Best Practices
Â
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran matematika Bilangan Berpangkat Nol dan Pecahan
Â
NAMA : MUHAMAD YUSUP
Lokasi
SMP IT NURUL QOLBI
Lingkup Pendidikan
SMP
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan motivas belajar siswa terhadap
pelajaran matematika materi ajar bilangan berpangkat (pangkat Nol dan Pangkat Negatif)
Penulis
Muhamad Yusup
Tanggal
13 September 2022
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang masalah ini adalah
Minat siswa mulai berkembang dalam mengikuti pelajaran matemtika
Perubahan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran matemtika meningkat.
Penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif menjadi penyebab kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika.
Â
Praktik ini sangat penting untuk dibagikan. Karena, saya melihat masih banyak guru yang belum terbiasa dalam menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Sehingga untuk meningkatkan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika masih sangat sulit.
Ini merupakan permasalahan bersama yang harus kita selesaikan dan kita harus terapkan apa yang sudah kita dapat dari hasil analisis permasalahan yang ada.
Saya yang berperan sebagai guru sudah sepatutnya ikut terjun langsung dan berkolaborasi dalam mencari solusi terkait permasalahan yang sama-sama kita hidapi dalam
peleksanaan pembelajaran matematika.
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebeb dari tujuan pembelajaran yang ingin di capai adalah meningkatkan motivasi belajar siswa meningkat pada pembelajaran matematika khususnya materi bilangan berpangkat. Yaitu:
Penggunaan media ajar yang bervariasi. Terutama penggunaan media ajar inovatif
Penggunaan alat peraga yang tepat
Memotivasi siswa dengan penerapan pembelajaran yang menyenangkan
Â
Dari penyebab di atas tantangan yang dihadapi adalah
1. Mengajak guru yang belum terbiasa menggunakan media pembelajaran yang inovatif bukan perkara mudah.
Karena harus menyamapak persepsi terlebih dahulu mengenai model pembelajaran.