Mohon tunggu...
M. Jojo Rahardjo
M. Jojo Rahardjo Mohon Tunggu... Maksimalkan fungsi otak hanya dalam hitungan hari.

Pakar neuroscience mendefinisikan positivity: "Sebuah kondisi di otak di mana otak bekerja maksimal, sehingga otak lebih cerdas, kreatif, inovatif, analitis, mampu memecahkan masalah, tahan terhadap tekanan dan mudah lepas dari depresi, fisik lebih segar, immune system membaik, dan lebih cenderung berbuat kebajikan". ______________________________________________________________________________ Tulisan M. Jojo Rahardjo tentang positivity atau positive psychology bisa dibaca juga di website "Membangun Positivity".

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tantangan Hidup di Zaman Digital? Apa Saja?

8 Juni 2021   17:29 Diperbarui: 3 Juli 2021   13:50 130 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tantangan Hidup di Zaman Digital? Apa Saja?
Gambar: Komunitas Membangun Positivity (Jalani hidup sesekali tanpa semua peralatan zaman digital yang kita miliki)

Zaman digital memberi kita banyak kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Namun zaman digital juga memberi kita pemicu stres baru sebagaimana diungkapkan dari beberapa riset sains.

Apa saja pemicu stres di zaman digital itu? Lalu apa saja cara untuk menurunkan tingkat stres? Jika tidak kita atasi stres itu (yang sering kita anggap sepele), maka penurunan apa yang akan terjadi pada kita?

Secara singkat stres menurunkan kesehatan tubuh dan mental kita, dan tentu saja menurunkan fungsi otak kita. Itu semua bakal menurunkan produktivitas, kecerdasan, kemampuan membuat solusi, kreativitas, inovasi. Bahkan juga menurunkan kecenderungan kita pada altruism dan spiritualism.

==o==

Hidup tak selalu berjalan mulus atau selalu terus menuju target yang telah kita tetapkan. Sebagaimana yang sedang kita alami bersama, tiba-tiba pandemi terjadi. Atau tiba-tiba salah satu anggota keluarga kita menderita sakit yang membutuhkan perhatian, energi, waktu, bahkan biaya yang besar dari anggota keluarga yang lain. Masih banyak lagi peristiwa negatif atau tantangan hidup yang besar terjadi tanpa kita perkirakan atau duga.

Semua itu jika terjadi pasti akan menyumbang negativity yang cukup besar atau stres. Sayangnya kebanyakan dari kita cenderung membantah bisa dihantam stres atau mengabaikannya karena beberapa alasan. Padahal kita patut tahu, bahwa stres amat tak menguntungkan untuk kesehatan tubuh kita, juga kesehatan mental kita, sehingga akan mempengaruhi produktivitas, kecerdasan, kreativitas, inovasi, kemampuan memecahkan masalah, dan lain-lain.

Tanpa tantangan hidup yang besar seperti itu pun sebenarnya hidup kita sehari-hari sudah harus menghadapi berbagai tantangan hidup lain. Meski hanya tantangan hidup yang kecil atau tak terlalu kita rasakan, namun cukup menyumbang negativity hingga bisa bertumpuk.

ZAMAN DIGITAL DAN BENEFITNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Kita hidup di zaman digital yang memberi banyak sisi positif dalam kehidupan kita:
1. Memberi banyak kemudahan dalam menjalani hidup sehari-hari. Bahkan kasus kelaparan atau kemiskinan semakin hari semakin sedikit di dunia.
2. Menghasilkan beberapa peluang hidup baru yang positif, sehingga lebih mudah menaikkan taraf hidup masyarakat.
3. Ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang lebih cepat tersebar, sehingga lebih banyak orang di seluruh permukaan bumi ini bisa menikmati benefitnya.
4. Lebih banyak lagi orang yang terlibat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga peradaban manusia berkembang cepat sekali.
5. Sains seputar kesehatan mental, atau happiness, atau positivity semakin berkembang, sehingga lebih mudah bagi masyarakat untuk mengenyam kualitas kehidupan yang lebih baik.

TANTANGAN (HAMBATAN HIDUP) YANG DIBERIKAN OLEH ZAMAN DIGITAL

Meski ada banyak sisi positif dari zaman digital ini seperti yang disebut di atas, namun sebenarnya kita juga harus menghadapi sisi negatifnya, yaitu munculnya lebih banyak pemicu stres di zaman ini:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN