Mohon tunggu...
Mim Yudiarto
Mim Yudiarto Mohon Tunggu... Buruh - buruh proletar

Aku hanyalah ludah dari lidah yang bersumpah tak akan berserah pada kalah....

Selanjutnya

Tutup

Puisi Artikel Utama

Puisi | Di Malam Ketika Langit Lupa Bicara

1 Maret 2019   23:02 Diperbarui: 2 Maret 2019   19:07 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi (pixabay.com/Pezibear)

Aku ingin menulis puisi sederhana
sesederhana kata-kata cinta yang disampaikan seorang ibu lewat tatapannya
kepada si buah hati yang kembali terlelap di pangkuannya
setelah meledakkan tangis
di pagi ketika gerimis datang mengiris-iris
menggaduhi telinga kecilnya dengan irama tragis

Aku ingin menulis sajak-sajak sempurna
sesempurna negeri yang dikelilingi api namun tak hendak menyala
kecuali dibakar
oleh pikiran-pikiran makar
dari orang-orang yang menakar setiap keinginannya
agar bisa bertransaksi jual beli dengan negara kelahirannya

Aku ingin menulis syair-syair asmara
seliris para pujangga yang kehilangan cinta
ketika dunia menggelap bagi mereka
dan langit adalah tempat terbaik menumpukan murka
dengan meminta petir dan mendung menumpahkan isi kepala
berikut tumpukan gagasan, inspirasi dan idea 

Aku ingin menulis traktat-traktat perjanjian
setajam pena para pencari perdamaian
yang bersepakat dengan para pencuri ketenangan
untuk bersama-sama memegangi putaran bumi
agar tak lari dari matahari
sehingga esok hari masih sama dengan hari ini

Di malam ketika langit lupa bicara
aku ada untuk menggantikannya bersuara
lewat puisi-puisi yang menua
dan sajak-sajak yang mendiamkan makna
juga syair-syair yang mencari arti
supaya aku tak lupa diri

1 Maret 2019

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun