May Triranto Maharini
May Triranto Maharini Mohon Tunggu... Guru - pembelajar dan tenaga pengajar

Seorang tenaga pendidik. Tertarik dengan keunikan panorama, budaya, dan kuliner. Suka mengungkapkan pikiran melalui tulisan.

Travelling ke Bali saat Pandemi, Sepi tapi Masih Mengesankan

8 Juli 2021   17:55 Diperbarui: 20 Mei 2023   13:20 686

Tanggal 20 Juni 2021 lalu saya akhirnya Kembali lagi menginjakkan kaki saya di tanah selain tanah Jawa.

Untuk perjalanan yang kali ini saja, saya hampir tidak jadi berangkat. Perjalanan yang seharusnya kami lakukan bulan Maret lalu yang kemudian kami undur karena saat itu gelombang covid tengah meningkat.

Dan yang kali ini, setelah sebelumnya jumlah orang yang positif Covid-19 berkurang, seminggu sebelum keberangkatan kami, jumlahnya kian meningkat kembali.

Kali ini bahkan lebih tinggi dari yang bulan Maret lalu. Setelah banyak dari kami yang membatalkan---yang pada mulanya ada Sembilan orang yang akan ikut dalam perjalanan kali ini---akhirnya sedikit dari kami memutuskan berangkat.

Ya, akhirnya tinggal saya dan tiga teman saya lainnya yang jadi berangkat. Puji syukur sebelum keberangkatan hasil tes antigen kami berempat negatif.

Perjalanan menggunakan pesawat menuju Bali berjalan lancar dan aman. Cuaca baik juga pesawatnya pun dalam keadaan baik. Kami sampai di Bali siang hari dan kami dijemput oleh supir yang kami sewa khusus untuk hari itu. Karena lapar, kami pun diantarkan untuk makan siang di Rumah Makan Nasi Pedas Bu Andika.

Bagi yang belum pernah menyicipi, jika ke Bali dapat mampir ke rumah makan ini. Hanya nasi dan lauk pauk biasa, namun yang membuat istimewa adalah rasa sambalnya yang pedasnya luar biasa. Untuk yang suka pedas, pasti suka.

Setelah makan siang kami diantarkan ke hotel tempat kami menginap yang letaknya di jalan Kartika Plaza Bali, Discovery Kartika Plaza Hotel Namanya. Untuk malam pertama dan kedua, kami menginap di vila milik hotel ini.

Vilanya cukup nyaman. Terutama karena ada kolam renang pribadi dalam vila yang kami sewa tersebut. Tapi kami hanya istirahat sebentar lalu membersihkan dan merapihkan diri, lalu kami pergi lagi untuk makan malam di Jimbaran.

Jimbaran masih seperti lima tahun lalu Ketika saya mengunjunginya. Dan kali itu, saya tidak melihatnya sepi pengunjung. Lepas dari apa yang sedang terjadi di Jakarta saat itu---angka penederita Covid-19 kian meningkat---Jimbaran masih didatangi orang-orang yang ingin menikmati makan malam di tepi pantai ditemani matahari terbenam.