Mohon tunggu...
Mugiarni Arni
Mugiarni Arni Mohon Tunggu... Guru - guru kelas

menulis cerita

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen: Tutorial Menulis Cerpen untuk Adelia

18 September 2023   13:01 Diperbarui: 18 September 2023   13:02 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar dokumen Pribadi dengan Inshot 

Tutorial Menulis Cerpen Untuk Adelia

Oleh Mugiarni

Judul: "Menggapai Cahaya Hati"

Latar: Kisah ini berlangsung di sebuah desa kecil yang dikelilingi oleh hutan lebat. Di desa ini, hidup seorang anak muda bernama Adelia yang tinggal bersama ibunya, neneknya, dan teman dekatnya, Rizky. Mereka adalah keluarga yang taat beragama dan hidup dengan penuh kasih sayang.

Karakter:

Adelia: Seorang gadis remaja yang ceria dan berbakat dalam menulis. Ia memiliki tekad kuat untuk menggapai impiannya.

Ibu Nahda: Wali kelas yang bijaksana dan penuh inspirasi, selalu memberikan dukungan kepada Adelia.

Ibu Adelia: Ibu yang penyayang dan penuh kebanggaan terhadap prestasi anaknya.

Nenek Adelia: Seorang wanita bijaksana yang selalu menanamkan nilai-nilai agama kepada cucunya.

Rizky: Sahabat Adelia yang setia dan selalu mendukungnya.

Alur: Cerita dimulai dengan Adelia yang tengah bersiap-siap untuk menghadiri sebuah acara bedah buku di desanya. Ia merasa sangat gugup karena bukunya akan menjadi salah satu yang dibahas. Rizky datang menjemputnya dengan senyum ramah di wajahnya.

Rizky: "Adelia, tenang saja. Bukumu pasti akan sukses!" Adelia: "Terima kasih, Rizky. Aku hanya berharap semuanya berjalan lancar."

Sesampainya di acara tersebut, mereka bertemu dengan Ibu Nahda, guru Bahasa Indonesia Adelia. Ibu Nahda memberikan semangat kepada Adelia, "Adelia, kamu punya bakat besar. Teruslah menulis dengan hati."

Kemudian, saat acara dimulai, kepala sekolah SMPN 5 Tigaraksa memberikan sambutan dan mengapresiasi karya Adelia dan tim penulis lainnya. Ibu Adelia dan Nenek Adelia yang duduk di antara penonton merasa sangat bangga.

Kepala Sekolah: "Ini adalah bukti bahwa kebersamaan dan keragaman budaya kita bisa menghasilkan karya luar biasa."

Tiba-tiba, dalam momen tersebut, Adelia merasa cahaya yang menggema di hatinya. Ia tersadar akan pentingnya iman dan doa dalam hidupnya. Saat berbicara di depan orang banyak, ia berbagi pengalamannya tentang proses menulis dan peran doa dalam kesuksesannya.

Adelia: "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga, sahabat, dan guru-guru saya yang selalu mendukung. Tapi yang paling penting, saya ingin berterima kasih kepada Allah yang selalu membimbing langkah saya."

Penonton terharu mendengar kata-kata Adelia, dan momen itu menjadi puncak acara. Adelia berhasil menunjukkan bahwa keberhasilan bukan hanya tentang pencapaian materi, tetapi juga tentang perjalanan spiritual.

Penyelesaian: Setelah acara, Adelia dan keluarganya pulang dengan hati penuh kebahagiaan. Mereka tahu bahwa kesuksesan sejati datang dari hati yang tulus dan keyakinan kepada Tuhan. Adelia terus menulis dengan semangat yang lebih besar, tidak hanya untuk mendapatkan pengakuan, tetapi juga untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan yang menginspirasi orang lain.

Kisah Adelia cermin menjadian bahwa dalam menggapai cahaya hati, kita perlu menghargai dukungan keluarga, persahabatan yang kuat, dan iman kepada Tuhan. Keberhasilan sejati tidak hanya mencapai tujuan dunia, tetapi juga mencapai kedamaian spiritual dalam diri kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun