Mohon tunggu...
tempo.id
tempo.id Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Politik

IOI Lahir, Bukanlah Menjadi Pesaing GAIKINDO

14 Juni 2016   04:53 Diperbarui: 14 Juni 2016   04:58 72 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
IOI Lahir, Bukanlah Menjadi Pesaing GAIKINDO
Peresmian Institut Otomotif Indonesia pada 20 Mei 2016 di Gedung Kementerian Perindustrian , Jakarta

TANGKAS - Kehadiran Institut Otomotif Indonesia dalam kancah Industri Nasional ternyata mengundang sedikit perselisihan dengan lembaga terkait khususnya GAIKINDO.

Beberapa pihak menilai kehadiran IOI ini menjadi pesaing dari kinerja GAIKINDO dalam dunia Industri Otomotif Nasional.

Namun, Presiden IOI Made Dana Tangkas menegaskan bahwa IOI itu bukanlah pesaing GAIKINDO.

IOI ini lahir atas dasar keinginan untuk membangun Industri Otomotif dalam negeri menjadi lebih mandiri.

" IOI menginginkan terwujudnya kemandirian Industri Otomotif Nasional," tegas Made Dana Tangkas dalam keterangannya pagi ini, Selas (14/6) di Jakarta.

Menurut Made Dana Tangkas, IOI dengan GAIKINDO mempunyai bidang kerja yang berbeda. Dimana GAIKINDO lebih fokus dalam dunia bisnis dan market melalui regulasi pameran atau event lainnya, sedangkan IOI ini fokus terhadap menciptakan SDM Industri Otomotif yang mempunyai daya saing dalam pengembangan Industri.

Terkait SDM , Made Dana Tangkas menjelaskan bahwa SDM Industri Otomotif ini akan dibutuhkan lebih banyak, jika proses industri nya mengalami sebuah kenaikan.

" IOI berupaya melahirkan sebuah SDM Industri Otomotif yang berkualitas untuk mampu mengelola industri dari hulu hingga hilir, sehingga Tercapainya Kemandirian Industri Otomotif di Tanah air," ujar Made Dana Tangkas yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Pengembangan Industri di GAIKINDO.

"Selain itu, IOI ini lahir akan selalu mengupayakan sinergi dengan lembaga terkait baik GAIKINDO atau yang lain dalam rangka bersama mengembangkan Industri Otomotif Nasional," ujarnya.

" Saya tekankan disini bahwa kinerja IOI dengan GAIKINDO tidak akan saling tindih, dan sebaliknya IOI ini akan membantu memberikan masukan kepada GAIKINDO dalam menyusun roadmap pertumbuhan Industri Otomotif di tanah air," imbuh Direktor Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Made Dana Tangkas menambahkan bahwa IOI ini terdiri dari para pakar teknologi, ahli otomotif, akademisi, pebisnis, private sektor, alumni APM, pemerintah serta komunitas atau asosiasi. “Kita akan bersama-sama memikirkan bagaimana memajukan kemandirian industri otomotif kita ke depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x