Mohon tunggu...
Sosbud

KKN 94 UMM Bangun Penerangan Jalan di Dusun Kedawung

1 Agustus 2018   15:26 Diperbarui: 1 Agustus 2018   16:24 325 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN 94 UMM Bangun Penerangan Jalan di Dusun Kedawung
Mahasiswa KKN 94 mendirikan tiang untuk penerangan jalan (doc. pribadi)

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) melatih untuk berbaur dan melakukan hal yang bermanfaat bagi masyarakat di suatu daerah. Hal inilah yang juga dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 94. Dusun Kedawung merupakan tempat pelaksanaan KKN bagi kelompok 94 ini.

Melihat kondisi Dusun Kedawung yang akses jalannya minim penerangan, mahasiswa KKN kelompok 94 melakukan program kerja inti berupa memperbanyak jumlah titik penerangan jalan dan mendirikan 10 tiang listrik serta memindahkan lampu yang semula terpasang pada pohon untuk dipindahkan ke tiang listrik yang sudah disiapkan. Titik penerangan yang semula empat titik, ditambah menjadi 10 titik. Hal ini bertujuan agar penerangan  jalan menuju Dusun Kedawung menjadi lebih baik.

Program ini dilaksanakan pada Hari Minggu, 29 Juli 2018. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa KKN dibantu oleh Karang Taruna dan anggota tahlil di Dusun Kedawung. Kegiatan dimulai pukul 08.00 sampai pukul 11.00. Baik mahasiswa KKN, Karang Taruna dan anggota tahlil saling bekerjasama dalam mendirikan tiang listrik di Dusun Kedawung. 

Tahap pertama dalam pelaksanaan program ini adalah, menentukan terlebih dahulu dimana titik pemasangan tiang, dilanjutkan dengan penggalian titik tiang, kemudian tiang ditancapkan dan dilakukan pengecoran pada tiang listrik yang sudah ditancapkan. Sedangkan untuk pemasangan lampunya, menunggu mengerasnya hasil cor.

Antusias para mahasiswa KKN, Karang Taruna dan anggota tahlil dalam pelaksanaan program  berpengaruh besar pada berhasilnya penambahan titik penerangan dan pemasangan tiang ini. M. Heru Kuswanto selaku wakil dari Karang Taruna Dusun Kedawung mengatakan bahwa, dengan adanya program ini dapat membantu warga dalam merealisasikan harapan untuk menambah titik penerangan jalan di Dusun Kedawung.

 Walaupun sebelumnya sudah ada gagasan yang sama, namun dari anggota tahlil sendiri terkendala dalam hal biaya. Hal tersebut juga sejalan dengan pernyataan dari penanggung jawab program ini. "Saya merasa sangat senang melihat kerjasama antar warga setempat, pemuda Karang Taruna dan mahasiswa KKN 94 UMM dalam melaksanakan program ini. Warga tidak perlu khawatir lagi jika harus melakukan pemakaman di malam hari. Karena penerangan jalan sudah lebih baik", ungkap Heru Dwi.

Program ini diharapkan mampu meningkatkan rasa aman warga ketika melewati pemakaman. Khususnya para penjual sayur yang setiap hari melewati jalan pada dini hari. (her,mil/red)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x