Mohon tunggu...
Mita Rahayu
Mita Rahayu Mohon Tunggu... Mahasiswi

Insyaallah bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ragam Bahasa Ciri Khas Kita

6 November 2020   21:12 Diperbarui: 7 November 2020   09:48 166 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ragam Bahasa Ciri Khas Kita
bureauworks.com

Ragam bahasa didunia tidak terhitung jumlahnya. Terdapat 70.000 lebih bahasa yang digunakan didunia. Bahasa-bahasa ini digunakan pada setiap negara bahkan setiap daerah. Setiap tempat pasti memiliki ciri khas sendiri dalam segi kebahasaan yang mereka gunakan untuk berkomunikasi. Bahasa ini digunakan dan sudah ditetapkan untuk daerah tersebut sebagai bahasa untuk mereka berkomunikasi. Bahkan dari beberapa negara bahasanya banyak digunakan oleh negara lain dan dipelajari. Seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Thailand dan sekarang yang sedang banyak dipelajari yaitu bahasa Korea.

Untuk bahasa didunia sendiri belum diketahui asal muasal awal mula terbentuknya bahasa dari mana. Sejarah ini masih menjadi misteri bagi para ilmuan dunia. Sejarah bahasa sendiri masih terjadi simpang siur dalam penyampaian asal muasalnya. Ada yang mengatakan asal bahasa berasal dari daerah A ada pula yang mengatakan dari daerah B. Yang kemudian bahasa tersebut di sebarkan dan dikembangkan oleh penduduknya yang berkelana ke daerah lain dan kemudian melakukan pengembangan dari bahasa yang awalnya dipakainya.

Maka dari itu bahasa dunia beragam pengucapannya, sebab bahasa tersebut telah mengalami perkembangan dan perubahan yang dilakukan oleh nenek moyang t erdahulu. Saat ini pula bahasa masih mengalami perkembangan dan perbaikan pada beberapa daerah. Bahasa yang digunakan saat ini pung mengalami banyak perubahan, baik didunia maupun didaerah. Bahasa ini seolah mengikuti perkembangan zaman untuk terus berkembang seperti teknologi yang harus selalu berpacu dengan zaman.

Di Indonesia sendiri bahasa terdapat ratusan jumlahnya. Hal ini dikarenakan Indonesia adalah negara kepulauan yang otomatis memiliki bahasa sesuai daerahnya masing-masing. Bahasa Indonesia sendiri terdapat 718 bahasa daerah dan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Ragam bahasa pada setiap daerah inilah yang menjadikan Indonesia memiliki ciri khas yaitu negara dengan bahasa yang banyak. Bukan Hanya pulau saja yang banyak di Indonesia tetapi kepulauan pun banyak di Indonesia. 

Untuk bahasa daerah yang banyak digunakan di Indonesia adalah bahasa Jawa. Hal ini dikarenakan jumlah penduduk pada pulau Jawa banyak jumlahnya. Jumlah penduduk pada suatu daerah mempengaruhi jumlah penggunaan bahasa tersebut. Untuk bahasa kedua yang banyak dipakai selanjutnya yaitu sunda yang masih terdapt di pulau jawa juga namun bagian barat. Bahasa ketiga yang banyak digunakan selanjutnya yaitu bahasa Melayu. Hal ini dikarenakan beberapa daerah di Sumatera menggunakan bahasa melayu seperti Riau, Jambi dan beberapa daerah lagi. Ketiga bahasa inilah yang menduduki puncak 3 besar dalam penggunaan bahasa daerah terbanyak di Indonesia.

Nama : Mita Rahayu

NIM : 2240020076

Prodi : D4 Analis Kesehatan

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x