MSI Gaming Indonesia
MSI Gaming Indonesia

This is an official account for MSI Gaming Indonesia. Official web : https://id.msi.com/

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Melihat Lebih Dalam "GE63VR 7RF Raider" Terbaru

10 Maret 2018   15:29 Diperbarui: 10 Maret 2018   16:32 1061 0 0
Melihat Lebih Dalam "GE63VR 7RF Raider" Terbaru
Sumber: ph.msi.com

Selama beberapa tahun terakhir, MSI berfokus pada pemasaran produk gaming tingkat tinggi dan menengah dengan 3 seri utama: Yang terbaik adalah seri GT yang menonjolkan performa maksimal; Kedua adalah seri GS yang mengkombinasikan fisik yang ramping dan ringan dengan performa yang baik; Ketiga adalah seri GE yang berada di tengah, lebih ringan dibandingkan GT namun lebih cepat dari GS.

Belum lama ini, seri GE baru saja mengalami makeover, dengan peningkatan estetika, desain, dan kualitas. Artikel ini akan membahas mengenai pengujian dan analisis produk MSI GE63VR 15,6" terbaru.

Overview A-side

Pada bagian atas notebook, desain yang digunakan masih 'khas' MSI dengan sentuhan bahan alumunium pada permukaannya yang dilengkapi dengan logo perisai naga MSI yang akan menyala ketika notebook dinyalakan, semua kualitas yang ada menambah nilai tambah pada penampilan notebook ini. Sekarang, GE63VR hadir dengan menggunakan GTX 1060 GPU (7RE) dan GTX 1070 (7RF), keduanya memiliki dimensi 383 x 260 x 27.5 mm. Berat dari notebook ini bisa berbeda tergantung dari konfigurasinya: spesifikasi resmi dari tipe 7RF adalah 2.39 kg. Sementara untuk pengukuran sebenarnya adalah seberat 2395g, yang hampir sama.

Sumber: ph.msi.com
Sumber: ph.msi.com
Garis lurus berwarna merah pada kedua sisi yang ada di bagian tengah menambahkan sensasi cepat. MSI seringkali mengadopsi desain kap mobil balap pada covernya untuk menyesuaikan dengan brand imagenya. Menurut pendapat saya, akan terlihat lebih baik apabila kedua garis merah tersebut dapat menyala ketika notebook dinyalakan.

Sumber: ph.msi.com
Sumber: ph.msi.com
Tas ransel yang didapatkan dari pembelian GE63VR ini unggul baik dari segi kualitas maupun perlindungannya. Logo perisai naga MSI juga sudah didesain ulang dengan menghilangkan kata "GAMING SERIES" agar lebih simple. Tas ransel ini dapat menampung notebook ukuran 17", yang dapat dikatakan cukup besar tapi mungkin bagi sebagian orang lainnya akan menganggap semakin besar maka semakin baik. Adaptor yang melengkapi GE63VR 7RF ini memiliki tenaga maksimal 230W untuk menjalankan GTX 1070.

Sumber: ph.msi.com
Sumber: ph.msi.com
Overview B-side

Pada tampilan layar notebook menggunakan matte display 15.6". Webcam yang terletak di bagian atas layar memiliki kapabilitas 720p 30fps, dengan lubang kecil untuk microphone pada sisi kanan dan kirinya. TN Display yang digunakan memiliki resolusi FHD, 120Hz refresh rate, 3ms response time, dan 94% NTSC color coverage.

Sumber: ph.msi.com
Sumber: ph.msi.com
Overview C-side

Dilengkapi dengan keyboard gaming RGB dari SteelSeries, yang menghadirkan per-key RGB. Feedback yang dirasakan mungkin tidak seperti mechanical keyboard, tetapi dapat dibilang memuaskan untuk kategori membrane keyboard. Saya juga menyukai tombol untuk  kiri dan kanan pada track pad, karena ini akan memberikan akurasi yang lebih baik saat ditekan.

Di sekitar touch pad ini didekorasi dengan garis merah, seperti GS63VR, agar lebih terlihat. Tombol pipih yang ada pada sebelah kanan merupakan tombol untuk power, tombol pengaturan SteelSeries keyboard, dna pengaturan kecepatan fan.

Sumber: ph.msi.com
Sumber: ph.msi.com
IO pada sisi kanan

Dimulai dari sebelah kiri adalah SD Card Reader (XC/HC), USB3.0 X2, dan ventilasi udara. Saya menyadari adanya cahaya merah dari USB Port saat notebook dinyalakan, yang memudahkan penggunanya untuk menemukan USB port terutama saat kondisi ruangan gelap.

Sumber: ph.msi.com
Sumber: ph.msi.com
IO pada sisi kiri

Dimulai dari sebelah kiri adalah Kensington lock, ventilasi udara, RJ45 Ethernet port, HDMI, mini DisplayPort, USB3.0, Type-C USB3.1. Audio jacks 3.5mm gold-plated untuk Hi/-Fi headphone dan microphone yang sudah mendukung fitur teknologi ESS SABRE HIFI.

Sumber: ph.msi.com
Sumber: ph.msi.com
Bagian belakangnya juga didekorasi dengan garis merah untuk meningkatkan estetika dan unsur kecepatan. Ventilasi udaranya juga dapat terlihat pada kedua sisi yang digunakan untuk teknologi eksklusif MSI Cooler Boost 5 yang terbaru.

Sumber: ph.msi.com
Sumber: ph.msi.com
Dibawah D-side

Ukiran naga yang ada di tengah tidak hanya menambah nilai pada penampilan, tapi juga terdapat banyak celah ventilasi. Indikator lampu yang ada di bawah untuk menunjukkan kondisi power, baterai, dan status hard drive. Speaker yang digunakan merupakan hasil kolaborasi dengan perusahaan audio terkenal Denmark, yaitu Dynaudio. Ruang suara yang ada juga 5x lebih besar dibanding seri GE yang sebelumnya, seperti yang terlihat pada bagian kiri/kanan bawah gambar, yang tentunya membuat ekspektasi kita semakin tinggi untuk kualitas dan volume suaranya.

Sumber: ph.msi.com
Sumber: ph.msi.com
MSI juga melalukan banyak peningkatan pada software eksklusif selama dua tahun terakhir.

Hampir setiap fitur yang ada dilengkapi dengan softwarenya sendiri untuk pengaturan yang lebih mendetail, terutama untuk fitur gaming, seperti audio, keyboard, display, dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7