Mohon tunggu...
M. Jojo Rahardjo
M. Jojo Rahardjo Mohon Tunggu... Penulis - Maksimalkan fungsi otak hanya dalam hitungan hari.

Pakar neuroscience mendefinisikan positivity: "Sebuah kondisi di otak di mana otak bekerja maksimal, sehingga otak lebih cerdas, kreatif, inovatif, analitis, mampu memecahkan masalah, tahan terhadap tekanan dan mudah lepas dari depresi, fisik lebih segar, immune system membaik, dan lebih cenderung berbuat kebajikan". ______________________________________________________________________________ Tulisan M. Jojo Rahardjo tentang positivity atau positive psychology bisa dibaca juga di website "Membangun Positivity".

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Belajar tentang Otak dan Fungsinya secara Online?

20 Januari 2022   18:13 Diperbarui: 31 Januari 2022   18:52 106 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar: Dokumentasi KMP

Pasti pernah dengar kata motivator, yaitu orang yang dianggap memiliki kemampuan berlebih dalam memberi motivasi, sehingga orang yang mendengarkan motivator menjadi pribadi yang lebih baik.

Pasti juga pernah mendengar kata pengembangan mindset, atau materi yang diberikan oleh perusahaan training tentang cara merubah mindset dari yang buruk kepada mindset yang memberi benefit. Kata mereka: perubahan mindset bisa membawa kita pada prestasi besar atau produktivitas yang tinggi dan menjadi pribadi yang baik.

Mereka itu sering banget ngomong, misalnya: berpikirlah positif, buang amarah, jangan terganggu dengan apa kata orang, jangn cemas, fokus pada hal yang paling penting saja, dan lain-lain. Bahkan mereka juga bilang: jangan mudah panik.

Semua itu sangat mudah diucapkan atau disampaikan kepada peserta training. Namun apakah itu efektif dalam memberi hasil?

Apakah bisa meminta orang yang sedang panik untuk tidak panik? Tentu tidak bisa, karena panik itu bukan pilihan, karena panik adalah sebuah kondisi di otak yang sedang menurun fungsinya. Mengatakan: "jangan panik!", sama dengan mengatakan: "berfungsilah dengan baik, wahai otak!" Jelas itu tidak mungkin.

Demikian juga dengan berpikir positif yang juga sebuah sikap hidup yang dihasilkan saat otak berfungsi dengan baik.

==o==

Tiga dekade terakhir ada sains yang berkembang pesat, yaitu neuroscience & positive psychology. Sains ini giat melakukan riset seputar fungsi otak dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan, seperti produktivitas, kecerdasan, kemampuan menemukan solusi, ketangguhan dalam situasi sulit, kesehatan tubuh, hingga kecenderungan pada kebajikan.

Sains yang baru ini yang menemukan, bahwa saat otak dalam kondisi tidak berfungsi maksimal, maka kita akan cenderung untuk mudah panik, tidak cenderung pada pikiran positif, cenderung pada agresi yang merugikan orang lain, gampang terganggu dengan apa yang dilakukan orang lain, mudah marah, mudah cemas, dan lain-lain.

Namun mesti diingat 3 point penting ini:

1. Bukan berarti kita memiliki cara yang amat instant untuk memiliki berbagai kelebihan. Tentu saja dibutuhkan pemahaman mendasar terlebih dahulu tentang apa itu otak dan fungsinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan