Mohon tunggu...
Zata Al Dzahabi
Zata Al Dzahabi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis, Content Creator, Podcaster

Introvert yang senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Inilah yang Terjadi Jika Korea Utara & Korea Selatan Bersatu

8 Mei 2024   18:44 Diperbarui: 9 Mei 2024   20:37 317
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: aktualitas.id (ilustrasi bendera Korea Utara & Korea Selatan yang disatukan)

Kata Kim Jong Un

Pemimpin Korea Utara ini berpendapat bahwa persatuan negaranya dengan Korea Selatan bukanlah sebuah pilihan, bahkan perlu mengubah Konstitusi apabila ingin mempersatukan kedua negara ini karena bagi Korea Utara tetanganya adalah musuh utama. 

Dengan kata lain 2 negara Korea ini hampir mustahil untuk bersatu, tapi sekarang mari coba kita bayangkan apa jadinya bila Korea Utara dan Korea Selatan bersatu?. 

Artikel ini akan menampilkan beberapa prediksi tentang hal-hal yang akan terjadi, pada ekonomi dan politik global jika kedua negara ini benar-benar bersatu. 

Persatuan kedua negara Korea ini dapat membuat mereka menjadi negara raksasa bahkan dalam salah satu Jurnal, dikatakan bahwa bersatunya Korea bisa mengalahkan negara-negara maju di Eropa dan Asia seperti Jerman, Perancis, dan Jepang

Gabungan potensi dari kedua negara ini bisa menjadi kekuatan super mereka, kedengarannya hebat kan? Lalu pertanyaannya kenapa mereka tidak mau bersatu?. 

Kolonel Michael Edmonston Penulis Jurnal Air University menjelaskan persatuan Korea Utara dan Korea Selatan, sangat mungkin terjadi jika dilihat dari perspektif budaya. 

Kedua Korea ini memiliki corak kebudayaan yang sama dan dalam studi Ilmu Budaya keduanya selalu menjadi topik yang menarik, perlu diketahui bahwa banyak masyarakat 2 Korea yang mau bersatu. 

Walaupun hal ini mustahil terjadi karena secara Konstitusi mereka sama-sama sepakat bahwa mereka adalah musuh, namun di masa yang akan datang bisa saja ada suatu peristiwa yang membuat keduanya mau mengubah Konstitusi.

Era Kekaisaran Korea

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun