Mohon tunggu...
Andi MuhaiminDarwis
Andi MuhaiminDarwis Mohon Tunggu... Relawan - Menulislah. Sebelum kenangan indah terbuang sia-sia. Hargai hidupmu lebih dari siapapun itu.

Teknik Sipil 2015, Univ. Muhammadiyah Makassar.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Reklamasi untuk Siapa?

25 Maret 2019   12:34 Diperbarui: 25 Maret 2019   13:01 833
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mencoba untuk lebih maju adalah keinginan setiap warga negara. Indonesia sebagai negara kepulauan tentunya menjadi lahan basah untuk melaksanakan proyek reklamasi. Berkaca dari Maasvlakte 1 dan Maasvlakte 2 di Belanda, serta melihat cerdiknya Singapura dalam memanfaatkan sumber daya alamnya, membuat sebagian wilayah di Indonesia tergiur untuk melakukan program yang sama untuk mengatasi permasalahan tertentu. Bukan hanya Indonesia, banyak negara lain yang ternyata meniru program tersebut dalam menanggulangi krisis pada bidang tertentu.

Melihat begitu banyaknya kasus di beberapa negara yang terselesaikan dengan reklamasi, maka seluruh warga negara tentunya tak boleh apatis ataupun antipati dengan kata 'reklamasi'. Jika melihat respon dari masyarakat, bisa disimpulkan bahwa rakyat Indonesia masih terlalu konservatif dalam memandang reklamasi. Padahal, semua sepakat untuk membuat Indonesia lepas dari ikatan 'negara berkembang'. Kaitannya adalah, selain pendapatan per-kapita, memiliki proyek reklamasi juga menjadi acuan dalam menyandang gelar negara maju.

Selain itu, proyek-proyek reklamasi yang dilakukan dapat mengubah secara signifikan berbagai aspek suatu wilayah. China dengan pantai Chao Fi Dian dan kawasan Songdo di Korea Selatan contohnya. Dengan reklamasi yang dilakukan, memberikan dampak ekonomi yang begitu signifikan yang mendorong kekuatan wilayah dan negaranya.

Laut yang ditimbun juga dapat menjadi mitigasi bencana agar tsunami dan air rob tak sampai ke sektor vital suatu wilayah. Di Belanda, mereka menggunakan lahan reklamasi sebagai rumah untuk satwa. Nelayan juga dapat beralih profesi menjadi lebih baik, juga dapat dimaksimalkan sebagai ruang terbuka hijau, dan membuat tata letak kota menjadi lebih baik dan estetik.

Atas dasar tersebut, gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, menginisiasi daerah laut kota Makassar yang sebenarnya sudah dalam tahap finishing. Ada banyak keuntungan yang beliau tawarkan dalam berbagai kesempatan. Mulai dari mitigasi bencana, menambah fasilitas sosial dan fasilitas umum, ruang terbuka hijau, sampai upaya menyelamatkan aset negara sebelum diserobot oleh pihak lain. Dari tujuannya, ide ini tentunya sangat menarik melihat Pantai Losari amat rawan dari bencana tsunami, kota Makassar masih kurang akan ruang terbuka hijau, apalagi fasilitas umum (yang memadai dan berstandar nasional) yang tentunya akan sangat membanggakan jika dimiliki. Kawasan tersebut akan dinamakan Center Point of Indonesia.

Center Point of Indonesia berdasarkan edaran pemerintah, akan dibangun masjid dengan 99 kubah rancangan Kang Emil, Wisma Negara, Museum, kota modern baru dan terintegrasi dan lain-lain.

Awalnya saya bingung, mengapa sebagian besar masyarakat menolak mega proyek yang membuat Makassar jauh lebih unggul daripada kota lainnya. Namun, kadang memang kita harus mendengar isu-isu dari masyrakat agar dapat menganalisis masalah pemerintahan. Rupanya masyarakat memiliki ketakutan yang amat sangat dari penimbunan area Pantai Losari ini, baik dari bangunan yang direncanakan, pembagian jatah pemprov dan swasta, serta AMDAL. Kebanyakan masyarakat tidak setuju dengan proyek puluhan trilliun ini.

Masyarakat dengan profesi nelayan tentunya harus menerima kenyataan bahwa mereka harus mencari tempat lain agar mendapatkan ikan lalu menjajakan hasil tangkapan mereka. Biasanya, daerah CPI inilah yang menjadi lokasi garapan mereka sehari-hari. Namun kini, mereka harus mengeluarkan bahan bakar dan keberanian yang lebih untuk lebih masuk ke daerah laut, apalagi jika kondisi cuaca buruk. Ini juga berimbas sampai pada kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Sampai saat ini, komunikasi belum terjalin dengan baik dari pihak pemerintah dan nelayan mengenai masa depan mereka. Apakah proyek reklamasi bisa memakmurkan mereka jika telah jadi nantinya? Apakah bangunan-bangunan di atas laut tersebut mau mempekerjakan lulusan sekolah dasar? Sangat pantas jika mereka menggugat. Center Point of Indonesia ini bisa meningkatkan ekonomi wilayah dengan mengorbankan ekonomi kaum nelayan.

Tidak hanya itu, penurunan omset secara drastis dirasakan oleh penyedia jasa angkutan perahu dari Pantai Losari ke Pulau Lae-lae. "Jaraknya tinggal 300 meter. Dulu orang naik perahu, tapi sekarang sudah dibuatkan jembatan", ucap pekerja tersebut.

Jika menilik masalah AMDAL, pemerintah berdalih bahwa masalah tersebut telah rampung. Tetapi, jika melihat fakta lapangan, sepertinya hal ini tidak dianalasis dengan baik.  PT. Royal Boskalis yang dintenderkan oleh pemerintah telah mengangkut lebih dari 18.000.000 meter kubik pasir di laut Takalar. Ini menyebabkan abrasi besar-besaran di Takalar yang membuat 14 rumah dan bangunan lainnya rusak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun