Mohon tunggu...
MuhammadAgilAlmuhajir
MuhammadAgilAlmuhajir Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Al Azhar University

إذا صدق العزم وضح السبيل

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

PENTINGNYA MENGETAHUI ILMU WASAIL DAN ILMU MAQASID TERHADAP PENUNTUT ILMU

1 April 2020   19:44 Diperbarui: 8 April 2020   20:04 2297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu merupakan usaha kita untuk menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan yang terjadi di alam manusia,jika seseorang yang ingin berilmu maka perlu memiliki pengetahuan.


Ilmu merupakan suatu pengetahuan yang di susun secara bersistem atau hasil proses berfikir yang diperoleh dari sekitar pengalaman untuk dijadikan objek penelitian dan dapat diakui/diyakini kebenarannya.


Dan ilmu itu terbagi menjadi 2 ada ilmu duniawi dan ilmu ukhrowi.

#ilmu DUNIAWI:membahas tentang pengetahuan apa saja yang ada didunia ini saja.seperti :matematika,fisika,kimia,logika dll.
Adapun. 

#ilmu UKHROWI: membahas tentang pengetahuan untuk bekal diakhirat kelak nanti.seperti:ilmu AlQuran,hadis,fiqh,akidah dll.dan sudah banyak dikalangan masyarakat muslim sekrang yg hampir tidak mengetahui ilmu-ilmu wasail dan ilmu-ilmu maqasid.


Pemuda muslim sekrang adalah generasi umat kedepan yang akan menggantikan orang-orang besar disana.oleh karenanya saya akan membahas ilmu-ilmunya,umumnya untuk masyarakat muslim mengetahui dan khususnya untuk pemuda-pemudi muslim sekrang.

Sudah sepantasnya seorang pencari ilmu untuk mengetahui keutamaan ilmu.

قال الإمام الشافعي يقول من لا يحب العلم لا خير فيه

Artinya: imam assyafii berkata: (barang siapa yg tidak mencintai suatu ilmu maka tidak ada kebaikan baginya).


Bahwasanya ilmu sangat mulia dari apa2 yang kau cintai atau orang yg kau cintai. Diambil dari perkataan" imam Ali bin abi tali radiallahuanhu ilmu itu sangat mulia dari pada harta dengan 7 macam.
1. Ilmu warisan para nabi dan harta warisan para firaun
2. Ilmu tidak berkurang dengan infaq adapun harta berkurang
3. Harta membutuhkan yg menjaganya,adapun ilmu menjaga oleh pemilik ilmu
4. Jikalau mati seseorang itu maka yg akan kekal hartanya didunia,dan ilmu kekal bersamanya diakhirat.
5. Harta menghasilkan yg mu'min maupun yg kafir adapun ilmu tidak menghasilkan kecuali orang2 yang beriman.
6. Semua manusia membutuhkan kepada ilmu didalam perkara agama,dan tidak membutuhkan kepada pemilik harta.
7. Dengan ilmu kita bisa lebih mudah melewati jalan sirot diakhirat nanti adapun harta tidak.
Sudah sepantasnya bagi seseorang penuntut ilmu untuk mengetahui sesuatu sebelum memasuki syariat yg harus dilaksanakan dalam mencari ilmu,bahwasanya penuntut ilmu itu harus melewati 3 fase:


1. Mubtadi :Dia belum mampu mendeskripsikan suatu masalah
2. Mutawasit: Dia mampu mendeskripsikan suatu masalah tapi belum mampu memberikan dalil dari permasalahan tersebut
3. Muntahi: Dia mampu mendeskripsikan suatu masalah dan mampu memberikan dalil ke suatu masalah tersebut.

A. Pengertian Ilmu Maqasid


Ilmu Maqasid atau disebut dengan علم الغايات  adalah ilmu yang membahas tentang hukum-hukum syariat berkaitan dengan orang-orang yg dibebani hukum(بأفعال المكلفين).dan ilmu maqasid terbagi menjadi 3 fan Ilmu=


1. ILMU AQIDAH:  ilmu yang berkaitan tentang keyakinan.(أن يتعلق بكيفية الإعتقاد)                
ilmu Aqidah inipun dibagi menjadi :3
#     ILAHIYAT: ketuhanan
#     NUBUWIYAT :Kenabian
#     SAMIYAT: perkara-perkara yang ghaib

2. ILMU FIQH: ilmu yang berkaitan tentang perbuatan yang dzhohir atau jelas(أن يتعلق بكيفية العمل الظاهر) /ilmu yang membahas tentang hukum-hukum syariat amalan-amalan yang dilakukan dari dalil-dalil secara rinci.
ilmu fiqh ini juga dibagi menjadi 3 yaitu: 


# العبادات. keibadahan
#  المعاملات  bermuamalah
# المناكحات. pernikahan
# الحدود والجنايات. hukum-hukum/batasan dan pidana/kejahatan

3. ILMU TASAWUF : ilmu yang berkaitan tentang perbuatan yang batin atau tidak nampak(أن يتعلق بكيفية العمل الباطن) ilmu tasawuf juga mengetahui bahwasanya hati memiliki akhlak yang mulia dan tercela. Adapun yang akhlak mulia yaitu : tawakal kepada allah swt dam ikhlas kepada nya,bersyukur atas nikmatnya,taubat dari maksiat,takut,sabar,ingat mati dll adapun akhlak yang tercela yaitu: menginginkan makan dan minum yang berlebihan sehingga mengganggu untuk belajar,malas,dll dan terhadap lisannya yg belum bisa menjaga dengan baik sering mencaci,menghina menuduh dll dan ilmu tasawuf ini juga disebut dengan ilmu yang membersihkan diri (تزكية النفس)dan mensucikan hati dan pemurnian ruh hingga sampai ilahi rabbi dan mengenalnya sampai  ke maqam(kedudukan) ihsan.

B. Pengertian ilmu wasail


Ilmu wasail yaitu ilmu yang memahami tentang nash AlQuran dan sunnah.ilmu wasail ini terbagi menjadi 4:


1. ILMU MUSTHOLAHUL HADIST. ( علم مصطلح الحديث)
Perbedaan ilmu hadist dan ilmu mustholahul hadist


# Ilmu mustholahul hadis yaitu ilmu yang menyangkup istilah-istilah dalam memahami konteks ilmu hadis itu.dan penuntut ilmu harus bisa membedakan ilmu hadis dan ilmu mustholahul hadis karna keduanya memiliki fan Ilmu yang berbeda tapi berkesinambungan dengan keduanya.
# Ilmu hadis yaitu: apa-apa yang dari nabi Muhammad saw dari perkataannya,perbuatannyadan ,sifatnya baik sifat khilqiyah (sifat secara dzhohir)/(bentuk tubuh secara terlihat seperti: jenggotnya,rambutnya,tangannya dll)khuluqiyah: sifat yang tak terlihat (akhlak budi pekerti yang mulia  seperti: baik ,suka tolong menolong,membantu,dll)
2. ILMU USHUL FIQH(علم أصول الفقه)
Pengertian Ilmu ushul fiqh terbagi menjadi 2
#. Pengertian ushul fiqh secara idhofiإضافي
Ushul fiqh yang disusun berhenti pengetahuannya kepada pengetahuan bagiannya dan adapun kalimat
في اللغة العربية ما يبني عين غيره أصول جمع أصل،والأصل
"Ushul jama' asli dan asli didalam bahasa Arab apa-apa yang dibangun dari yang lainnya"
والأصل في الإصلاح
الدليل  كقولهم أصل هذه المسألة الكتاب والسنة أي دليلها
Asli didalam terminologi  yaitu dalil (petunjuk) seperti perkataan asli didalam masalah ini yaitu AlQuran dan sunnah.
الفقه في اللغة  العلم بالشئ والفهم له
Pengertian fiqh secara etimologi yaitu: ilmu dengan sesuatu dan faham dengannya.
وأما الفقه في الإصطلاح فهو العلم بأحكام الشرعية العملية المكتسب من أدلتها التفصيلية
Pengertian fiqh secara terminologi yaitu ilmu yang membahas tentang hukum-hukum syariat berkaitan amalan-amalan hasil dari dalil-dalil secara jelas dan rinci.


# pengertian ushul fiqh secara laqabi لقبي


Pengertian ushul fiqh secara laqabi ada 2 ulama yang memberikan pengertian.
قال الإمام ابن الحاجب رحمه الله تعالي  العلم بالقواعد التي يتوصل بها الي إستنباط الأحكام الشرعية الفرعية عن أدلتها التفصيلية
1." Imam Ibnu hajib rahimahullahi ilmu dengan qaidah_qaidah yang sampai ke kesimpulan hukum-hukum syariat yang lain(cabang-cabang) dari dalil-dalil yang secara jelas dan rinci".
قال الإمام البيضاوي رحمه الله تعالي  معرفة دلائل الفقه إجمالا وكيفية الإستفادة منها وحال المستفيد
2. Imam baidowi rahimahullahi "Pengetahuan dari dalil-dalil fiqh secara universal dan tata cara pengambilan faedah -faedah darinya."


 *Perbedaan ilmu fiqh dan ushul fiqh*


-Ilmu ushul fiqh yaitu suatu qaidah_qaidah atau usus(dasar-dasar) dan ketika ilmu fiqh mengambil kesimpulan hukum syari berdasarkan qaidah_qaidah tersebut(ushuliyah)dari dalil yang rinci.(dalil ijmaliyah/dalil secara umum)
-Ilmu fiqh yaitu: suatu ibarat dari kesimpulan hukum syari dari dalil yang spesifik dengan perantara qaidah_qaidah ushuliyah.


Contoh: dengan contoh ini kita bisa mengetahui mana ilmu fiqh dan ushul fiqh.  "ketika ada seseorang ingin mengetahui kesimpulan hukum sholat maka dia harus mencari dalil tafsiliya atau rincian yang berkaitan tentang sholat, maka dikatakan. أقيموا الصلاة  yang artinya" dirikanlah shalat"maka kita lihat dalil tafsili ini bagian perintahnya untuk melaksanakan shalat, oleh karna itu keadaan ini membutuhkan qaidah_qaidah ushuliyah atau ushul fiqh dengan perintah.dan ulama ushul fiqh membuat qaidah asasnya yaitu
الأمر يفيد للوجوب إلا اذا صرفته قرينة
Setiap perintah menunjukan kewajiban kecuali apabila ada hubungannya.
Maka kita mengetahui bahwasanya أقيموا الصلاة menunjukkan atas kewajiban dan ketika hukum bahwasanya shalat itu kewajiban maka dikatakan shalat itu wajib.
Kesimpulan dari contoh diatas bahwa: أقيموا الصلاة tersebut menunjukan dalil tafsili atau( spesifik)dan الأمر يفيد للوجوب إلا اذا صرفته قرينة dan ini dalil ijmaliyah atau (universal)


#USHUL FIQH yang membahas tentang dalil-dalil secara umum atauالأدلة الإجمالية atau bisa dikatakan yang memiliki turunan dibawawahny /dalil yg rinciالأدلة التفصيلية  yang banyak.
#FIQH yang membahas tentang dalil-dalil secara rinci atau الأدلة التفصيلية.


Contoh dalil-dalil ijmaliyah atau universal
# الأمر يفيد للوجوب إذا صرفته قرينة
# النهي المطلق يفيد التحريم  
Contoh dalil-dalil tafsiliya atau spesifik
أقيموا الصلاة #
ولا تقربوا الزنا #
 ولا تأكلوا أموالكم بينكم بالباطل#

3. ILMU MANTIQ ( علم المنطق)


تعريف المنطق في اللغة  من كلمة ناطق يناطق ناطق


Pengertian ilmu mantiq secara etimologi yaitu berbicara,berfikir,mengucapkan.


تعريف المنطق في الإصطلاح يعني علم تعتصم مراعاته الذهن عن الخطإ في الفكر


Pengertian ilmu mantiq secara terminologi yaitu:Ilmu yang menjaga pemikiran yang salah dalam berfikir,atau bisa disebut ilmu logika secara rasional tidak membutuhkan  nash dalil AlQuran maupun sunnah.


4. ILMU NAHWU(علم النحو)


تعريف علم النحو في اللغة الجهة تقول ذهبت نحو فلان أي ججهته
Pengertian ilmu nahwu secara etimologi  yaitu arahan,sisi,jurusan,bagian dari.


تعريف علم النحو في الإصطلاح هو العلم بالقواعد التي يعرف بها أحكام أواخر الكلمات العربية في حال في تركيبها من الإعراب والبناء وما يتبع ذلك
Pengertian ilmu nahwu secara terminologi yaitu ilmu yang membahas qaidah yang bisa diketahui hukum-hukum akhir-akhir kalimat bahasa Arab, dan dalam keadaannya susunananya baik berubah maupun tetap dan apa-apa pengikutnya.
Contohnya: ضرب محمد الكلب artinya Muhammad telah memukul anjing. Dari contoh ini menunjukan ilmu nahwu berfungsi menunjukan harakat -harakat akhirnya dan mengetahui kedudukannya sebagai apa objekkah?subjekkah?predikatkahkah? Dll tidak jauh dengan ilmu-ilmu yang lain.


5. ILMU SHOROF(علم الصرف)
تعريف علم الصرف في اللغة هو التحويل والتغيير والتبديل والانتقال من حال إلى حال


Pengertian ilmu shorof secara etimologi yaitu perubahan,pergantian,perpindahan dari satu keadaan keadaan yang lain.


تعريف علم الصرف في الإصطلاح

 تحويل الأصل الواحد  إلى أمثلة مختلفة لمعان مقصودة #
علم بأصول تعرف بها أحوال أبنية الكلم قبل تركيبها#
علم يبحث عن أبنية الكلمة العربية وصيغتهاوبيان حروفها من أصالةأو زيادة أو  حذف أو صحة  الى غيرها#


Pengertian shorof secara terminologi.

# perubahan satu asli ke peemisalan uang berbeda untuk makna yang dimaksudkan
# ilmu yang mengetahui keadaan bentuk kalimat sebelum disusun keadaannya
# ilmu yang membahas tentang bentuk kalimat bahasa Arab dan penjelasan huruf-hurufnya dari asli, tambahan,dibuang dll


Contoh shorof istilah
فعل يفعل فعلا ومفعلا فهو فاعل وذاك مفعول أفعل لا تفعل مفعل مفعل
Contoh shorof luqowi
فعل فعلا فعلو فعلت فعلتا فعلن فعلت فعلتما فعلتم فعلت فعلتما فعلتن فعلت فعلنا

5. ILMU BALAGHOH(علم البلاغة)


علم البلاغة وهو تأدية المعنى الجليل واضحاً بعبارة صحيحة فصيحة
Pengertian ilmu balagoh yaitu ilmu yang menghasilkan makna yang indah,bagus,terhormat dan jelas dengan ibarat yang benar dan fasih.

APA HUBUNGAN ILMU MAQASID DAN ILMU WASAIL


Hubungan antara  ilmu maqasid dan ilmu wasail yaitu sangat erat satu dengan yang lainnya (saling berkesinambungan) sudah seharusnya untuk penuntut ilmu dalam studi agama islam alangkah baiknya mendahulukan ilmu wasail terlebih dahulu agar lebih mudah dalam memahami konteks AlQuran dan sunnah.
Karena yang sudah diketahui AlQuran menjadi pedoman umat islam dan didalamnya mengandung perintah,larangan,kisah para nabi terdahulu hingga sekrang dll isi didalam AlQuran masih berupa mujmal(universal) begipula AlQuran menggunakan berbahasa Arab yang asli yang tidak ada ikut campur tangan makhluk kecuali Allah swt.


Sudah menjadi kewajiban sebagai penuntut ilmu untuk tidak sembarang menafsirkan ayat-ayat Allah swt dan memahaminya tanpa dilandasi dengan ilmu khususnya ilmu wasail.
Beberapa poin penting hubungan kedua ilmu tersebut.
# Dengan ilmu wasail bisa lebih mudah memahami ilmu maqasid
#  ilmu maqasid sendiri tidak kalah penting untuk umat manusia karna ilmu maqasid disitu terbagi menjadi 3:yaitu ilmu Aqidah,ilmu fiqh,dan ilmu tasawuf ketiga ilmu-ilmu tersebut sangat berkaitan sesuai dengan hadist nabi saw
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم يا محمد أخبرني عن الإسلام قال  الإسلام أن تشهد أن لااله إلا الله وأن محمد الرسول الله صلى الله عليه وسلم وتقيموا الصلاة وتؤدي الزكاة وتصوم الرمضان، وتحج البيت إن استطاع إليه سبيلا  قال صدقت فعجبنا له يسأله ويصدقه قال فأخبرني عن الإيمان قال أن تؤمن بالله وملائكته وكتبه ورسوله واليوم الآخر وتؤمن بالقدر خيره وشره قال صدقت قال فأخبرني عن الإحسان قال أن تعبد الله كأنك تراه فإن لم تكن تراه فإنه يراك
Rasulullah saw bersabda wahai Muhammad saw kabarkan kepada ku tentang islam beliau berkata islam bersaksi bahwa tiada tuhan selain allah swt dan Muhammad saw utusannya mendirikan solat, menunaikan zakat, berpuasa dibulan ramadhan, dan naik haji, bila mampu dan berkata kamu benar dia yang nanya dan dia yang membenarkannya dan dia berkata kabari aku tentang iman berkata imanlah kepada allah  swt malaikat, kitab-kitab allah, rasul-rasul allah, dan hari akhirat, dan beriman qada dan qadar, berkata kamu benar berkata maka kabariaku tentang insan berkata insan beribadahlah kamu kepada allah swt seakan-akan kamu melihatnya jikalau kamu belum melihatnya bahwa sesungguhnya dia melihat kamu.(Hr muslim)

Hubungan hadist tersebut dengan ilmu maqasid ialah
# hadis tersebut menjelaskan bahwa perihal yang ditanya pertama yaitu islam bahwasanya berkaitan dengan ilmu fiqh karna membahas tentang syariat seperti shalat zakat,puasa dan haji dll ini semua dibahas secara spesifik didalam ilmu fiqh.


 # hadist tersebut menjelaskan setelah rasulullah saw ditanya tentang islam kemudian ditanya tentang iman bahwasanya berkaitan dengan ilmu Aqidah karna membahas tentang keyakinan baik ilahiyat,nubuwiyat, dan samiyat.


# hadist tersebut menjelaskan juga setelah ditanya tentang iman kemudian ditanya tentang ihsan ini menunjukan bahwa berkaitan dengan ilmu tasawuf karena membahas tentang amalan-amalan yang Batin(yang tak terlihat)  hanya dirinya dengan sang khaliq yang tau,beribadah kepada allah dimanapun berada dan kapanpun allah melihat hambanya walaupun hambanya tidak melihatnya.


#ilmu wasail dan ilmu maqasid sebagai pondasi dan dasar untuk umat muslim agar lebih mempercayai dengan agamanya,dan tidak sembarang taqlid (ikut-ikutan tanpa didasari dengan ilmu).

DAMPAK ILMU WASAIL DAN ILMU MAQASID TERHADAP PENUNTUT ILMU

# lebih mempermudah dalam mempelajari pelajaran-pelajaran Agama islam.


# Dapat mengetahui secara spesifik peemasalahan-permasalan yang ada didalam pelajaran agama.


#Bisa mengaplikasikan ilmu-ilmunya dalam sehari -hari


# Bisa memberikan arahan yang baik terhadap keluarganya,temannya, dan masyarakat jikalau ada kekeliruan dalam memahami konteks AlQuran maupun sunnah dengan baik dan benar.


#Sebagai panutan terhadap sekitarnya yang membawa risalah-risalah rasulullah saw.


# Agar masyarakat lebih mengetahui dan mempelajari ilmu-ilmu tersebut melalui penuntut ilmu itu.


Betapa pentingnya ilmu wasail dan ilmu maqasid khususnya untuk penuntut ilmu agama dan umumnya untuk semuanya, dengan ilmu-ilmu tersebut agar kita lebih berhati-hati dan mempersiapkan dalam memahami ajaran-ajaran agama islam yang sesuai dengan baginda rasulullah saw

Semoga dengan pemaparan ilmu wasail dan ilmu maqasid bisa menjadi suatu pengetahuan yang baru dan bermanfaat khususnya kepada diri saya pribadi dan umumnya kepada seluruh pembaca.

Kita sudah mengetahui bahwa ilmu wasail dan ilmu maqasid sangat penting khususnya untuk penuntut ilmu agama tetapi tidak menafikan dengan ilmu-ilmu yanglainnya karena ilmu yang lain juga bermanfaat baik didunia maupun diakhirat.

Sebagaimana Allah swt berfirman

وابتغ فيما ءاتك الله الدار الآخرة ولاتنسى نصيبك من الدنيا
Dan carilah pahala negeri (akhirat) dengan apa yang telah dianugerahkan denganmu tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu didunia(Qs alqasas ayat 77)

       

                                      DAFTAR PUSTAKA

1. Kitab turuqul manhajiyah fi tafsili ulumul syariah hal,32-33,46-47,49-54,penulis: musthofa ridho azhari,


2. Kitab tuhfatussaniyah, Hlm,6.penulis: Muhammad muhyiddin Abdulhamid,penerbit ;darultalai'ilinnasri wattauzi,kaiiro,2004


3. Kitab tasrif bina awal,Hlm,6.penulis: Muhammad hadiah sabar,penerbit; darussalam,darrisalah, darul ushuludin,mujaladarabi, kaiiro,1439-2018.


4. Kitab irsadul uqul ke qaidah ushul, Hlm,52-62penulis ; sayyid radhi sayyid qashu,penerbit ; martabah iman,tanpa tahun.


5. Kitab  imam ibnu sholah,Hlm,21,penulis; khusyui Muhammad, penerbit;maktabah iman,tanpa tahun.


6. Www,Wikipedia.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun