Mohon tunggu...
Muhamad Bayu Andrean Agutama
Muhamad Bayu Andrean Agutama Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya lebih senang berada di keramaian dan hobi saya bermain game dan berenang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peranan Keterampilan Abad 21 Terhadap Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Pada Era New Normal

2 Oktober 2022   10:08 Diperbarui: 2 Oktober 2022   10:16 73 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada masa pandemi covid-19, tentu memberikan dampak yang besar terhadap  elemen-elemen kehidupan manusia. Situasi pada masa pandemi membuat cara  beraktivitas seseorang yang sebelumnya dapat berinteraksi secara langsung oleh orang  lain menjadi berinteraksi secara tidak langsung atau jarak jauh. Setelah situasi pandemi  mulai terkendali, maka pemerintah menginisiasi mulai memunculkan era baru yang  dikenal dengan era new normal. Era new normal ini merupakan era peralihan dari situasi  pandemi menuju ke situasi normal yang baru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan penyakit covid-19. Untuk mencapai  tujuan dari era new normal ini, maka diperlukan agent of changes sebagai pendorong terjadinya suatu kebiasaan yang baru. Salah satu agent of changes dalam era new normal ini adalah mahasiswa.  

Dalam melaksanakan perannya sebagai agen perubahan ini, mahasiswa perlu  menguasai keterampilan abad 21 yang meliputi berpikir kritis dan pemecahan masalah,  kreativitas dan inovasi, komunikasi serta kolaborasi. Mahasiswa dapat menguasai keterampilan tersebut dengan cara mengikuti pelatihan ataupun seminar yang berhubungan dengan pengembangan skill. Keterampilan abad 21 ini sangat  berguna untuk melaksanakan aksi nyata dalam mewujudkan serangkai perubahan serta  untuk dapat meminimalisir dan mengatasi permasalahan yang mungkin muncul dalam  suatu proses perubahannya. 

Hal ini dengan mudah dapat dilihat pada era new normal saat ini, dimana media  sosial seringkali dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk  menyebarkan berbagai berita bohong mengenai situasi dan keadaan yang tidak  mengenakkan yang berhubungan dengan covid-19. Untuk menangkal dan  meminimalisirkan informasi bohong yang tersebar di media sosial tersebut, maka  diperlukan keterampilan berfikir kritis. Dengan keterampilan berfikir kritis ini mahasiswa  akan mudah untuk mencerna dan menganalisis apakah berita-berita tersebut benar atau  tidak. Setelah mengetahui kebenaran dari berita tersebut, maka mahasiswa dapat  menggunakan keterampilan berkomunikasi serta kreativitasnya untuk menyampaikan  pesan mengenai kebernaran dari suatu berita yang ada kepada masyarakat luas.  Selanjutnya dengan keterampilan abad 21 ini, mahasiswa dapat dengan aktif  memanfaatkan media sosial ataupun berkolaborasi dengan pemerintah atau lembaga 

lainnya dalam membuat suatu konten dengan tujuan melakukan sosialisasi serta mengajak  masyarakat untuk dapat mematuhi protokol kesehatan. Sehingga dari konten-konten tersebut mahasiswa dapat melaksanakan perannya kembali sebagai agen perubahan  dalam era new normal ini dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19. 

Berdasarkan fakta yang dipaparkan diatas, saat ini mahasiswa seringkali dijuluki  sebagai agent of change atau agen perubahan dalam masyarakat. Hal ini karena  mahasiswa dikenal sebagai seseorang yang memilki keterampilan abad 21 yang meliputi berpikir kritis, kreativitas dan inovasi, komunikasi dan kolaborasi serta ditambah dengan  sifat berani, demokratis dan turut andil dalam melakukan berbagai kontribusi untuk  membuat suatu perubahan yang lebih baik. Sehingga mahasiswa dapat memunculkan  suatu perubahan dan membawa masyarakat untuk hidup secara ideal dan sejahtera di era  new normal saat ini. 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan