Mohon tunggu...
Mohammad Hilmi
Mohammad Hilmi Mohon Tunggu... Lainnya - Rakyat Indonesia

Hewan berakal

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hujan Pertama di Bumi

4 Agustus 2022   21:07 Diperbarui: 4 Agustus 2022   21:17 217 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dalam kalender Hijriyah, hari ini masuk dalam bulan Muharram atau oleh orang Jawa di tempat tinggal penulis disebut dengan "Syuro". Masuknya bulan ini biasanya identik diperingati dengan adanya Jenang Syuro (Jawa:red) yang dibagikan ke setiap rumah tetangga.

Pada bulan ini didalamnya terdapat banyak peristiwa sejarah penting dalam Islam, diantaranya Allah menerima taubat Nabi Adam, Allah menyelamatkan Nabi Musa beserta kaumnya Daru kejaran Fir'aun, dikeluarkannya Nabi Yunus dari perut ikan HUT (paus), Nabi Yunus dibebaskan dari penjara, Allah menyembuhkan Nabi Ya'kub dan Nabi Ayub dari penyakit, diselamatkannya Nabi Ibrahim dari api, Allah memberi kerajaan kepada Nabi Sulaiman, hari pertama kali Allah menciptakan dunia, hari pertama kali Allah menurunkan rahmat ke bumi, hari pertama kali Allah menurunkan hujan. Di bulan ini juga terjadi peristiwa duka yakni peristiwa dibunuhnya cucu Baginda Nabi Muhammad atau biasa disebut peristiwa Karbala.

Dengan berbagai sejarah besar yang telah Allah tetapkan di bulan Muharram ini,  Rasulullah menganjurkan pada ummatnya untuk memperbanyak melakukan amal baik seperti puasa, sadaqah dan yang lainnya seperti yang tertera dalam hadis-hadis Nabi. 

Selain itu , di bulan Muharram ini juga juga identik dengan kedatangan para jamaah Haji yang telah usai melaksanakan Hajinya.

Dengan masuknya tahun baru ini semoga kita semua menjadi insan yang lebih baik kedepannya.

(Dari beberapa sumber)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan