Mohon tunggu...
Muhamad Yusup
Muhamad Yusup Mohon Tunggu... Guru - Guru

membaca dan menulis sebagian dari hobi saya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Proses Pembelajaran Matematika

8 Oktober 2022   12:05 Diperbarui: 8 Oktober 2022   12:08 388
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran matematika Bilangan Berpangkat Nol dan Pecahan

 

NAMA : MUHAMAD YUSUP

Lokasi

SMP IT NURUL QOLBI

Lingkup Pendidikan

SMP

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan motivas belajar siswa terhadap

pelajaran matematika materi ajar bilangan berpangkat (pangkat Nol dan Pangkat Negatif)

Penulis

Muhamad Yusup

Tanggal

13 September 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah ini adalah

Minat siswa mulai berkembang dalam mengikuti pelajaran matemtika

Perubahan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran matemtika meningkat.

Penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif menjadi penyebab kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika.

 

Praktik ini sangat penting untuk dibagikan. Karena, saya melihat masih banyak guru yang belum terbiasa dalam menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Sehingga untuk meningkatkan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika masih sangat sulit.

Ini merupakan permasalahan bersama yang harus kita selesaikan dan kita harus terapkan apa yang sudah kita dapat dari hasil analisis permasalahan yang ada.

Saya yang berperan sebagai guru sudah sepatutnya ikut terjun langsung dan berkolaborasi dalam mencari solusi terkait permasalahan yang sama-sama kita hidapi dalam

peleksanaan pembelajaran matematika.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebeb dari tujuan pembelajaran yang ingin di capai adalah meningkatkan motivasi belajar siswa meningkat pada pembelajaran matematika khususnya materi bilangan berpangkat. Yaitu:

Penggunaan media ajar yang bervariasi. Terutama penggunaan media ajar inovatif

Penggunaan alat peraga yang tepat

Memotivasi siswa dengan penerapan pembelajaran yang menyenangkan

 

Dari penyebab di atas tantangan yang dihadapi adalah

1. Mengajak guru yang belum terbiasa menggunakan media pembelajaran yang inovatif bukan perkara mudah.

Karena harus menyamapak persepsi terlebih dahulu mengenai model pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun