Mohon tunggu...
Muhibuddin Aifa
Muhibuddin Aifa Mohon Tunggu... Wiraswasta

Jika Membaca dan Menulis adalah Cara yang paling mujarab dalam merawat Nalar, Maka Kuliah Adalah Pelengkapnya.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Prabowo-Anies Pasangan Ideal pada Pilpres 2024

24 September 2020   10:16 Diperbarui: 24 September 2020   10:24 259 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Prabowo-Anies Pasangan Ideal pada Pilpres 2024
Sumber Foto : republika.co.id

Melirik pada dua tokoh politik yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan yang saat ini sedang menduduki posisi penting dalam pemerintahan. Menjadikan kedua tokoh tersebut seperti magnet yang selalu menjadi daya tarik bagi wartawan dan pengamat politik untuk menulis dan menerka tentang arah politik mereka.

Jika kedua tokoh tersebut dipasangkan pada pilpres mendatang, maka akan memberi nuansa tersendiri bagi para pemilih. Ini sangat memungkinkan untuk dipasangkan, mengingat keberadaan Anies sebagai penguasa DKI Jakarta dan Prabowo sebagai menteri pertahanan sekaligus ketua umum partai Gerindra. Sebagaimana kita ketahui bahwa saat partai tersebut menduduki peringkat kedua terbanyak suara di parlemen.

Jauh dari itu, sepak terjang Anies tidak hanya dikenal sebagai politikus semata, namun Anies juga dikenal sebagai akademisi yang memiliki ragam prestasi. Secara derajat keilmuan beliau juga memiliki titel dengan khasta tertinggi yaitu Profesor, tapi karena dalam aturannya, jika seorang professor maju sebagai calon kandidat dalam pemilu, maka ia harus rela menanggalkan gelar profesornya.

Sementara Prabowo juga tidak kalah dengan Anies dari segi pencapaiannya, mengawali karir sebagai militer yang memiliki keberanian dan sifat kasatria yang tinggi. Mampu menempatkannya pada posisi penting sebagai Panglima Kosrad yang membawi sebelas ribu pasukan cadangan ABRI kala itu, dengan pangkat bintang tiga dipundaknya.

Melihat pada keberhasilan dua tokoh tersebut, nampaknya tidaklah berlebihan jika kita mencoba beradai-andai kalau kedua pasangan tersebut layak maju di kontestan presiden 2024. 

Menurut analisis saya yang masih mimim pengetahuan dalam percaturan politik, Prabowo dan Anies adalah Pasangan yang saling melengkapi satu sama lain.

Peluang Prabowo-Anies

Menurut survey yang dilakukan oleh Indo Barometer tentang elektabilitas capres 2024, yang dilakukan dari tanggal 9 s.d 15 Januari 2020. Merilis hasil yang menempatkan Prabowo pada posisi teratas dengan elektabilas 22,5 persen. Selanjutnya dikuti oleh Anies Baswedan 14,3 persen, lalu Sandiaga Uno 8,1 persen, Ganjar Pranowo 7,7 persen serta Tri Rismaharini 6,8 persen. (cnnindonesia.com)  

Berdasarkan survey tersebut, pasangan Prabowo-Anies, punya kemungkinan menjadi pasangan yang ideal dalam pilpres mendatang. Mengingat hasil dalam berbagai survey keduanya berada pada posisi yang sangat menggairahkan.

Selain itu Anies dikenal sebagai politikus yang memiliki personal branding yang baik, apa lagi sosok Anies saat ini masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. Begitupun dengan Prabowo yang dinilai punya kinerja yang baik sebagai menteri pertahanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x