Mohon tunggu...
Milad Habiburrohman
Milad Habiburrohman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya seorang mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Bantu Petani, Mahasiswa PMM 88 UMM Kenalkan Drone Penyemprot

9 Oktober 2022   13:08 Diperbarui: 9 Oktober 2022   13:18 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar animasi drone penyemprot (Dokpri)

BANTU PETANI, MAHASISWA PMM 88 UMM KENALKAN DRONE PENYEMPROT

Oleh : PMM Kelompok 88 Gelombang 7 Universitas Muhammadiyah Malang

Malang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yaitu kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang baik secara perorangan maupun berkelompok. Program yang dilakukan ini tentu memiliki tujuan untuk memberikan suatu manfaat kepada masyarakat sesuai peraturan dari Universitas Muhammadiyah Malang.

Salah satunya Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa dengan tema Bhaktimu Negeri ini dilakukan oleh Kelompok 88 Gelombang 7. Mahasiswa dari Teknik Industri yang beranggotakan 5 orang yaitu Milad Habiburrohman sebagai Ketua/ Koordinator dari Kelompok ini, dan 4 anggota lain yang bernama Biyan Satria Tabriez, M.Alfian Hidayat, Fais Hamzah Haekal, M.Rifky Fadly. Tentunya bimbingan dari Bapak Faris Rizal Andardi, ST., MT., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Pelaksanaan kegiatan PMM ini dilakukan selama kurun waktu sebulan, sedari tanggal 22 Agustus 2022 -- 22 September 2022. Tepatnya berlokasi di Desa Sumbersuko Kec. Dampit, Kab. Malang, Jawa Timur 65181

Program PMM ini tentunya dapat berjalan karena DPPM. Karena setiap kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di UMM dikoordinasi oleh DPPM-UMM melalui pusat dan unitnya. 

DPPM-UMM itu sendiri adalah Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Malang yang merupakan gabungan antara Biro Penelitian dan Biro Pengabdian kepada Masyarakat dalam rangka mensinergikan hasil penelitian yang dapat ditindaklanjuti dengan pengabdian kepada masyarakat.

Negara kita Indonesia ini adalah Negara Agraris atau Negara pertanian, dimana mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani, salah satunya di Desa Sumbersuko ini yang banyak dari penduduknya masih bekerja sebagai petani. Di era saat ini, teknologi tentu memegang peran yang sangat penting dalam perkembangan potensi SDM, terutama dibidang pertanian.

Kelompok 88 yang diKoordinarori oleh Milad Habiburrohman ini saat melakukan survei kelapangan tak sedikit para petani yang memiliki permasalahan tentang kegagalan dalam bercocok tanam, karena faktor hama ataupun kurang tepatnya dalam perawatan tanaman perkebunan tersebut. 

Jika hal ini terus menerus terjadi, maka akan mempengaruhi hasil perkebunan tersebut. Dengan permasalahan tersebut, kelompok 88 merancang alat yaitu Drone Penyemprot untuk membantu kegiatan perkebunan para petani di Desa Sumbersuko dengan bantuan teknologi yang ada di dalamnya.

Mahasiswa PMM 88 UMM membantu dan memperkenalkan kepada  petani yaitu Drone Penyemprot yang mempermudah para petani dan menghemat tenaga jika ingin melakukan proses penyemprotan pestisida. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun