Mohon tunggu...
Miftahulmawaddah03 Mawaddah
Miftahulmawaddah03 Mawaddah Mohon Tunggu... Mahasiswa - saya seorang mahasiswa semester 1 universitas pelita bangsa, ingin lulus menjadi seorang tenaga pendidikan yang berkualitas dan berkompeten

saya miftahul mawaddah lubis dari universitas pelits bangsa indonesia. saya seorang individu yang menyukai hal yang berkaitan dengan tulis menulis dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi terhadap ha-hal baru selain itu saya juga mempunyai hobi literasi mengenai imu sosial dan perilaku karakter anak, selain itu saya juga menyukai hal yang berkaitan dengan traveling dikarenakan dengan melakaukan kegiatan itu, akan dapat meningkatkan wawasan dan menambah insight saya mengenai pengetahuan tentang karakter dan kultur.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Kemampuan Belajar Siswa Sekolah Dasar

23 Januari 2024   04:19 Diperbarui: 23 Januari 2024   06:06 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian ice breaking

menurut Akhmad Afnan Fajarudin. dkk. (2021) dalam jurnal pribadi (Said, 2010) ice breaking adalah permainan atau aksi yang berfungsi untuk mengubah suasana tidak aktif dalam pertemuan. Yang pasti, sebelum suatu gerakan terjadi untuk melonggarkan segalanya menjelang awal perawatan, setidaknya satu memilih pembuka percakapan, yang mungkin tidak dibatasi atau tanpa perencanaan khusus. Tata cara penerapan ice breaking dalam pembelajaran adalah metode pembelajaran yang tidak dibatasi dan strategi yang tersusun dalam proses pembelajaran. https://ejournal.akts.ac.id/index.php/idarotuna/article/view/21 

Teknik dan langkah ice breaking 

Titi Pujiarti (2020) Teknik ice breaking dilaksanakan dengan 7 langkah-langkah pelaksanaan yaitu membentuk kelompok, penjelasan tujuan permainan, mendiskusikan tema, peneliti menyiapkan catatan, siswa mulai bercerita, peneliti mengatur cerita jangan sampai selesai sebelum siswa terakhir memberikan cerita, cerita berakhir apabila semua siswa sudah bercerita minimal satu kata.

adapun langkah-langkah ice breaking yang akan diterapkan yaitu: 

  1. Siswa diajak membentuk lingkaran besar (dikondisikan sesuai keadaan kelas). 

  2. Guru menjelaskan tujuan permainan yaitu untuk membangun imajinasi, melatih keberanian berkomunikasi, dan melatih kreativitas berpikir. 

  3. Guru memberikan kesempatan untuk menentukan tema yang akan dibuat cerita secara bersama sama.

  4. Guru menyiapkan catatan untuk mencatat cerita siswa.

  5. Siswa pertama dipersilahkan bercerita satu kalimat yang sesuai dengan tema yang sedang dibahas kegiatan bercerita di teruskan oleh siswa yang lain di sebelah kanannya.

  6. Guru mengatur agar cerita jangan sampai selesai sebelum siswa terakhir memberikan ceritanya.

  7. Cerita berakhir jika semua siswa sudah bercerita minimal dalam satu kalimat untuk masing masing siswa. http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj/article/view/113 

Manfaatnya Ice Breaking

menurut achmad fanani (2010) Ada beberapa manfaat melakukan aktivitas ice breaking, diantaranya adalah: Menghilangkan kebosanan, kejemuan, kecemasan, dan kelelahan karena bisa keluar sementara dari rutinitas pelajaran dengan melakukan aktivitas gerak bebas dan ceria

  1. Melatih berpikir secara kreatif dan luas siswa. 

  2. Mengembangkan dan mengoptimalkan otak dan kreativitas siswa.

  3. Melatih siswa berinteraksi dalam kelompok dan bekerja sama dalam satu tim.

  4. Melatih berpikir sistematis dan kreatif untuk memecahkan masalah.

  5. Meningkatkan rasa percaya diri.

  6. Melatih menentukan strategi secara matang.

  7. Melatih kreativitas dengan bahan yang terbatas. 

  8. Melatih konsentrasi, berani bertindak dan tidak takut salah. 

  9. Merekatkan hubungan interpersonal yang renggang.

  10. Melatih untuk menghargai orang lain.

  11. Memantapkan konsep diri.

  12. Melatih jiwa kepemimpinan.

  13. Melatih bersikap ilmiah. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/1080 

Macam-macam Ice Breaking dalam Pembelajaran 

menurut Sunarto (2012) Ada beberapa macam ice breaking yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik selama proses pembelajaran di sekolah. Semua ice breaking saat ini harus diciptakan untuk memajukan proses pembelajaran. Dengan mengupgrade proses pembelajaran yang terjadi, diandalkan untuk memberikan hasil yang paling maksimal. Macam-macam contoh ice breaking antara lain:

Kesimpulan

ice breaking adalah permainan atau aksi yang berfungsi untuk mengubah suasana tidak aktif dalam pertemuan. Tata cara penerapan ice breaking dalam pembelajaran adalah metode pembelajaran yang tidak dibatasi dan strategi yang tersusun dalam proses pembelajaran.Teknik ice breaking dilaksanakan dengan 7 langkah-langkah pelaksanaan yaitu membentuk kelompok, penjelasan tujuan permainan, mendiskusikan tema, peneliti menyiapkan catatan, siswa mulai bercerita, peneliti mengatur cerita jangan sampai selesai sebelum siswa terakhir memberikan cerita, cerita berakhir apabila semua siswa sudah bercerita minimal satu kata.

manfaat melakukan aktivitas ice breaking, diantaranya adalah Menghilangkan kebosanan, kejemuan, kecemasan, dan kelelahan karena bisa keluar sementara dari rutinitas pelajaran dengan melakukan aktivitas gerak bebas dan ceria Melatih berpikir secara kreatif dan luas siswa. Melatih siswa berinteraksi dalam kelompok dan bekerja sama dalam satu tim. Melatih berpikir sistematis dan kreatif untuk memecahkan masalah. Meningkatkan rasa percaya diri. Melatih kreativitas dengan bahan yang terbatas. Memantapkan konsep diri.

Daftar Pustaka

Fajarudin.A.A dkk (2021). TEKNIK ICE BREAKING SEBAGAI PENUNJANG SEMANGAT DAN KONSENTRASI SISWA KELAS 1 MI NURUL ISLAM JATIREJO. https://ejournal.akts.ac.id/index.php/idarotuna/article/view/21 

Titi Pujiarti (2020). Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj/article/view/113 

Achmad fanani (2010). ICE BREAKING DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/1080 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun