Nah bagi teman-teman yang penasaran dengan aurora ini bisa lihat ulasan saya mengenai aurora ini ya teman-teman.

Aurora

Aurora adalah sebuah pancaran cahaya yang berada di lapisan ionosofer, aurora ini memberi pantulan cahaya warna warni yang menyala-nyala, sehingga menjadikannya sangat indah. Menurut para ilmuwan aurora ini muncul akibat adanya daya interkasi medan magnetik pada suatu planet pada partikel muatan yang berasal dari matahari sehingga memunculkan pantulan cahaya tersebut. waktu yang paling tepat untuk melihat aurora adalah pada vulan september-oktober dan maret-april. Nah, aurora juga memiliki beberapa macam yang bisa kamu ketahui sebagaimana berikut ini.

  • Aurora Australis

Aurora Australis adalah salah satu jenis aurora yang bisa kamu temui di benua bagian selatan, sebagaimana kita tahu aurora hanya bisa terjadi di beberpa tempat saja yaitu di kutub utara dan kutub selatan. Tempat yang paling indah untuk melihat aurora adalah di Selandia Baru.

  • Aurora Borealis

Aurora Borealis juga memiliki fenomena yang sangat indah, kalau aurora borealis ini biasanya terjadi di kutub utara. Dinamakan borealis karena berasal dari salah satu nama dewa yunani. Aurora ini juga sering berwarna kemerahan maka dari itu juga sering disebut sebagai aurora borealis.

Demikianlah ulasan saya mengenai pengalaman dalam dunia astronomi dan penjelasan mengenai aurora. Sebenarnya ada banyak hal lebih yang dapat dipelajari dari aurora ini. penjelasan di atas hanyalah sedikit dari bentuk kecintaan saya pada dunia astronomi dan aurora. Jika kamu penasaran dengan bentuk aurora kamu juga bisa lihat-lihat penampakannya di google ya. Eits, saran saya jangan dilihat ya nanti jatuh hati lagi. Wkwkwk.

Sumber : Wikipedia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun