Mohon tunggu...
Muhammad Nidhal
Muhammad Nidhal Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis medioker
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pengamat, pembaca, dan (calon) penulis. Bercita-cita membuahkan karya tulis yang bisa mengubah hidup banyak orang ke arah yang positif. #PeaceLoveUnity

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Laporan IMF: Diproyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Uzbekistan pada 2021

24 Februari 2021   20:32 Diperbarui: 24 Februari 2021   20:38 410
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Lambang Dana Moneter Internasional (IMF) di Kantor Pusat|Sumber gambar, https://akipress.com/

Dilansir dari Dunyo IA, tim staf Dana Moneter Internasional (IMF) yang dipimpin oleh Ron van Rooden melakukan misi jarak jauh dari 25 Januari hingga 16 Februari 2021 dalam rangka konsultasi Pasal IV 2021 dengan Uzbekistan.

Pada akhir misi, Mr. van Rooden mengeluarkan pernyataan berikut:

Perkembangan, Pandangan, dan Risiko Terkini

1. Pandemi COVID-19 telah berdampak -- tetapi sejauh ini relatif berumur pendek -- buruk pada ekonomi Uzbekistan. Meskipun pandemi menghantam ekonomi dengan keras pada paruh pertama 2020 dan menimbulkan kesulitan yang cukup besar, resesi dikendalikan oleh langkah-langkah pembendungan dan dukungan yang kuat serta tepat waktu.

Hal ini termasuk respons kesehatan masyarakat yang efektif dan penyebaran serangkaian langkah fiskal, moneter, dan keuangan, yang dimungkinkan oleh penyangga penting karena kebijakan makro-ekonomi yang bijaksana di tahun-tahun sebelumnya, dan terima kasih juga untuk dukungan internasional yang cukup besar. 

Reaksi kebijakan yang kuat ini memungkinkan melambung tajam dalam aktivitas pada paruh kedua tahun ini, sementara sektor pertanian dan konstruksi menunjukkan ketahanan sepanjang tahun. 

Hal ini mengakibatkan Uzbekistan berada di antara beberapa negara yang membukukan pertumbuhan keseluruhan positif pada 2020, pada tingkat 1,6 persen, meskipun ini masih sekitar 4 poin persentase lebih sedikit dari tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan sebelum pandemi.

2. Paket dukungan besar dari pihak berwenang sampai dengan tepat waktu dan tepat sasaran. Anggaran 2020 yang telah diubah termasuk pengeluaran tambahan yang cukup besar untuk perawatan kesehatan, bantuan sosial dan investasi, serta dukungan untuk bisnis, termasuk melalui keringanan pajak dan dukungan keuangan. 

Penyerapan aktual kurang dari yang diharapkan, sebagian mencerminkan perubahan aktivitas yang lebih cepat dari yang diharapkan, serta beberapa keterlambatan dalam pengeluaran investasi, yang mengakibatkan defisit fiskal keseluruhan sekitar 4.5 persen dari PDB pada tahun 2020, atau sekitar 2.5 poin persentase kurang dari yang dipertimbangkan dalam anggaran yang diubah. 

Bank Sentral Uzbekistan (CBU) menurunkan suku bunga kebijakannya dan memberikan tambahan likuiditas kepada perbankan, sehingga mendukung likuiditas dan kredit secara keseluruhan. Bank didorong untuk memungkinkan perusahaan dan rumah tangga untuk menunda pembayaran pinjaman, memberikan keringanan keuangan yang cukup besar. 

Inflasi terus turun, meskipun harga pangan yang lebih tinggi menjaga inflasi secara keseluruhan dalam digit ganda yang rendah, mengakhiri tahun hanya di atas 11 persen.

3. Pertumbuhan diperkirakan akan meningkat lebih lanjut pada tahun 2021, tetapi tingkat ketidakpastian tetap tinggi dan pemulihan akan tergantung terutama pada peluncuran vaksin. 

Dengan diluncurkannya vaksin secara global, pemulihan pertumbuhan mitra dagang yang diharapkan, dan membangun pemulihan domestik pada paruh kedua 2020, ekonomi diproyeksikan akan tumbuh sekitar 5 persen pada tahun 2021. 

Pemulihan dapat ditunda, namun, oleh kebangkitan infeksi, peluncuran vaksin yang lebih lambat dari yang diharapkan, atau kemungkinan langkah-langkah penahanan baru, serta pertumbuhan yang lebih lambat di mitra dagang utama Uzbekistan dan fluktuasi harga komoditas, terutama harga emas. 

Mengingat kendala pendanaan saat ini dari program COVAX Organisasi Kesehatan Dunia, pihak berwenang juga bertujuan untuk mengamankan vaksin dari sumber lain.

Kebijakan Fiskal

4. Pemulihan juga akan bergantung pada kebijakan ekonomi yang berkelanjutan untuk melindungi kehidupan, mendukung pertumbuhan, dan mengurangi jaringan parut ekonomi dari pandemi. Tidak ada waktu untuk membiarkan. 

Anggaran 2021 secara tepat mempertahankan sikap kebijakan fiskal yang akomodatif, memungkinkan defisit fiskal secara keseluruhan hingga 5.5 persen dari PDB, termasuk dengan memastikan bahwa sistem perawatan kesehatan dan pembelian serta distribusi vaksin memiliki sumber daya yang memadai, sementara bantuan sosial semakin diperluas. 

Kenaikan upah untuk mengejar inflasi yang sempat tertunda pada 2020 juga akan membantu mendukung permintaan. Apabila risiko sisi negatif terwujud, dukungan tambahan akan dijamin. 

Terutama, ada ruang untuk memperluas dukungan fiskal lebih lanjut, dengan meningkatkan transfer yang ditargetkan ke rumah tangga yang rentan dan perusahaan yang layak dan mempercepat rencana investasi publik. Karena pengangguran dan kemiskinan telah meningkat disebabkan pandemi, perlu adanya perluasan cakupan jaring pengaman sosial, sambil meningkatkan penargetannya.

5. Defisit anggaran yang lebih tinggi tahun ini dapat diimbangi dengan konsolidasi fiskal secara bertahap pada tahun-tahun berikutnya. Meskipun publik dan utang yang dijamin publik masih berada pada level yang relatif moderat, utang tersebut mencapai hampir 38 persen dari PDB pada akhir 2020, hampir dua kali lipat dari level beberapa tahun lalu. Rencana pemerintah untuk bergerak menuju kerangka kerja fiskal jangka menengah berbasis aturan dipersilakan. Dengan secara bertahap menurunkan defisit secara keseluruhan menjadi sekitar 2 persen dari PDB di tahun-tahun mendatang, sejalan dengan komitmen pihak berwenang, utang publik harus tetap berkelanjutan. Penyangga cadangan internasional yang ada dan risiko perputaran yang rendah memitigasi potensi risiko tekanan utang. Ketika pemulihan berlangsung dengan kuat, sumber daya dapat dibebaskan untuk berinvestasi dalam sumber daya manusia dan infrastruktur untuk membantu mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Pada saat yang sama, pihak berwenang harus hati-hati mengelola pinjaman eksternal, terutama dengan memperkuat prosedur untuk memprioritaskan proyek modal, dengan membuat satu pipa proyek yang bernilai dan memastikan integrasi penuh mereka dalam proses anggaran. Demikian pula, pihak berwenang harus meningkatkan penilaian risiko fiskal, termasuk dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan kemitraan publik-swasta.

Kebijakan Moneter dan Keuangan

6. Pendirian dari kebijakan moneter CBU tetap tepat. Kebijakan moneter harus terus difokuskan untuk mengurangi inflasi lebih lanjut, sekaligus memungkinkan fleksibilitas nilai tukar, untuk lebih membangun kredibilitas dan mengarahkan ekspektasi inflasi dengan lebih baik. 

Berdasarkan kebijakan saat ini, inflasi diproyeksikan akan terus menurun secara bertahap, menjadi hanya di bawah 10 persen pada akhir 2021. CBU telah melakukan perbaikan besar dalam kerangka kebijakan moneter dan operasinya, tetapi transmisi kebijakan tetap terkendala oleh tingkat intermediasi keuangan yang rendah, terutama rendahnya pangsa simpanan swasta dalam pendanaan bank, dan tingkat dolarisasi yang tinggi. 

Kebijakan moneter yang terus sehat dan reformasi sektor keuangan lebih lanjut, sambil terus menjaga independensi bank sentral, tetap diperlukan untuk memperkuat kepercayaan terhadap mata uang nasional dan sistem perbankan. Suku bunga kredit harus sepenuhnya ditentukan pasar, dengan pinjaman dengan suku bunga istimewa diganti dengan subsidi untuk kegiatan yang ingin didukung oleh pihak berwenang.

7. CBU harus memonitor dengan cermat sistem perbankan, karena dampak penuh dari pandemi terhadap kesehatan keuangannya kemungkinan belum dapat diamati. 

Bank memasuki krisis dengan penyangga modal yang relatif kuat tetapi CBU sepatutnya menginstruksikan bank untuk menahan diri dari membayar dividen. Saat pandemi surut dan penangguhan pinjaman dihapuskan, tinjauan kualitas aset pihak ketiga yang komprehensif dan stress test perlu dilakukan dan kerugian pinjaman diakui.

 Risiko juga dapat timbul dari tingginya pertumbuhan kredit dalam beberapa tahun terakhir yang dibiayai bank terutama melalui pendanaan grosir dan sebagian besar dalam mata uang asing. 

Selain itu, portofolio pinjaman menunjukkan konsentrasi tinggi dan risiko mata uang asing, dengan eksposur terbesar terutama ke BUMN. Pengawasan perlu diperkuat lebih lanjut, sementara rencana adopsi undang-undang resolusi bank baru dan amandemen undang-undang perlindungan deposito akan meningkatkan kemampuan CBU untuk menangani kesulitan sektor perbankan.

Reformasi Struktural

8. Pihak berwenang tidak hanya menghadapi tantangan untuk mendukung pemulihan, tetapi juga melanjutkan transformasi Uzbekistan ke ekonomi pasar modern. Uzbekistan telah membuat kemajuan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir dalam menerapkan reformasi ambisius. 

Tahap pertama terutama berfokus pada peningkatan manajemen makro-ekonomi secara keseluruhan, dengan harga, devisa, dan liberalisasi perdagangan, dan perbaikan besar dalam kerangka kebijakan fiskal dan moneter. 

Agenda reformasi masih besar, akan tetapi laju reformasi pasti melambat karena dampak pandemi pada kapasitas administrasi.

9. Implementasi reformasi struktural perlu dipercepat untuk meletakkan dasar bagi pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, dan lebih inklusif. Pihak berwenang mengakui hal ini, seperti yang disorot juga dalam amanat Tahun Baru Presiden ke parlemen. 

Fase reformasi berikutnya, sebagaimana terletak juga dalam amanat Presiden, perlu fokus pada pengurangan peran besar negara dalam perekonomian dan menciptakan sektor swasta yang bersemangat dan tangguh. 

Reformasi ini akan membutuhkan persiapan dan urutan yang cermat, dengan bantuan berkelanjutan dari Lembaga Keuangan Internasional dan penasihat lainnya. Implementasi tepat waktu dari reformasi ini penting karena banyak darinya mungkin membutuhkan waktu untuk membuahkan hasil.

10. Meningkatkan insentif, institusi, dan masukan adalah kunci untuk menciptakan sektor swasta yang nyaman dan menarik lebih banyak investasi swasta:

Untuk memperkuat insentif, pihak berwenang harus maju dengan membuka pasar, meningkatkan persaingan, dan memungkinkan harga ditentukan oleh kekuatan pasar untuk memastikan alokasi sumber daya yang efisien.

 Ini adalah area di mana kemajuan dapat dibuat relatif cepat dan di mana pengalaman internasional menunjukkan bahwa hasilnya bisa substansial. Termasuk menghapus sisa hambatan untuk masuk pasar dan menghilangkan tarif, pajak, dan keistimewaan lain yang terutama dinikmati BUMN. 

Pasar pengadaan yang terbuka dan kompetitif penting untuk efisiensi pengeluaran pemerintah. Merampingkan peraturan bisnis dan, yang penting, meningkatkan prediksi dan stabilitas mereka diperlukan, karena perubahan yang terus menerus dan sementara dapat menghalangi investor.

 Rencana pendirian pasar grosir untuk gas alam dan listrik akan menjadi langkah besar menuju harga energi yang efisien dan menghilangkan subsidi implisit yang besar tetapi tidak tepat sasaran. 

Untuk melindungi rumah tangga yang rentan, bagaimanapun, menaikkan tarif energi rumah tangga harus berjalan seiring dengan memperluas jaring pengaman sosial. 

Dimulainya kembali proses penambahan WTO dan peningkatan akses Uzbekistan ke pasar Uni Eropa (EU) akan mempromosikan integrasi perdagangan dan menguntungkan bisnis dan konsumen Uzbekistan.

Persaingan juga akan ditingkatkan dengan rencana reformasi besar-besaran pada sektor BUMN. Keputusan presiden tahun lalu menetapkan agenda ambisius untuk reformasi dan divestasi hampir 3.000 BUMN. 

Pemerintah sudah mulai melakukan divestasi saham minoritas dan aset yang lebih kecil melalui platform online dan bertujuan untuk memprivatisasi beberapa BUMN yang lebih besar tahun ini. 

Adopsi undang-undang privatisasi baru akan membantu meningkatkan kerangka hukum untuk menjual perusahaan yang lebih besar. Pemerintah harus terus mempekerjakan penasihat-penasihat terkemuka untuk membantu menarik investor strategis bagi perusahaan yang akan tetap (sebagian besar) di tangan negara serta menyiapkan BUMN lain yang lebih besar untuk dijual melalui proses terbuka dan transparan. 

Undang-undang kepemilikan negara yang baru akan membantu mendefinisikan prinsip kepemilikan dengan lebih baik bagi perusahaan yang akan tetap berada di tangan negara. Sementara itu, pemerintah harus fokus pada perbaikan tata kelola dan pelaporan keuangan BUMN besar dan menempatkan mereka lebih pada panjang senjata dari pemerintah. Membatasi jaminan pemerintah untuk BUMN akan membantu menanamkan disiplin keuangan yang lebih besar.

Institusi yang meningkatkan mengharuskan menciptakan lapangan tanding/bermain yang rata untuk bisnis yang diatur dengan baik sejalan dengan praktik terbaik internasional, dan di mana hak properti dilindungi dengan baik dan kontrak dapat ditegakkan. 

Komite Antimonopoli harus lebih meningkatkan upayanya untuk memecah monopoli dan menghapus distorsi lainnya. Regulator sektor energi independen perlu dibentuk untuk menetapkan dan menyesuaikan tarif sampai ini dapat menjadi sepenuhnya ditentukan pasar. 

Selain itu, pihak berwenang harus terus memperbaiki tata kelola dan memastikan kepatuhan yang ketat terhadap aturan hukum. Pihak berwenang telah memulai reformasi sistem peradilan yang jauh, yang bertujuan untuk memperkuat independensi dan integritas peradilan. 

Langkah-langkah utama perlu difokuskan pada penguatan independensi Dewan Peradilan Agung dan prosedur pemilihan kandidat ke kantor peradilan, serta organisasi pengadilan. Lembaga Antikorupsi bertugas menyelidiki kemungkinan korupsi, tetapi keberhasilan dalam menanggulangi korupsi juga akan tergantung pada penuntutan dan ajudikasi yang adil dan kredibel. 

Skema deklarasi aset dan pendapatan yang direncanakan akan membantu mendeteksi korupsi tetapi harus terus dikelola, dengan berfokus pada pejabat senior, dan dibuat efektif melalui peningkatan transparansi. 

Demikian pula membangun peningkatan transparansi pengeluaran terkait pandemi, rencana pembuatan platform online untuk semua pengadaan publik juga akan meningkatkan transparansi dan akan menjadi langkah besar dalam mengurangi peluang korupsi. 

Dalam hal ini, adalah penting bagi portal memberikan informasi utama tentang kontrak yang diberikan dan pemilik manfaat dari perusahaan yang mendapatkannya. Pendaftaran bisnis harus ditingkatkan untuk memastikan bahwa mereka berisi informasi yang akurat dan terbaru tentang pemilik manfaat utama perusahaan. 

Secara lebih luas, digitalisasi layanan pemerintah yang sedang berlangsung, termasuk pajak dan bea cukai, akan meningkatkan efisiensi dan semakin mengurangi peluang korupsi.

Meningkatkan akses masukan juga penting. Bisnis telah mencatat terbatasnya akses ke sumber daya, seperti keuangan, tanah, energi, dan tenaga kerja yang berkualitas sebagai kendala. 

Area utama yang dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan yang lebih kuat adalah meningkatkan akses ke keuangan, dengan memajukan reformasi sektor keuangan, termasuk upaya untuk meningkatkan tata kelola bank milik negara dan untuk divestasi sebagian besar dari ini. 

Reformasi ini akan membantu menciptakan sistem perbankan yang sehat dan kompetitif yang dapat secara efisien memfasilitasi perantara keuangan. Meningkatkan hak penguasaan lahan dan menjadikannya dapat diperdagangkan, diperlukan untuk membantu meningkatkan investasi, dengan demikian terjadi produktivitas di bidang pertanian. 

Pihak berwenang juga sepatutnya fokus pada investasi dalam sumber daya manusia, dalam perawatan kesehatan dan pendidikan, terutama pendidikan tinggi, yang, bersama dengan upaya untuk meningkatkan efisiensi pengeluaran masyarakat, akan meningkatkan keterampilan tenaga kerja dan membantu mencapai SDGs. Investasi tambahan juga diperlukan untuk mengatasi hambatan dalam infrastruktur dan sektor energi, termasuk untuk meningkatkan efisiensinya.

11. Keberhasilan pelaksanaan agenda reformasi akan membutuhkan penentuan yang teguh dari pihak berwenang, sekaligus dukungan berkelanjutan dari komunitas internasional. IMF siap untuk terus mendukung Uzbekistan dalam upaya ini dengan saran kebijakan, bantuan teknis, dan bantuan keuangan jika diperlukan.

Misi ini mengucapkan terima kasih kepada pihak berwenang Uzbekistan atas kolaborasi yang erat dan menyampaikan apresiasinya atas diskusi yang jujur dan penuh wawasan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun