Mohon tunggu...
Miftahul Jannah
Miftahul Jannah Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN Jember

Silahkan fikirkan dahulu apa tujuan hidup anda sebelum anda memulai hidup anda.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Jadilah Seorang Guru yang Kehadirannya Dinantikan oleh Muridnya

10 April 2020   21:52 Diperbarui: 10 April 2020   22:25 66 0 0 Mohon Tunggu...

Guru adalah ombak ilmu yang tidak pernah henti dalam menghadapi arusnya perbedaan peserta didik. Orang yang dianggap sebagai orang tua bagi peserta didiknya ini harus memiliki hati yang tulus dalam mendidik, mengajar, serta membentuk karakter yang baik bagi peserta didiknya. Keberhasilan dari seorang murid adalah bentuk keberhasilan nyata dari perjuangan seorang guru.

Tugas utama seorang guru adalah mentransferkan knowladge nya kepada seluruh peserta didiknya. Pribadi seorang guru sangat menentukan keberhasilan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karenya seorang guru harus bisa menghidupkan dan mengoptimalkan suasana proses kegiatan belajar mengajar dengan baik.

Menjadi guru profesional wajib bagi seorang pendidik, artinya disini seorang guru tugasnya adalah mendidik muridnya. Tentu sebelum terjun langsung mendidik muridnya, seorang guru harus memiliki bekal yang baik untuk diterapkan pada saat mendidik ataupun mengajar anak didiknya. Seorang guru profesional harus mengemban 4 Standar Kompetensi Guru, yaitu: Kompetensi Pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.

Seorang guru harus bisa menciptakan suasana kelas yang kondusif, afektif dan tentunya menyenangkan. Sehingga dalam pembelajaran antara guru dan murid terjadi interaksi yang baik dan tidak akan timbul rasa membosankan, tetapi suasana menyenangkan yang didapat anatara guru dan muridnya. Ini adalah faktor yang paling penting dalam mempengaruhi kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Untuk menciptakan suasana pembelajaran berjalan dengan menyenangkan. Seorang guru harus pintar dalam memilih strategi pembelajaran yang akan digunakan. Karena semangat dan niat belajar seorang murid tergantung kepada gurunya. Guru yang berhasil adalah guru yang mampu mentransferkan ilmunya dengan mudah kepada muridnya. Hal ini tentu akan menarik jika dibahas.

Seorang guru ideal adalah dimana seorang guru tersebut memiliki tempat tersendiri di hati muridnya. Karena guru tersebut memiliki daya tarik tersendiri di mata murid-muridnya. Akibatnya adalah guru tersebut akan sangat dirindukan kehadirannya oleh murid-muridnya. Hal ini jelas menunjukkan bahwa kesiapan seorang peserta didik dalam menerima ilmu dari seroang guru yang ideal tersebut.

Menjadi guru ideal yang kehadirannya ditunggu oleh murid-murinya harus memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut :

1.  Memberi salam dengan senyuman yang paling manis kepada peserta didiknya, seolah-olah tidak ada beban yang dibawa pada saat menjalankan tugasnya.

2. Menyapa peserta didik (bagaimana kabar hari ini?) Dan lain-lain

3. Membaca doa sebelum memulai pembelajaran.

4. Memberikan motivasi kepada peserta didik melalui cerita pengalaman, atau kata-kata yang membangun, agar peserta didik terus bersemangat dalam kegiatan belajar mengajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x