Mohon tunggu...
Sir Nana Mr Thoriq
Sir Nana Mr Thoriq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis dan Mbah Siswa nama asli Mohammad Thoriqun Naja

Mencoba Menjadi Content Writer, Semoga Ga ada yang baca karena iseng dan kegabutan Mahasiswa semester 7 salah satu Universitas Luar Negri. Setiap hari hobinya rebahan dan sambat (berkeluh kesah). Terutama terkait penulisan skripsi saya yang terkendala dengan berbagai kesibukan mencari rupiah, desakan ekonomi lebih tepatnya.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Refleksi Diri Itu Penting!

1 Desember 2021   14:11 Diperbarui: 1 Desember 2021   14:29 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by sparkitive.com

Hai sobat sambat, hari ini gua mau sharing ke kalian bagaimana pengalaman gua, selama belajar Essay Writing 2 bareng dengan dosen gua paling kece miss Ratih. Ga usah banyak cin,cong langsung aja kita bahas 4 manfaat belajar menulis esai dalam bagi mahasiswa/pelajar bahasa inggis.

1. Media

Mediakan disini dalam artinya seorang yang belajar menulis dapat mengekspresikan dirinya dalam berkeluh kesah dan mengutarakan pendapatnya lewat tulisan, nantinya dapat bermanfaat bagi orang lain. misalnya doi kasih gua feedback tentang bagaimana penulisan gua dalam karangan berupa esai lewat media Gdoc atau langsung lewat Zoom meeting bahkan lewat WA 20/7 itu merupakah sesuatu yang luar biasa apabila kita mampu memamfaatkan media dengan sangat baik.

2. Kempauan Diri

Kemampuan diri disini adalah meningkatnya intuisi dalam menulis penulis yang baik akan mempertimbangkan tulisannya untuk apa, seperti apa dan akan untuk siapa tulisannya. contohnya doi kasih saran ke gua "tulisan kamu harus diperbaiki formatnya rata-kanan kiri atau besar kecil tulisannya", di sini langsung gua revisi dan menigkatkat kemampuan gua dalam menulis "oh, yang seperti itu kurang bagus kalo di liat, oh rata kanan kiri bagus juga ya saat nulis" kurang lebih seperti itu learning by doing-nya nyampe ke gua dan langsung esekusi.

3. Konsentrasi

Ini yang jarang orang sadari, bahwa menulis membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi untuk menghasilkan tulisan yang baik dan mampu mempengaruhi orang lain contohnya doi memberikan arahan gua supaya menulis refeksi diri tujuannya agar gua mampu mempertajam logika menulis dan daya konsentrasi. loh apa hubunganntya? gini sobat hubungannya adalah konsentrasi yang tinggi akan membuat kita memiliki ketajaman dalam menulis apa yang kita sampaikan nanti, akan meresap kedalam pekimiran pembaca..

4. Kepuasan Batin

Ini opini gua sih, setuju atau engga preferensi dan POV sobat sekalian. Hah, bisa bikin kita seneng gitu? wah orang gila ini? emang beneran coba sobat bayangkan bahwa sobar menulis status yang tiap 24 jam menghilang, jika dijadikan tulisan pasti akan memiliki nilai lebih seperti kata dosen gua. "tulisan lu musti memiliki nilai yang lebih bukan hanya sekedar menuntaskan tugas" yah dari situ gua mikir lah, masa gua cuman bisa nulis doang, gua tunjukin ke dosen gua kalo gua bisa ngelakuin hal itu lewat perenungan dan mikir dulu soabat. Dan hasilnya gua puas banget bukan sekedar update status di WA atau bikin Tread di Twitter yang Cmiiw, Jbjb nih ah itu mah cuman nasehatin ala kadarnya

Nah semoga menjadi pengetahuan baru hasil refleksi gua selama kuliah dengan dosen doi, gua ceelah sok akrab. Jarang banget sobat dapet dosen kek gini makannya gua manfaatin, jadi itulah 4 hal yang bakal kalian dapetin jika kalian menjadikan tulisan bukan hanya sekedar tulisan. Oke segitu dulu sobat sampai jumpa di lain tulisan gua ya kan cuuuyyy bababaayyyy Sobat sambat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun