Mohon tunggu...
Muara Alatas Marbun
Muara Alatas Marbun Mohon Tunggu... Mahasiswa U Pe' I

Seorang mahasiswa yang ingin mendapatkan pekerjaan dengan cara yang layak, bukan dengan "orang dalem", apalagi dengan "daleman orang"

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bunga Merupakan Simbol Keinginan untuk Bebas dari Perang

8 Mei 2020   21:04 Diperbarui: 8 Mei 2020   21:50 20 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bunga Merupakan Simbol Keinginan untuk Bebas dari Perang
Saus : unsplash.com

Lagu "In Flanders Field" menggambarkan kejamnya perang dan harapan para korban perang yang telah meninggal dunia di medan perang. Sophie Scholl adalah pelajar perempuan yang ikut organisasi bawah tanah "White Rose" yang bertujuan melawan kuasa Hitler. Generasi Bunga adalah julukan para pendemo di Pentagon pada masa perang Vietnam demi menyebarkan ide "No War, Make Love".

Hari ini (9 Mei) adalah peringatan kelahiran seorang pelajar perempuan Jerman yang memberontak pada ideologi Nazi, Sophie Scholl.

Apa lambang dari perdamaian ? bendera putih. Tidak, itu lambang menyerah salah satu pihak. Merpati putih, tentu sering dipakai sebagai lambang perdamaian. Namun, bunga lah yang 'beraksi nyata' untuk menunjukkan bahwa perang tidak dibutuhkan lagi dan kebebasan menentukan hidup perlu ditunjukkan.

Terdapat puisi, gerakan, atau kisah yang melibatkan bunga sebagai usaha perlawanan terhadap hal-hal yang merenggut nyawa. Bunga memang selalu digunakan untuk mengharumkan tanah pemakaman. Tapi ditangan para orang yang hidup dan mengenang, bunga yang indah dapat digunakan untuk merenung keindahan pasca perjuangan sehingga tidak ingin mengulangi kepedihan yang serupa.

BUNGA POPPY

Di Britania Raya beserta negara persemakmuran lainnya memperingati Hari Pahlawan pada tanggal 11 November dan/atau pada hari Minggu kedua pada bulan November. Setiap warga negara mengenakan bros/pin/gambar bunga Poppy yang dikenal tumbuh liar di tanah bekas pertempuran. 

Bunga poppy ini juga merupakan bunga yang menjadi bagian dari lagu yang membekas mengenai Perang Dunia I berjudul "In Flanders Field" (Gibbons pada Antara, 2019).

Lirik pertamanya, "In Flanders Field, the poppies blow" memperlihatkan bahwa ada sesuatu yang hidup atau tumbuh di tanah bekas pertempuran. Itu tumbuh seakan pertanda bahwa perang berakhir dan waktunya untuk mekar dan hal itu menjadi salah satu inspirasi penggunaan lambang bunga poppy sebagai peringatan akan perang yang usai.

MAWAR PUTIH

Orang-orang Jerman pada masa Perang Dunia II tidak seluruhnya terkontaminasi oleh ideologi NAZI mengenai ras terkuat dan ideologi lain. Sophie Scholl merupakan salah satunya, yang turut bergabung dengan organisasi Mawar Putih (Weisse Rose) bentukan saudara laki-lakinya, Hans Scholl. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN