Mohon tunggu...
Kuliner

Tips Menjaga Kesegaran Rasa Buah Durian

17 September 2018   16:48 Diperbarui: 17 September 2018   17:24 0 1 1 Mohon Tunggu...
Tips Menjaga Kesegaran Rasa Buah Durian
Buah Durian (walltoyou.com)

Memakan buah sudah menjadi kebutuhan dasar bagi tubuh agar nutrisi yang didapatkan lebih maksimal. Kehadiran buah tentu tak akan tergantikan sekalipun ada banyak makanan lain seperti sayuran dan lauk pauk. Buah dengan beraneka ragam bentuk dan rasa serta vitamin membuat kita leluasa untuk memilihnya. 

Tapi sudah tahukah, Jika ada banyak buah yang sifatnya musiman sehingga rasanya kurang segar ketika disajikan karena sudah lama di perjalanan? Belum lagi kondisi buah yang lama di perjalanan kadang membuat kondisi fisik buah gampang usang? Bagaimana cara mengatasinya?

Sebelum dijelaskan lebih lanjut, mari kita telusuri terlebih dahulu buah-buah mana saja yang sifatnya musiman.

  • Buah Durian
  • Buah Duku
  • Buah Manggis
  • Buah Mangga

Kita akan fokus pada buah Durian saja. Buah Durian memiliki bentuk kulit yang keras namun akan gampang berbau menyengat (bau khas buah Durian) ketika sudah matang. Selain itu kondisi warna buah juga akan terlihat lebih menguning.

Buah Durian yang didatangkan dari Medan maupun di impor langsung dari Thailand tentu akan dimasukkan ke dalam box khusus sehingga buah tidak dengan mudah bercampur dengan suhu luar dalam perjalanan. Tapi ketika buah sudah sampai kadang ditemukan kondisi buah yang kurang segar. Lalu bagaimana solusinya?

1. Bentuk fisik buah Durian tidak selalu mewakili rasa buah Durian. Hal yang perlu diperhatikan saat membeli buah Durian entah beli online maupun beli langsung ke pedagang adalah dari bau buah Duriannya. Jika yang dirasakan baunya cukup menyengat dan terlihat sehat kondisi fisiknya kemungkinan buah tersebut memiliki rasa yang sedap. Selain itu isi daging di dalam buah Durian biasanya juga ditentukan dari berat dan bentuk buah Durian. 

Namun perlu diwaspadai ketika membeli buah di pinggir jalan atau di toko buah, kadang masih saja ada oknum pedagang yang menyuntikkan perasa sehingga seolah-olah tercium segar tapi setelah membeli dan membuka buah Duriannya kita dibuat kecewa olehnya.

Jika membeli online pastikan tempat kita membeli buah Durian tersebut memang memiliki toko fisik yang dapat kita ketahui melalui sosial media atau bahkan sesekali kita berkunjung ke lokasi tersebut, sehingga buah Durian pesanan kita mendapatkan jaminan rasa dan kualitas.

2. Jika sudah mendapatkan daging Duriannya sesegera mungkin disantap atau jika tidak ingin langsung disantap masukkan ke dalam freezer atau kulkas dengan kondisi temperatur yang dingin agar buah Durian tersebut dapat awet cukup lama. Perlu diingat, jika Durian terlalu lama terkena suhu udara luar, maka buah Durian cenderung akan terasa asam karena kandungan buah Durian akan terfermentasi alami.

Daging durian beku ataupun daging durian cup yang dijual di beberapa toko online memiliki tingkat keawetan yang cukup lama bahkan bisa sampai sekitar 6 bulan karena kondisi beku menghambat proses fermentasi. Kemudian mohon diperhatikan untuk hal-hal berikutnya.

3. Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas bungkus buah Durian serapat mungkin sehingga udara luar tidak dapat masuk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2