Mohon tunggu...
Rusmin Sopian
Rusmin Sopian Mohon Tunggu... Freelancer - Urang Habang yang tinggal di Toboali, Bangka Selatan.

Urang Habang. Tinggal di Toboali, Bangka Selatan. Twitter @RusminToboali. FB RusminToboali.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Pesan Istimewa untuk Orang Istimewa dari Sahabat Istimewa

23 Agustus 2021   02:25 Diperbarui: 23 Agustus 2021   02:34 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Surya melingkari lembayung yang mulai menguning disela-sela panorama pelangi yang mengornamen bumi. Hiasan yang amat menarik dan tak mampu diungkap dengan narasi dari para pujangga. Sebuah karya besar Sang Maha Pencipta untuk penghuni jagad raya ini. 

Masjon bergegas meninggalkan ruangan kerjanya yang asri sebagai Kepala Daerah pilihan rakyat. Dirinya baru hendak melangkah ke dalam mobil dinasnya, ketika sebuah pesan singkat masuk ke handphone miliknya.
" Selamat Sore Pak Penguasa. Apa kabar rakyatmu," tulis pesan itu.

Dan Masjon hanya menelan ludah usai membaca pesan singkat itu. Dia tahu dan hafal siapa yang menuliskannya. Gaya bahasanya dan diksi kata-katanya selalu membuatnya teringat akan sebuah nama. 

Ya, pengirimnya pasti Kang Emot, sahabat lamanya saat mareka masih berstatus sebagai mahasiswa di perantauan yang selalu memberi motivasi dan spirit baginya untuk sukses. 

Dan Masjon harus kembali menelan ludah saat menghubungi nomor handphone yang mengirimnya pesan karena dari sana terdengar suara perempuan cantik bersuara merdu yang menarasikan bahwa nomor yang  hubungi tidak dapat menerima panggilan suara.

Siang itu, Masjon diagendakan akan memimpin rapat dengan para Kepala Desa dan perangkat untuk membahas soal anggaran Desa yang akan digelontorkan bagi pembangunan Desa. Masih berada di ruang kerjanya seorang ajudannya langsung memberitahukan bahwa ada orang yang ingin bertemu. Ajudannya menjelaskan secara detail ciri-ciri khas pria yang ingin bertemu dengannya. Paham siapa orang yang akan menemuinya, Masjon pun memerintahkan staffnya untuk menunda rapat.

Dan alangkah bahagianya Masjon saat bertemu dengan Kang Emot yang diantar ajudannya langsung masuk ke ruang kerjanya. Senyum mengambang ditebarkan Masjon saat bertemu pria itu. Namun Masjon harus menelan ludah saat bertemu Kang Emot justru tidak menampakkan wajah bahagia.
" Kang, apa yang bisa saya bantu," ujar Masjon dengan ramah.
" Saya hanya minta kamu menghentikan pembongkaran lokasi warga di Kampung Airmata," jawab pria itu dengan lugas.
Belum sempat Masjon menjawab, lelaki itu langsung meninggalkan ruang kerjanya dengan diikuti rasa penasaran para staffnya dengan sejuta tanya dalam otak mareka.

Bagi Masjon, Kang Emot bukan sekedar sahabat di perantauan semata, namun pria itu adalah mentor dan gurunya dalam berorganisasi. Lewat spirit yang ditebarkan Kang Emot dirinya bukan hanya mampu menjadi Ketua Senat Mahasiswa di kampusnya, namun mampu menjadi seorang pemimpin muda yang bernas, cerdas dan humanis dengan menjadi publik sebagai tempat untuk berpihak.
" Sehebat-hebatnya kamu sebagai pemimpin tak kan hebat dan meninggalkan warisan kalau kebijakanmu tak berpihak kepada publik dan rakyat. Itu adalah ukuran keberhasilan seorang pemimpin sejati," ungkap Kang Emot kepada dirinya saat Masjon meminta nasehatnya saat akan maju dalam Pilkada.

Selain mengajarkan beragam ilmu, Kang Emot juga mengenalkan Masjon kepada para pemimpin negeri ini yang selama ini hanya dikenalnya lewat media semata. Tak pelak ruang dan jangkauan lingkaran pergaulannya pun makin meluas. Tak terkecuali kepada para petinggi Parpol. Kang Emot yakin kemampuan yang dimiliki Masjon akan mampu mengantarkan dirinya sebagai bangsawan pikiran bangsa yang siap mengambilalih kepemimpinan bangsa ini.
" Dan sekali lagi saya ingatkan bahwa keberpihakan kepada publik dan rakyat ramai adalah sesuatu yang harus kamu aplikasikan kalau kamu menjadi seorang pemimpin," nasehat kang Emot yang selalu diingatkannya.

Dan kini Kang Emot tampak resah dan kecewa dengan perilaku Masjon sebagai pemimpin daerah yang tak berpihak kepada publik. Penggusuran yang dilakukannya terhadap masyarakat Kampung Airmata telah membuat Kang Emot kecewa.
" Pemimpin daerah ini hanya berpihak kepada pengusaha Pak," keluh Mang Junai saat Kang Emot bertemu dengan masyarakat Kampung Airmata.
" Iya. Kami dapat kabar bahwa didaerah ini akan dijadikan Mall," sela warga yang lain.
' Padahal kami dulunya memilih beliau sebagai pemimpin kami dengan ikhlas karena kami yakin beliau mampu menjaga dan membahagiakan kami," ujar warganya yang lain.
" daripada kami tergusur dari tanah leluhur kami ini, lebih baik di bom saja Kampung Kami ini," ujar seorang warga dengan nada putus asa.

Hari ini untuk ketiga kalinya, Kang Emot kembali menemui Masjon. Dan didalam ruang kerja Masjon yang asri keduanya terlibat perdebatan yang cukup sengit dengan argumentasi masing-masing.
" Kalau kamu tidak berpihak kepada publik lebih baik kamu serahan mandat itu kepada publik karena mareka yang mengangkat kamu," ujar Kang Emot.
" Akang harus memahami ini program pemerintah pusat yang dibelakangnya ada petinggi negeri. Dan saya juga ingin daerah ini memiliki ikon pariwisata yang hebat sehingga daerah ini dilirik para investor," kilah Masjon.
" Apakah pembangunan harus mengoran rakyat banyak? Bukankah itu yang selalu kamu jargon semenjak masih mahasiswa dulu. Kamu jangan menjadi manusia yang tak tahu diri," jawab kang Emot langsung meninggalkan ruang kerja Masjon.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun