Mohon tunggu...
mollyeva
mollyeva Mohon Tunggu... guru

pengajar di suatu tempat

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Fungsi dan Pentingnya Penggunaan Sabuk Pengaman

18 November 2020   11:44 Diperbarui: 19 November 2020   15:05 105 0 0 Mohon Tunggu...

Saat kita berkendara, maka hal terpenting yang harus kita utamakan adalah keselamatan dan keamanan. Itulah mengapa penggunaan sabuk pengaman sangatlah penting dan menjadi hal paling utama. 

Pentingnya penggunaan sabuk pengaman ini juga disinggung pada acara Program 'Drive & Win' Periode Ketiga untuk wuling confero & wuling almaz bulan juli 2020 kemarin secara virtual

Tentu saja bukan tanpa alasan begitu saja, mengapa kita harus menggunakan sabuk pengaman ini. Pasalnya, memiliki sejumlah fungsi yang memberikan jaminan perlindungan secara maksimal kepada setiap penggunanya.

Fungsi Penggunaan Sabuk Pengaman

Mengingat begitu pentingnya sabuk pengaman, akan tetapi tak jarang sebagian pengemudi dan penumpang abai dalam menggunakan sabuk pengaman tersebut. Padahal tindakan tersebut sangatlah merugikan.

Berikut ini adalah fungsi-fungsinya yang wajib kita ketahui. Tentu saja agar kita selalu ingat untuk menggunakannya.

  1. Memberikan Perlindungan Kepala dari Kemungkinan Terjadinya Benturan Kaca Depan Ketika Rem Mendadak
    Kepala adalah salah satu bagian dari anggota tubuh yang harus kita lindungi dan kita jaga keamanannya. Terutama saat kita berkendara.
    Dengan menggunakan sabuk pengaman, kita dapat melindungi kepala dari kemungkinan terjadinya sebuah benturan dengan kaca depan. Sebab, tanpa kita sadari, terdapat segala kemungkinan bisa saja terjadi ketika berkendara. Maka dari itulah, kita perlu untuk melakukan hal-hal yang dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan sabuk pengaman ini.
  2. Melindungi Tubuh dari Guncangan dan Cidera
    Salah satu fungsi penggunaan sabuk pengaman adalah dapat melindungi tubuh dari guncangan dan juga cidera. Keberadaan sabuk pengaman ini bisa membuat kita terhindar dari luka-luka parah yang disebabkan karena kecelakaan. Bahkan menurut data dari NHTSA, kurang lebih 15.00 jiwa pengguna mobil dalam setiap tahun selamat dari kecelakaan lalu lintas, karena menggunakan sabuk pengaman. Tentu saja ini menjadi perhatian kita bersama untuk tidak pernah lupa menggunakan sabuk pengaman. Selain itu, pada dasarnya, sabuk pengaman sengaja dibuat dan dirancang menggunakan bahan yang kuat. Sehingga tidak akan mudah untuk kita gunting maupun rusak. Dengan desainnya yang kuat tersebut, sabuk pengaman bisa menahan guncangan maupun menahan tubuh supaya tidak terpental.
  3. Tindakan Pencegahan dan Protektif untuk Melindungi Nyawa
    Penggunaan sabuk pengaman ini juga berfungsi sebagai bentuk tindakan pencegahan dan protektif untuk melindungi nyawa kita. Lebih baik kita melakukan pencegahan daripada mengobatinya. Pepatah yang satu ini dapat kita gunakan saat berkendara di jalan raya. Menggunakan sabuk pengaman adalah salah satu tindakan pencegahan yang dapat kita lakukan. Terutama untuk memberikan perlindungan ketika terjadinya kecelakaan. Apalagi kita juga dapat berupaya untuk menghindari kemungkinan terburuk. Jangan sampai karena kelalaian kita menggunakan sabuk pengaman, kita sampai harus kehilangan nyawa.
  4. Mencegah Pengendara Terlempar dari Mobil
    Ketika terjadi kecelakaan, benturan dan hantaman yang kuat tak dapat kita hindari. Salah satu fungsi dari penggunaan sabuk pengaman ini adalah meminimalisir terlemparnya kita ketika kecelakaan itu terjadi. Selain itu, ketika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan dan kejadian tersebut bersifat tragis, sabuk pengaman inilah yang dapat memberikan pencegahan agar pengemudi tidak terlempar dari mobil. Sudah dapat kita bayangkan bukan, seperti apa jadinya jika tubuh kita sampai terlempar keluar. Dengan menggunakan sabuk pengaman, maka segala kemungkinan dampak terburuk ketika kecelakaan terjadi dapat kita hindari dengan segera.
  5. Sebagai Bentuk Kepatuhan Berlalu Lintas
    Meskipun terdengar sangat familiar, akan tetapi fungsi dari penggunaan sabuk pengaman ini sering kali kita lupakan. Tidak hanya memberikan perlindungan demi keselamatan ketika berkendara saja, akan tetapi sabuk pengaman juga menunjukkan sikap kita yang taat terhadap peraturan berlalu lintas. Seperti yang pernah kita saksikan bersama, banyak pengendara yang kena kasus tilang oleh pihak berwajib karena tidak menggunakan sabuk pengaman. Sikap yang patuh dan tertib ini merupakan bentuk tanggung jawab kita sebagai warna negara yang baik.

Pentingnya Penggunaan Sabuk Pengaman

Saat kita berkendara, ada banyak kejadian yang tidak dapat diperkirakan. Salah satunya adalah terjadinya kecelakaan lalu lintas.
Maka dari itulah, keamanan harus selalu kita perhatikan. Salah satu caranya adalah dengan selalu menggunakan sabuk pengaman.

Awal Permulaan dari Sabuk Pengaman

"Terdapat banyak nama yang berkaitan dengan penemuan sabuk pengaman ini. George Cayley merupakan orang pertama yang menciptakan sabuk pengaman ini. Akan tetapi, ia tidak memiliki dukungan atas kepemilikan hak paten. Setelah itu, hak paten sabuk pengaman tersebut diajukan oleh Edward J Claghorn. Pengajuan hak paten tersebut berhasil Edward J Claghorn dapatkan pada 10 Februari 1885. Edward J Claghorn merupakan seorang pria yang berasal dari New York, berhasil mendesain sabuk pengaman.

Kemudian Benjamin Foulois seorang tentara asal Amerika mengembangkan sabuk pengaman tersebut. Pada tahun 1991 yang lalu, Benjamin Foulois dapat menciptakan sabuk pengaman yang digunakan pada kursi pesawat terbang. Pesawat yang pertama kali menggunakan sabuk pengaman tersebut yakni Wright Flyer Signal Corps 1. Pada saat itu, penggunaan sabun pengaman dalam pesawat bertujuan agar pilot lebih mudah dalam mengendalikan pesawat ketika ada goncangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN