Mohon tunggu...
MIFTAHUL HADI
MIFTAHUL HADI Mohon Tunggu... MIFTAHUL HADI

Hanya seorang pengasuh anak-anak di sebuah sekolah dasar

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Ramadan di Tengah Corona (Lagi)

11 April 2021   22:38 Diperbarui: 11 April 2021   22:44 327 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadan di Tengah Corona (Lagi)
pngwing.com

Hati siapa yang tidak gembira menyambut datangya bulan Ramadan? Diibaratkan kita akan kedatangan tamu istimewa, pasti tidak mau mengecewakan tamu tersebut. Segala sesuatu akan kita persiapkan. Mulai dari membersihkan rumah, menyiapkan jamuan yang spesial hingga memberikan pelayanan yang maksimal. 

Pun dengan datangnya bulan suci Ramadan. Setiap orang pasti akan menyiapkan segala sesuatunya. Mereka akan berlomba-lomba menyambut tamu agung tersebut dengan sebaik mungkin. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan? 

1. Iman 

Ibadah di bulan Ramadan, akan benar-benar dijalankan dengan baik oleh seseorang yang memiliki kadar keimanan yang stabil. Mustahil bagi orang yang tidak memiliki keimanan akan menjalankan ibadah puasa serta ibadah lain di bulan Ramadan. 

2. Imun 

Wabah pandemi yang masih melanda dunia, serta peralihan musim penghujan ke musim kemarau di Indonesia menjadikan tubuh rentan terkena virus. Agar kondisi tubuh tidak mudah drop, sebaiknya kita perlu mengonsumsi vitamin saat bulan puasa. 

3. Ilmu 

Menjalankan ibadah di bulan Ramadan harus dilandasi ilmu, bukan semata-mata latah dan hanya ikut-ikutan yang lain. Maka sangat perlu melaksanakan sesuatu dilandasi oleh ilmu. 

4. Logistik 

Hal ini tidak kalah penting untuk dipersiapkan, karena berpengaruh langsung dengan imun dan kondisi tubuh saat berpuasa. Puasa bukanlah ajang untuk menyiksa diri dengan menahan tidak mengonsumsi makanan yang bergizi. Namun dalam berpuasa juga tidak dianjurkan untuk berlebihan dalam makan utamanya saat berbuka. 

Selain 4 hal yang harus dipersipkan di atas, sukacita menyambut kedatangan Ramadan pun disambut meriah di berbagai daerah, berikut beberapa tradisi menyambut kedatangan bulan suci Ramadan : 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN