Mohon tunggu...
Money

Bisnis Kosmetik dan Skincare Korea Selatan

1 Juni 2018   23:48 Diperbarui: 2 Juni 2018   00:21 25811
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tangkapan Layar Profil Instagram

Produk kosmetik dan skincare semakin banyak diminati oleh banyak kaum wanita, dimulai dari awal tahun 2017 semakin meningkatnya minat terhadap kosmetik & skincare dan keinginan wanita yang selalu ingin merawat dan mempercantik diri, dengan hal tersebut membuat saya terdorong untuk melakukan bisnis di bidang ini, selain memiliki potensi yang baik dan juga saya memiliki minat di industri ini. 

Saya merencanakan untuk membangun bisnis kosmetik dan juga skincare, target customer terbesar saya adalah wanita, tidak menutup kemungkinan saya akan membidik pria sebagai target customer saya. Saya merasa saat ini adalah berbisnis di bidang kosmetik adalah peluang yang sangat baik. Karena hal tersebut di bulan Oktober 2017 saya mendirikan bisnis kosmetik saya sendiri dengan nama Alune.beaute, saya sebagai owner tunggal Alune Beaute.

Awal mula bisnis, saya masih mencoba sebagai reseller di beberapa supplier, dan setelah beberapa bulan berjalan nya bisnis, saya memberankan diri untuk melakukan pembelian barang di Kuala Lumpur untuk beberapa produk tertentu yang tidak dijual di Indonesia dengan sistem Pre Order, saya melakukan pembelian barang sebanyak 1 -- 2 kali dalam sebulan, yang berarti saya telah menjadi first seller di Indonesia dalam menjual beberapa produk kosmetik tersebut.

Tangkapan Layar Profil Instagram
Tangkapan Layar Profil Instagram
Dari awal bisnis saya dibangun hingga saat ini saya sudah memiliki 2 orang karyawan dalam membantu bisnis saya, dan saya memiliki sejumlah 12.400 follower di Instagram, dan 2000 follower di Shopee dan pada bulan April saya di nominasikan menjadi Star Seller di Shopee. 

Setelah 8 bulan menjalani bisnis dalam industri ini, saya melihat peluang mendapatkan keuntungan semakin besar, maka dari itu saya memiliki rencana untuk melakukan penjualan kosmetik dalam jumlah lebih besar lagi, yang pada saat ini saya masih menjual beberapa produk saja, jadi saya ingin mengembangkan bisnis saya lagi menjadi bisnis yang lebih besar lagi.

 Saat ini saya berencana menjadikan Alune Beaute menjadi One Stop Shopping seller, sehingga customer akan merasa puas dan loyal terhadap Alune, tanpa perlu mencari seller lain untuk membeli barang yang mereka inginkan.

Tangkapan Layar Profil Instagram
Tangkapan Layar Profil Instagram
Saya ingin melakukan proses impor produk kosmetik langsung dari Korea Selatan, sehingga saya akan mendapatkan harga yang termurah sehingga saya bisa menjadi firsthand seller dan mendapatkan profit yang lebih besar. Produk kosmetik dari Korea sangatlah banyak dan banyak juga dari kaum wanita yang menyukai nya. 

Beberapa contoh produk nya adalah Etude House, Natural Pasific, Nature Republic, Laneige, Innisfree dll. Hingga saat ini saya telah mendapatkan beberapa kontak supplier komsetik & skincare asal Korea Selatan dan mendapatkan pricelist khusus untuk harga reseller , selain itu dalam hal impor barang pasti ada erat kaitan nya dengan Custom (bea cukai), selain mendapatkan kontak supplier, saat ini saya sudah mendapatkan rekan yang dapat membantu saya untuk menjelaskan proses impor hingga membayar pajak yang terhutang bagi saya ketika proses impor dilakukan.  

Permasalahan yang akan dihadapi yang pertama adalah proses pengiriman impor / delivery barang terutama kosmetik ke Indonesia, pada umumnya membutuhkan proses yang tidak mudah, pertama karena pengecekkan terhadap barang tersebut, apakah kosmetik tersebut adalah produk yang aman atau tidak, apakah sudah terdaftar di BPOM atau tidak, lalu kemungkinan adanya masalah dengan Custom yang sedang redline, atau penahanan barang oleh custom, sehingga membuat barang yang telah di order terlambat sampai, yang nanti nya akan berdampak pada penjualan

Permasalah yang yang kedua adalah kompetitor, karena meningkatnya kebutuhan dan minat terhadap kosmetik & skincare, membuat para pengusaha mencoba untuk mencoba industri ini.

BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

1. CUSTOMER

Customer Alune Beaute bersifat mass market karena siapapun dapat menggunakan menggunakan skincare dan make up, target customer Alune adalah sebagai berikut :

  1. Wanita atau Pria
  2. Tidak ada batasan umur yang spesifik
  3. Domisili di seluruh Indonesia
  4. Customer yang memiliki keinginan untuk merawat diri dan minat terhadap make up dan skincare

2.VALUE PROPORSTION

  1. Alune akan menawarkan one stop shopping, Alune akan menyediakan produk skincare dan makeup yang variatif, sehingga para customer bisa memilih skincare dan makeup yang mereka inginkan dengan brand yang berbeda di bisnis saya.
  2. Alune akan memberikan packaging yang eksklusif menggunakan box dan thankyou card.
  3. Admin chat akan memberikan personal touch serta keramahan ketika menanggapi customer, sehingga para customer dapat berkonsultasi ketika ingin memiliki produk yang diinginkan.

3. CHANNELS

3.1 Product Awareness 

Untuk membuat target customer saya mengetahui produk saya, saya akan melakukan endorsment kepada beauty vlogger / beauty enthusiast yang memiliki engagement yang baik sebagai beauty vlogger

Selain dengan cara endorsement, Alune berencana akan menggunakan advertising promotion di social media, seperti Instagram dan Facebook.

Selain itu customer's posting , setelah customer melakukan pembelian maka customer dapat upload barang tersebut di social media yang mereka punya lalu akan mendapatkan diskon 10% untuk next purchase.

Alune juga berencana untuk mengikuti event dan bazaar

3.2 Evaluation

 Dengan cara, meminta customer untuk mengisi survey pelanggan dengan      cara mengisi kuisioner menggunakan Googledocs, jika sudah mengisi maka akan mendapatkan voucher discount untuk pembelanjaan berikutnya.

3.3. Purchase

 Pelanggan bisa membeli produk Alune melalui media online dan juga e-commerce (instagram, shopee, tokopedia, line@) selain customer dapat bisa membeli produk Alune pada event dan bazaar yang nantinya akan diikuti.

3.4 Delivery

Untuk proses pengiriman produk yang dijual secara online, kami menggunakan jasa ekspedisi seperti SICEPAT atau J&T dalam mengirim produk kami ke customer.

Kami menyiapkan pacakaging dengan kotak berbahan soft carton yang aman sehingga dapat melindungi produk saya yang ada didalamnya

3.5 After Sales Service

Jika adanya keluhan mengenai barang yang di beli dapat menghubungi contact centre email dan nomor telepon

3.6 Marketing

Melalui social media dengan cara adversiting, endorsement, paid promote, selain itu Alune akan menerima reseller dan memberikan harga yang lebih murah jika pembelian dalam jumlah banyak.

4. CUSTOMER RELATIONSHIP

Always connected to social media Instagram, Line@ marketplace (Shopee, Tokopedia). Event and Bazaar. Co Creation. Blast Email, dengan cara mendaftarkan diri dan akan mendapatkan informasi terupdate mengenai Alune Beaute

5. REVENUE

Profit selling penjualan di online (social media dan marketplace). Profit selling penjualan di offline (Event dan bazaar

6. KEY ACTIVITIES

Purchase product ke supplier Korea. Packing (Karyawan). Packaging (Vendor). Custom. Finance. Marketing. Website and social media development. Human Resources. Shipping Service

7. KEY RESOURCES

Human : Importing product (Owner). Packing paket kiriman. Admin Packing / Karyawan. Finance,  Marketing, Website and social media development, Human Resources (Owner/ Miranti). 

Equipment : Handphone / Computer Internet Connection

8. KEY PARTNER

Packaging Vendor (@dresanala). Custom Partner (Ci Cindy). Shipping Service (Mas Ari SICEPAT, Mas Anan J&T). Reseller

9. COST STRUCTURE

tabel
tabel

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun