Humaniora

Wujudkan Kebersihan, KKN Tematik 59 Universitas Trunojoyo Madura Adakan Proker Bersih Desa

11 Agustus 2018   03:09 Diperbarui: 11 Agustus 2018   03:14 138 0 0
Wujudkan Kebersihan, KKN Tematik 59 Universitas Trunojoyo Madura Adakan Proker Bersih Desa
dokpri

Dasuk, 05 Agustus 2018 -- Kebersihan merupakan sumber kenyamanan bagi individu yang tinggal di suatu tempat, tak terkecuali di desa Semaan. Oleh karena itu, kelompok KKN Tematik 59 Universitas Trunojoyo Madura mengusulkan program Bersih desa (Kerja Bakti). Program kerja bersih desa ini dilaksanakan secara berkala, tepatnya satu minggu sekali di setiap hari Minggu.  Tepatnya dimulai pada hari Minggu tanggal 22 Juli 2018 sampai hari minggu tanggal 5 Agustus 2018.

Tempat yang dijadikan sasaran bersih desa adalah makam umum masayarakat Semaan, dan Sumber Kacceng sebagai sumber air untuk memenuhi kebutuhan hidup warga sehari-hari. Di sumber memang tidak terdaat tempat sampah, dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Kebanyakan warga membuang sampah di dalam air sumber atau di sekitar sumber. 

Padahal air sumber tersebut digunakan untuk mandi, menyuci, dsb. KKN Tematik 59 juga memberikan plang yang berisi himbauan untuk warga agar menjaga kebersihan di sumber. 

Bersih desa ini dilakukan kelompok KKN Tematik 59 bersama warga mulai dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB. Kelebihan kegiatan ini adalah dapat membuat sumber dan makam menjadi bersih dan terawat. Sementara kekurangannya adalah kurangnya antusiasme warga desa Semaan untuk mengikuti